Saturday, 17 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Untuk Memperkuat Kapasitas dan Integritas, KPU Pasaman Gelar Bimtek Bagi Relawan Demokrasi

Senin, 28 Januari 2019 - 19:33:49 WIB - 854
Untuk Memperkuat Kapasitas dan Integritas, KPU Pasaman Gelar Bimtek Bagi Relawan Demokrasi
Suasana Bimtek bagi Relawan Demikrasi di Pasaman, Senin (28/1)


PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar Bimbingan Teknis bagi 55 anggota relawan demokrasi Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan selama dua hari (28 smapai 29 Januari 2019) di salah satu hotel di Lubuk Sikaping.

Pada Bimtek tersebut, melibatkan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Gebril Daulai, pegiat Demokrasi Indonesia asal Sumatera Barat, Mufti Syarfie yang merupakan mantan Komisioner KPU Sumbar, Ketua KIPP Sumatera Barat Samaratul Fuad, dan Rozidateno Putri Hanida dari Akademisi Unand Padang yang menjadi narasumber dalam bimtek relawan demokrasi tersebut.

"Pelaksanaan bimtek ini dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas serta Integritas anggota relawan demokrasi," ujar Anggota KPU Kabupaten Pasaman, Eria Candra kepada MinangkabauNews.com, Senin (28/1/2019).

Pria yang akrab disapa Erick itu juga mengatakan, bahwa dalam Bimtek tersebut anggota relawan demokrasi diberikan pemahaman tentang pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang utuh tentang pelaksanaan Pemilu.

"Pada intinya bahwa keberadaan relawan demokrasi membantu tugas KPU Pasaman dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga dengan demikian akan semakin banyak warga pemilih yang berpartisipasi dalam pelaksanan Pemilu mendatang," kata Erick.

Erick menyampaikan bahwa anggota relawan demokrasi akan diturunkan ke masyarakat maupun organasasi masyarakat guna mensosialiasasikan pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga semakin dipahami oleh masyarakat yang tentunya bisa berimbas pada partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pemilihan Umum.

Selain itu, para relawan demokrasi juga diminta aktif untuk memantau keberadaan media sosial serta aktif mengkampanyekan pelaksanaan Pemilu 2019 lewat berbagai media sosial sehingga ikut memotivasi warga net untuk mengikuti Tahapan Pemilu 2019.

"Harapan kita, angka partisipasi pemilih di Pasaman tetap terjaga di angka tertinggi. Tentu saja membutuhkan dukungan relasi dalam menjalankan mandat sebagai agen sosialisasi penyebar informasi pemilu," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumatera Barat Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Gebril Daulai menyampaikan, bahwa bimbingan teknis yang diikuti para relawan demokrasi tersebut, selain bekal awal untuk menjalankan misinya, juga untuk menyasar 11 basis pemilih.

"Selain pengetahuan, keterampilan dan sikap diri juga dilatih dalam Bimtek. Agar lebih mendekati pemilih, mereka dibekali berbagai teknik dan strategi sosialisasi agar pesan untuk mengajak masyarakat sadar pemilu dan datang ke TPS," katanya.

11 basis yang dimaksud yakni basis keluarga, basis penyandang disabilitas, basis berkebutuhan khusus basis perempuan, basis pemilih pemula (first time votes), basis pemilih muda (millenial votes), basis marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet (netizen) dan basis relawan demokrasi. (M. Afrizal)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

JPU Tuntut Pasutri Penjual Sate Daging Babi di Padang dengan Tiga Tahun Penjara

JPU Tuntut Pasutri Penjual Sate Daging Babi di Padang dengan Tiga Tahun Penjara

PADANG -- Pasangan suami-isteri Bustami dan Evita yang menjadi terdakwa Sate Padang yang diduga pakai daging babi...

Kabar Duka, Bupati Pasbar H. Syahiran Tutup Usia di 66 Tahun

Kabar Duka, Bupati Pasbar H. Syahiran Tutup Usia di 66 Tahun

PASAMAN BARAT - Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) H. Syahiran...

Jemaah Haji yang Meninggal Dunia Asal Embarkasi Padang Jadi 6 Orang

Jemaah Haji yang Meninggal Dunia Asal Embarkasi Padang Jadi 6 Orang

PADANG -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang melaporkan jumlah jemaah calon haji yang meninggal...

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Nagari Aia Gadang

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Nagari Aia Gadang

ADVERTORIAL NAGARI AIA GADANG - Setiap tahun, tepatnya bulan Agustus Bangsa Indonesia memperingati proklamasi...

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

PADANG -- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-350 Kota Padang yang jatuh pada Rabu besok, 7 Agustus 2019, tidak seperti tahun...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media