Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Video

Minimalisir Kanker Serviks, Poskeskel Garegeh Bukittinggi Gelar Tes IVA

Rabu, 30 Januari 2019 - 20:51:28 WIB - 2927
Minimalisir Kanker Serviks, Poskeskel Garegeh Bukittinggi Gelar Tes IVA
pemeriksaan dini Kanker Serviks melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Pos kesehatan kelurahan (Poskeskel) Garegeh, Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Kota Bukittinggi, Rabu, (30/1/2019


BUKITTINGGI -- Minimalisir angka Perempuan Usia Subur (PUS), Poskeskel Garegeh mengadakan sosialisasi, dan pemeriksaan dini Kanker Serviks melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Kegiatan ini juga dibantu sejumlah mahasiswa DIV Kebidanan Ford De Kock di Pos kesehatan kelurahan (Poskeskel) Garegeh, Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Kota Bukittinggi, Rabu, (30/1/2019).

Ruri Suwita, A.Md.Keb, selaku bidan Poskeskel Garegeh, menjelaskan Kanker Serviks atau kanker mulut rahim merupakan kanker pembunuh nomor satu perempuan indonesia, kanker ini muncul di sel-sel yang tidak normal pada mulut rahim. 99% penyebabnya adalah Human Papilloma Virus (HPV), dan dampak keterlambatan penanganan kanker ini bisa berberakibat fatal bagi penderitanya.

Menurutnya, Adapun tanda tandanya seperti haid tidak normal, pendarahan tidak pada masa haid, pendarahan masa menopause, keputihan atau keluarnya cairan encer kekuningan darah seperti nanah, pendarahan pasca hubungan seks, berat badan menurun, dan salah satu kaki membengkak. Adapun penyebab atau faktornya seperti, Gen atau keturunan, perokok berat, kurang nya mengkonsumsi buah dan sayur, penggunaan alat kontrasepsi (KB) jangka panjang yang tidak dikontrol pemakaiannya dan banyak hal lagi.

"Untuk pelaksanaan IVA tes, sebelumnya pasien dilakukan pendataan, pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan dan memberikan sosialisasi tentang IVA tes dan bahaya kanker serviks ini. Dan untuk tesnya tidak lah rumit dan tidak memakan waktu lama," katanya.

"Untuk itu kita berharap, setelah dilakukan pemeriksaan dan sosialisasi singkat untuk masyarakat, khususnya kaum perempuan , mudah mudahan perempuan yang masih aktif melakukan hubungan suami istri agar lebih waspada lagi dan jangan anggap sepele terhadap kanker SERVIKS ini. Dan untuk itu bagi kaum perempuan ini harus rutin memeriksakan pada pos pos pelayanan kesehatan maupun rumah sakit minimal satu kali dalam setahun," tutur Ruri.

Mira Wati selaku kader Posyandu Kelurahan Garegeh, menyampaikan "Kader sebelumnya telah melakukan pendataan kerumah warga dan mengajak bagi ibu ibu yang berusia subur yang berusia 30-50 tahun atau yang sudah menikah disaat adanya program penimbangan di posyandu,untuk mengikuti IVA tes," katanya.

Sementara itu, Yohanes selaku Lurah Garegeh sangat berterimakasih atas terjalinnya kerjasama Puskesmas Nilam Sari, Poskeskel Garegeh, para kader kesehatan serta para mahasiswa Stikes Ford De Kock terlaksananya kegiatan IVA tes ini.

"Dalam hal ini kami sangat mendukung sekali program pemerintah yang menargetkan 3000 orang pertahun untuk memeriksakan atau IVA tes ini diwilayah kota bukittinggi. Dan untuk hari ini wilayah garegeh terdata ada sekitar enam puluh peserta yang mengikuti IVA tes ini," imbuhnya.

"Dan kami berharap untuk para ibu ibu, khususnya Kelurahan Garegeh agar mau mengikuti IVA tes guna mendeteksi dan antisipasi apakah kita mempunyai gejala kanker SERVIKS atau tidak," tegasnya. (Iwan S)

Editor/Sumber: RIjoe
Tag: bukittinggi,sumatra-barat,video

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

447 PNS di Pasaman Barat Terima SK Kenaikan Pangkat, Bupati Pesankan Ini

447 PNS di Pasaman Barat Terima SK Kenaikan Pangkat, Bupati Pesankan Ini

PASAMAN BARAT - Bupati Pasaman Barat H. Yulianto menekankan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mengutamakan...

Maksimalkan Pelayanan Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Mentawai Butuh Tambahan Personil

Maksimalkan Pelayanan Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Mentawai Butuh Tambahan Personil

MENTAWAI - Kantor Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten Kepulauan Mentawai terus berbenah, hal ini terlihat dari...

Karang Taruna Sungai Pasak Pariaman Manfaatkan Saluran Irigasi Sebagai Tempat Pancing

Karang Taruna Sungai Pasak Pariaman Manfaatkan Saluran Irigasi Sebagai Tempat Pancing

PARIAMAN -- Karang Taruna Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatera Barat manfaatkan aliran...

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pasaman Barat ciduk seorang tersangka penyalahgunaan...

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

LIMAPULUH KOTA - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak hanya fokus pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media