Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Tenaga Pendidik SMPN 1 Tilatang Kamang Terapkan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Ini

Sabtu, 02 Februari 2019 - 11:16:01 WIB - 1284
Tenaga Pendidik SMPN 1 Tilatang Kamang Terapkan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Ini
Saat wartawan MinangkabauNews.com mengunjungi SMP Negeri 1 tilatang kamang, Sabtu (02/2)


BUKITTINGGI - Sebenarnya pembelajaran bahasa internasional seperti bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang menyulitkan, mungkin bagi siswa sebagian mengatakan sulit, inilah yang menjadikan mereka enggan belajar menggunakan dan mengucapkan dengan bahasa Inggris.

Dikaji secara mendasar penggunaan bahasa Inggris ini adalah untuk kelanjutan nantinya, merekapun nantinya akan menggunakan di jenjang insitusi pendidikan berikutnya, begitupun untuk mereka berkerja.

Ini disampaikan Delsy Roza tenaga pendidik SMP Negeri 1 Tilatang Kamang Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, saat ditemui sedang memberikan pembelajaran bahasa Inggris di ruang belajar siswa, Sabtu (02/2).

Selanjutnya dijelaskan Delsy, untuk bagaimana mereka agar senang belajar bahasa Inggris, Delsy mengajak siswa membawanya ke ranah lingkungan, artinya apa yang mereka lihat dan langsung diucapkan dengan bahasa Inggris, jika ada kesalahan dalam mengucapkan secara grammer atau structur kalimat, langsung diberi penjelasan.

"Inilah konsep yang diterapkan untuk anak-anak didik di sekolah yaitu membangun keberanian mengucapkan, karena bahasa adalah ucapan langsung, beda dengan mata pelajaran lainnya, dengan keberanian tersebut mereka tidak jenuh dengan melihat yang ada di buku saja," ucap Delsy Roza orangtua dari Yogie Novrionandes (Yogie KDI 2015).

Dalam percakapan (conversation) Delsy mempunyai suatu program yaitu ada cara tanya jawab sesama teman maupun guru, semuanya itu ada materi-materi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Misalnya program bagaimana mereka meminta maaf, dipraktekan dengan suatu cerita, drama dan lainnya. Disinilah terjadinya dialog langsung dengan bahasa Inggris.

Selain itu, Delsy yang gemar menyanyi dan bermain musik, mengajak anak-anak didik bernyanyi dengan bahasa Inggris menggunakan alat musik. Jadi dengan program ini membuat anak-anak tidak membosankan (booring) dalam belajar bahasa Inggris, dan juga anak-anak tersebut diajak langsung berhadapan dengan wisatawan asing untuk dipraktekan bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.

"Belajar mengucapkan bahasa inggris secara kerja tim tidaklah menyulitkan untuk anak-anak didik di sekolah (learning to speak English in teamwork is not difficult for students at school), bahasa itu adalah suatu ucapan yang diucapkan langsung, kalau kita tidak dibiasakan mengucapkannya, maka kita akan lupa dalam mengucap (forgot to stay)," kata Delsy Roza.

Delsy berharap untuk tenaga pendidik pelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah dalam proses belajar dan mengajar (PBM) menggunakan bahasa Inggris dalam penyampaian kepada siswa, agar siswa terbiasa dan mau mempraktekkan mengucapkan bahasa Inggris, meskipun sebatas kemampuan siswa.

"Kedepannya Bahasa Inggris diharapkan juga bisa menjadi bahasa kedua bagi anak-anak dan bisa pula membawa anak-anak ke jenjang kehidupan yang lebih baik, karena dalam segala-galanya bahasa Inggris adalah suatu alat komunikasi yang sangat berfaedah dan bermanfaat dalam kehidupan dimana saja berada," harap Delsy Roza. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

ACT Sumbar Diskusi Bareng Wartawan dan Launching Program Marhaban Dermawan 2019

ACT Sumbar Diskusi Bareng Wartawan dan Launching Program Marhaban Dermawan 2019

...

Pelanggaran Kecil dan Ketegasan Kita

Pelanggaran Kecil dan Ketegasan Kita

Oleh: Sartana, S.Psi., MA Ini cerita teman dari teman saya. Pada suatu pagi, di sebuah grup Whatsapp yang mestinya...

Pol PP Pariaman Bongkar Bangunan di Atas Reruntuhan Pasar Lama, Pedagang Protes

Pol PP Pariaman Bongkar Bangunan di Atas Reruntuhan Pasar Lama, Pedagang Protes

PARIAMAN - Satpol PP Pariaman bersama tim gabungan dari unsur TNI dan Polri yang berjumlah 50 personil bongkar bangunan...

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Sesalkan Pemberitaan Terbalik di Dua Media Online

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Sesalkan Pemberitaan Terbalik di Dua Media Online

PADANG PARIAMAN - Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq sesalkan pemberitaan terbalik di dua media online...

Jelang Pemilu, Satpol PP Kota Padang Kembali Tertibkan APK yang Dipasang di Tempat yang Dilarang

Jelang Pemilu, Satpol PP Kota Padang Kembali Tertibkan APK yang Dipasang di Tempat yang Dilarang

PADANG - Menjelang Pemilu Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Kota Padang kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media