Thursday, 22 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

40 Sekolah se-Pasbar Siap Berkompetisi Untuk Masuk ke IAIN Batusangkar

Jumat, 01 Februari 2019 - 16:35:27 WIB - 2
40 Sekolah se-Pasbar Siap Berkompetisi Untuk Masuk ke IAIN Batusangkar
Foto bersama peserta sosialisasi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN tahun 2019, di Pasaman Barat, Rabu (30/01/19).


BATUSANGKAR - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mensosialisasikan Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2019, di Pasaman Barat, beberapa hari lalau.

Sosialisasi tersebut diikuti kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK) MA, SMA, MAK dan SMK, serta operator sekolah Se-Pasaman Barat. Sosialisasi dilakukan untuk membuka akses seluas-luasnya bagi semua kalangan, dalam mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi agama melalui berbagai program beasiswa, yang ada di IAIN Batusangkar.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019 IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M. Pd, Jumat (01/2) mengatakan, Sebanyak 40 SMA, MA, MAK dan SMK Se-Pasaman Barat siap berkompetisi untuk masuk ke IAIN Batusangkar.

Dia juga mengatakan beberapa keunggulan di IAIN Batusangkar, diantaranya: kampus asri dan nyaman, Prodi terakreditasi A Terbanyak di PTKIN Sumatera Barat, Memiliki Native Speaker (Mesir), Mempunyai Mahasiswa Luar Negeri, PPL dan Magang Internasional dan Integrasi keilmuan yang menghuni.

"Kegiatan yang kita kemas dalam bentuk Mensosialisasikan Ayoo Kuliah di IAIN Batusangkar dan kita sebagai penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi untuk memberikan informasi kepada siswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA, SMA, MAK dan SMK, seluas-luasnya Melalui kepala sekolah dan guru bimbingan konseling Se-Pasbar," katanya.

Lebih lanjut Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan, proses pendafataran jalur SPAN PTKIN Pengisian dan Verifikasi PDSS dimulai tanggal 23 Januari - 28 Februari 2019. Daftar program studi dan daya tampung SPAN PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id.

Sementara proses pembukaan pendaftaran jalur UM PTKIN, pendaftaran di mulai tanggal 02-29 April 2019, Pelaksana Ujian tulis pada tanggal 28 Mei 2019, dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id. sementara itu jalur Mandi pendaftaran di mulai pada tanggal 10 juni 13 juli 2019, dan pelaksanaan ujian pada tanggal 16-18 juli 2019. dapat dilihat di laman http://www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.

Salah satu peserta kegiatan sosialisasi, Silvi mengatakan, Para peserta sangat senang dengan kegiatan yang diadakan oleh IAIN Batusangkar, kerena menurutnya dengan kegiatan seperti itu mereka bisa tau perkembangan-perkembangan perguruan tinggi.

"Ya, seperti IAIN Batusangkar, ini sangat membantu pekerjaan kami di sekolah dalam mengentrikan data siswa yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dan saya berharap kedepannya kegiatan yang digagas oleh IAIN Batusangkar dapat diadakan tiap tahun," ucap silvi kemarin, usai sosialisasi.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA, menjelaskan, IAIN Batusangkar menyediakan 2.400 kursi mahasiswa pada tahun 2019. Jumlah itu untuk tiga jalur masuk ke IAIN Batusangkar, dengan SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Jalur Masuk Mandiri. (hm/dn)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Diduga Depresi, Seorang Remaja di Pessel Akhiri Hidupnya dengan Gantung Diri

Diduga Depresi, Seorang Remaja di Pessel Akhiri Hidupnya dengan Gantung Diri

PESISIR SELATAN - Seorang pria remaja berinisial Y (18) ditemukan tewas di rumahnya di Dusun Tanjung Gadang, Kenagarian...

Ribuan Murid Paud se Kota Bukittinggi Ramaikan Gernas Baku Tahun 2019 di Taman Jam Gadang

Ribuan Murid Paud se Kota Bukittinggi Ramaikan Gernas Baku Tahun 2019 di Taman Jam Gadang

BUKITTINGGI - Ribuan generasi emas penerus bangsa dan negara terdiri perwakilan murid Paud 101 lembaga di Kota...

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

LIMAPULUH KOTA - Pengerjaan proyek jembatan dan saluran drainase di tepi ruas jalan lintas negara Sumbar-Riau tepatnya...

Gempa M 2,9 Guncang Tuapejat Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 2,9 Guncang Tuapejat Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami

MENTAWAI -- Gempa bumi berkekuatan 2,9 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi...

Anti Cemas Naik Bus Bandara Traveloka ke Airport

Anti Cemas Naik Bus Bandara Traveloka ke Airport

TRAVEL -- Banyak keuntungan traveling menggunakan pesawat. Namun, tertinggal pesawat karena datang terlambat ke bandara...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media