Saturday, 17 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Pengembangan KEK di Bukit Ameh, Bupati Pessel Bantah Kurang Berkoordinasi Dengan Pemprov Sumbar

Minggu, 27 Januari 2019 - 20:42:23 WIB - 1028
Pengembangan KEK di Bukit Ameh, Bupati Pessel Bantah Kurang Berkoordinasi Dengan Pemprov Sumbar
Bupati Pesisir Selatan saat di wawancarai awak media terkait progres pengembangan KEK di Bukit Ameh Mandeh, Sabtu (26/1)


PESISIR SELATAN - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, membantah keras tudingan Wagub Sumbar Nasrul Abit, bahwasanya dalam pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Bukit Ameh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kurang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Itu pernyataan yang sangat keliru. Saya selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mendudukkan KEK ini. Jangan bilang kami tidak serius,sebut Hendrajoni kepada Wartawan di Painan.Sabtu (26/1).

Bupati menyebutkan, terkait pengembangan KEK di Bukit Ameh, Kecamatan Koto XI Tarusan, seharusnya pemerintah provinsi mendukung penuh upaya tersebut.

"Buktinya sekarang amdalnya sudah sama Menko Maritim dan masterplan pengembangan KEK ini sudah dikaji sama Kemenpar. Untuk pengelolaannya kami serahkan kepada pihak ketiga. Jadi, siapa yang tidak serius? Itu bahasa bodong. Bahasa pembohongan itu namanya," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga sudah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Dempo Group, selaku pihak ketiga untuk mengelolah pengembangan KEK.

"Sekarang semua sudah diambil alih oleh pemerintah pusat. 2019 ini semua selesai. Intinya kita bisa membebaskan tanah itu. Anggarannya sudah ada tinggal menunggu hasil penghitungan dari tim Appraisal," ucapnya.

Ia menambahkan, tahun ini pemkab setempat juga akan membangun jalan menuju lokasi Bukit Ameh, sepanjang 4 kilometer dengan lebar mencapai 20 meter.

Sementara itu , khusus analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) KEK akan dituntaskan oleh pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Dan mengenai rencana induk pedoman pembangunan dan pengembangan KEK akan dituntaskan pula oleh pejabat Kementerian Pariwisata.

"Jadi, siapa yang tidak siap? Dengan adanya sinergi seperti ini, semua akan terwujud. Kami optimis, menyusul keluarnya peraturan presiden mengenai KEK ini," katanya lagi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan, lambatnya progres penetapan KEK Mandeh bukan karena terkendala persoalan administrasi, tetapi disebabkan kurangnya koordinasi antara pemerintah daerah dengan provinsi.

"Kalau koordinasi berjalan baik dan investor ada, KEK Mandeh sudah bisa ditetapkan 2019 ini," katanya saat menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan di Padang.

Nasrul Abit menilai, selama ini upaya penetapan KEK di Bukit Ameh, Mandeh, terkesan berjalan sendiri-sendiri. Sehingga tidak jelas koordinasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi.

"Jika memang ada rencana yang ingin diwujudkan oleh Pemkab Pesisir Selatan mengenai pengembangan KEK ini, seharusnya diusulkan dan dibahas bersama Pemprov Sumbar dalam rapat, sehingga jelas apa yang mesti diprioritaskan," ucapnya. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinas PUPR Mentawai Gelar Ground Breaking Pembangunan Jembatan Mapaddegat-Home Stay

Dinas PUPR Mentawai Gelar Ground Breaking Pembangunan Jembatan Mapaddegat-Home Stay

MENTAWAI -- PT Wasaka Tomo Enginering kontraktor Proyek Pembangunan jembatan Mapaddegat - Home Stay melakukan ground...

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

PESISIR SELATAN - Sekitar 50 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera...

Ketua GOW Pasaman Sosialisasikan Batik Pada Generasi Milenial

Ketua GOW Pasaman Sosialisasikan Batik Pada Generasi Milenial

LUBUK SIKAPING - Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Ekonomi kreatif terus dikembangkan oleh Pemerintah pusat maupun daerah....

Anomali Kebudayaan di Nagari Talunan Maju, Solok Selatan

Anomali Kebudayaan di Nagari Talunan Maju, Solok Selatan

Oleh: Lola Ramadhana Kebudayaan merupakan hal penting untuk menjadi sebuah ciri khas dari suatu daerah tertentu. Hal...

Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI

Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI

JAKARTA -- Komisioner KPAI Jasra Putra takziyah menyambangi rumah duka almarhumah Aurellia Quratu Aini di Taman Royal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media