Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Budaya Merokok Menempati Urutan Tertinggi Dikalangkan Masyarakat Kota Solok

Senin, 28 Januari 2019 - 17:00:46 WIB - 672
Budaya Merokok Menempati Urutan Tertinggi Dikalangkan Masyarakat Kota Solok
Anggota DPRD Kota Solok dari Fraksi PAN, Anggry Nursa


SOLOK - Rokok, jelas sekali tidak membawa manfaat apapun bagi pemakainya, ternyata hingga hari ini masih menempati urutan tertinggi dikalangkan masyarakat Kota Solok. Kebiasaan merokok ditengah masyarakat seolah-olah sudah menjadi budaya sehingga dimanapun berada dan dalam acara apapun selalu ada rokok. Apalagi kondisi ini didukung oleh pemerintah daerah dengan melegalkan iklan rokok disepanjang jalan dan beberapa tempat di Kota solok.

Bukan hanya di Kota Solok, tapi persoalan ini sudah menjadi persoalan nasional, bahkan dari data BPJS biaya terbanyak yang dikeluarkan oleh BPJS dalam pembayaran premi kesehatan masyarakat perokok menempati peringkat teratas.

Anggota DPRD Kota Solok dari Fraksi PAN, Anggry Nursa meminta pemerintah Kota Solok untuk menyikapi persoalan bahaya rokok secara terus menerus dan diupayakan pencegahan dan penanggulangannya sesegera mungkin, karena menyangkut berbagai aspek serta memunculkan permasalahan dalam kehidupan, seperti aspek ekonomi, sosial, politik, dan yang paling utama adalah aspek kesehatan.

Kebiasaan merokok sudah meluas hampir ke semua kelompok masyarakat dan cenderung meningkat terutama dikalangan anak remaja sebagai akibat semakin banyaknya promosi rokok diberbagai media yang ada.

"Hal ini menjadi masalah serius bagi kita semua, Bahwa merokok dapat menimbulkan resiko diserang berbagai penyakit ataupun gangguan kesehatan yang dapat terjadi, baik itu bagi perokok sendiri maupun orang lain disekitarnya yang disebut dengan perokok pasif. Oleh karena itu sangat diperlukan penanganan rokok bagi kesehatan diantaranya yaitu melalui penetapan kawasan tanpa rokok," katanya.

Karena itu, ujar Ari, pemerintah daerah Kota Solok harus melahirkan sebuah kawasan bebas asap rokok dikawasan publik disertai dengan sanksi dan denda bagi pelanggarnya. Kawasan Tanpa Rokok ini merupakan usaha pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, pemerintah sangat sadar jika rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dalam PP Nomor 19 Tahun 2003 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan Dijelaskan Bahwa Pengamanan Rokok Dimaksudkan Untuk Melindungi Kesehatan Masyarakat Dari Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Rokok, Melindungi Penduduk Usia Produktif Dari Dorongan Lingkungan Untuk Merokok Serta Meningkatkan Kesadaran, Kewaspadaan, Kemampuan Dan Kegiatan Masyarakat Terhadap Bahaya Kesehatan

"Karena itu, untuk dapat mewujudkan kawasan tanpa rokok, peran pemerintah sangatlah penting, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Artinya, jangan biarkan masyarakat sakit dulu baru kemudian pemerintah bertindak dan kasak kusuk menciptakan aturan serta membuat area kawasan bebas rokok. Pemerintah Kota Solok juga harus tegas untuk tidak mengizinkan wilayahnya digunakan untuk iklan rokok," harapnya. (fikar)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

PADANG PANJANG - Fadly Amran, BBA untuk membenahi Pasar Pusat Padang Panjang, beliau langsung turun kepasar dan melihat...

Karang Taruna Kota Padang Memiliki Usaha Ekonomi Produktif, 1.000 Ekor Itik Mulai Produktif

Karang Taruna Kota Padang Memiliki Usaha Ekonomi Produktif, 1.000 Ekor Itik Mulai Produktif

PADANG - Karang Karang Taruna Binuang Kampuang Dalam yang dipersingkat Binkad ini sudah memiliki Usaha Ekonomi...

Usai Lebaran Idul Fitri, Pemkab Mentawai Gelar Halal Bi Halal Bersama ASN

Usai Lebaran Idul Fitri, Pemkab Mentawai Gelar Halal Bi Halal Bersama ASN

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Halal bi Halal bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Mobil Masuk Jurang Sedalam 30 Meter di Limapuluh Kota Sumbar, Dua Korban Hilang

Mobil Masuk Jurang Sedalam 30 Meter di Limapuluh Kota Sumbar, Dua Korban Hilang

LIMAPULUH KOTA - Pencarian dua orang korban mobil jatuh ke jurang sedalam 30 meter di jalan raya Payakumbuh -...

Kapolres Padang Pariaman Serahkan Langsung Zakat Fitrah Pada Penerima

Kapolres Padang Pariaman Serahkan Langsung Zakat Fitrah Pada Penerima

PADANG PARIAMAN - Kapolres Padang Pariaman Akbp Rizki Nugroho didampingi Kasat Samapta Akp Rahmat dan Kasubag Humas...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media