Monday, 22 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Untuk Memperkuat Kapasitas dan Integritas, KPU Pasaman Gelar Bimtek Bagi Relawan Demokrasi

Senin, 28 Januari 2019 - 19:33:49 WIB - 753
Untuk Memperkuat Kapasitas dan Integritas, KPU Pasaman Gelar Bimtek Bagi Relawan Demokrasi
Suasana Bimtek bagi Relawan Demikrasi di Pasaman, Senin (28/1)


PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar Bimbingan Teknis bagi 55 anggota relawan demokrasi Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan selama dua hari (28 smapai 29 Januari 2019) di salah satu hotel di Lubuk Sikaping.

Pada Bimtek tersebut, melibatkan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Gebril Daulai, pegiat Demokrasi Indonesia asal Sumatera Barat, Mufti Syarfie yang merupakan mantan Komisioner KPU Sumbar, Ketua KIPP Sumatera Barat Samaratul Fuad, dan Rozidateno Putri Hanida dari Akademisi Unand Padang yang menjadi narasumber dalam bimtek relawan demokrasi tersebut.

"Pelaksanaan bimtek ini dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas serta Integritas anggota relawan demokrasi," ujar Anggota KPU Kabupaten Pasaman, Eria Candra kepada MinangkabauNews.com, Senin (28/1/2019).

Pria yang akrab disapa Erick itu juga mengatakan, bahwa dalam Bimtek tersebut anggota relawan demokrasi diberikan pemahaman tentang pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang utuh tentang pelaksanaan Pemilu.

"Pada intinya bahwa keberadaan relawan demokrasi membantu tugas KPU Pasaman dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga dengan demikian akan semakin banyak warga pemilih yang berpartisipasi dalam pelaksanan Pemilu mendatang," kata Erick.

Erick menyampaikan bahwa anggota relawan demokrasi akan diturunkan ke masyarakat maupun organasasi masyarakat guna mensosialiasasikan pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga semakin dipahami oleh masyarakat yang tentunya bisa berimbas pada partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pemilihan Umum.

Selain itu, para relawan demokrasi juga diminta aktif untuk memantau keberadaan media sosial serta aktif mengkampanyekan pelaksanaan Pemilu 2019 lewat berbagai media sosial sehingga ikut memotivasi warga net untuk mengikuti Tahapan Pemilu 2019.

"Harapan kita, angka partisipasi pemilih di Pasaman tetap terjaga di angka tertinggi. Tentu saja membutuhkan dukungan relasi dalam menjalankan mandat sebagai agen sosialisasi penyebar informasi pemilu," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumatera Barat Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Gebril Daulai menyampaikan, bahwa bimbingan teknis yang diikuti para relawan demokrasi tersebut, selain bekal awal untuk menjalankan misinya, juga untuk menyasar 11 basis pemilih.

"Selain pengetahuan, keterampilan dan sikap diri juga dilatih dalam Bimtek. Agar lebih mendekati pemilih, mereka dibekali berbagai teknik dan strategi sosialisasi agar pesan untuk mengajak masyarakat sadar pemilu dan datang ke TPS," katanya.

11 basis yang dimaksud yakni basis keluarga, basis penyandang disabilitas, basis berkebutuhan khusus basis perempuan, basis pemilih pemula (first time votes), basis pemilih muda (millenial votes), basis marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet (netizen) dan basis relawan demokrasi. (M. Afrizal)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Mempertahankan Keaslian Suku dan Adat Budaya, Disparpora Mentawai Akan Gelar Festival Pesona Mentawa

Mempertahankan Keaslian Suku dan Adat Budaya, Disparpora Mentawai Akan Gelar Festival Pesona Mentawa

MENTAWAI - Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai, akan...

Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman

Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman

PARIAMAN - Sumatera Barat terkenal dengan berbagai kulinernya yang bisa menggoyang lidah. Bermacam jenis makanan bisa...

Bupati Pasaman Tinjau Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Tingkat Kecamatan

Bupati Pasaman Tinjau Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Tingkat Kecamatan

PASAMAN - Bupati Pasaman, H.Yusuf Lubis, melakukan peninjauan persiapan rekapitulasi suara Pemilu Tahun 2019 di...

Ibu Tangguh Ini Jajakan Kuliner Khas Palai Bada dengan Sepeda

Ibu Tangguh Ini Jajakan Kuliner Khas Palai Bada dengan Sepeda

PARIAMAN -- Rika Afriani mungkin salah satu orang yang dicari oleh masyarakat, karena dia adalah seorang pedagang palai...

859 Orang Calon Maba IAIN Batusangkar Lulus SPAN PTKIN

859 Orang Calon Maba IAIN Batusangkar Lulus SPAN PTKIN

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media