Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI Kota Bukittinggi Jalin Kerjasama Dengan Disdukcapil, Ini Respon PMI Sumbar

Selasa, 05 Februari 2019 - 14:00:54 WIB - 660
PMI Kota Bukittinggi Jalin Kerjasama Dengan Disdukcapil, Ini Respon PMI Sumbar
Ketua dan pengurus PMI Kota Bukittinggi saat berdiskusi dengan Plt. Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Drs.Aristo Munandar


BUKITTINGGI - Pelaksana Tugas disingkat (Plt) Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Barat, Drs. Aristo Munandar melakukan kunjungan ke markas PMI Kota Bukittinggi, Senin (4/2/2019).

Kedatangan Plt. Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat diterima langsung oleh ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas didampingi Waka bidang PB dan Logistik, Syahrul Junaidi, Waka bidang PMR dan Relawan, Erna Yenti serta Waka bidang SDM dan Diklat, Donny Surya Lesmana.

Dalam kunjungan itu, Aristo Munandar merespon program kerja PMI Kota Bukittinggi untuk tahun 2019, salah satunya program kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukitinggi.

"Dalam program tersebut menyangkut semua data dalam catatan sipil seperti adanya data golongan darah, yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tentunya PMI mengarah kepada golongan darah si empunya KTP untuk memudahkan membantu dan mungkin si empunya KTP bisa mendonorkan darahnya," katanya.

Setiap ada waktu dan kesempatan Aristo Munandar ke Bukitinggi akan singgah ke markas, guna memberikan saran dan koreksi dan pendapat untuk PMI Kota Bukittinggi kedepannya, karena PMI Kota Bukittinggi sudah mulai bergerak dan aktif, dan perlu didorong oleh PMI Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Chairunnas menjelaskan kepada MinangkabauNews.com di markas PMI setempat bahwa kunjungan Plt. Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, ke markas PMI Kota Bukittinggi adalah suatu kebanggaan bagi pengurus untuk menjalankan program tahun 2019 dan pertemuan itu juga sekaligus bersilaturahmi.

"Dengan adanya terobosan program kerja PMI Kota Bukittinggi tahun 2019 ini, saya meminta kepada Aristo Munandar sebagai Plt. Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat untuk menjembatani guna menyampaikan program kerja PMI Kota Bukittinggi tahun 2019 kepada Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang juga sebagai pelindung PMI Kota Bukittinggi," pintanya.

Selanjutnya Chairunnas mengatakan, Aristo Munandar juga mengapresiasi dan antusias dengan program kerja PMI Kota Bukittinggi yang mempunyai gebrakan baru, PMI Kota Bukittinggi mempunyai hashtag sendiri yaitu PMI Bersama Untuk Kemanusiaan, PMI Siap Bantu dan PMI Dicintai masyarakatc.

"Artinya dalam gerakan kemanusiaan yang diutamakan adalah membantu dan menolong jiwa manusia, apakah itu dalam suatu musibah bencana alam, kebakaran, mencari orang hilang untuk dipertemukan dengan keluarganya, lakalantas, maupun membantu dan menolong warga masyarakat Kota Bukittinggi dan sekitarnya yang membutuhkan kendaraan ambulance dan kendaraan jenazah," kata Chairunnas.

Sedangkan Waka bidang PB dan Logistik, Syahrul Junaidi mengatakan, relawan-relawan di markas yang selalu siap membantu dan menolong dalam suatu musibah, secara langsung gerakan tersebut dari hati nurani tanpa adanya instruksi kecuali instruksi keselamatan dalam menolong dan membantu korban bencana.

"Untuk itu PMI Kota Bukittinggi juga membantu dan menyalurkan logistik bantuan untuk korban bencana," ucap Syahrul Junaidi.

Di samping itu, Waka bidang PMR dan Relawan, Erna Yenti menyampaikan, akan membuat gerakan terobosan, yaitu memasyarakatkan PMR dan donor darah bagi pelajar di institusi pendidikan sekolah lanjutan atas sederajat di setiap sekolah di Kota Bukittinggi, tentunya melalui instruksi yang disampaikan PMI Provinsi diteruskan kepada Dinas Pendidikan Provinsi.

"Gerakan ini dilakukan adalah untuk mengajak pelajar peduli terhadap kepalangmerahan dan donor darah, tidak tertutup kemungkinan sambil menunggu surat dari PMI Provinsi dan dinas pendidikan kebudayaan Provinsi Sumatera Barat turun ke Kabupaten Kota, PMI Kota Bukittinggi akan melakukan sosialisasi mengenai PMI dan donor darah di sekolah-sekolah lanjutan atas sederajat," pungkas Erna Yenti. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Guna Mengatasi Inflasi Pada Ramadhan dan Idul Fitri, Pemko Padang Panjang Akan Gelar Rapat TPID

Guna Mengatasi Inflasi Pada Ramadhan dan Idul Fitri, Pemko Padang Panjang Akan Gelar Rapat TPID

PADANG PANJANG - Guna mengupayakan pengendalian inflasi menjelang ramadhan dan idul fitri Pemerintah Provinsi Sumatera...

Pemko Pariaman dan BNI Tekan MoU Penyaluran TPP ASN

Pemko Pariaman dan BNI Tekan MoU Penyaluran TPP ASN

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman teken MoU dengan BNI tentang Penyaluran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) melalui...

BPBD Kepulauan Mentawai Akan Menggelar Hari Kesiapsiagaan Bencana

BPBD Kepulauan Mentawai Akan Menggelar Hari Kesiapsiagaan Bencana

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan menggelar...

Unik, Saat Pemungutan Suara Petugas KPPS di Pariaman Berpakaian Pengantin

Unik, Saat Pemungutan Suara Petugas KPPS di Pariaman Berpakaian Pengantin

PARIAMAN - TPS II di Desa Punggung Lading Dusun Sampan Kecamatan Pariaman Utara hadir dengan tampilan unik para petugas...

Lantik Pejabat Eselon, Wakajati Sumbar : Mulailah Reformasi Birokrasi dari Diri Sendiri

Lantik Pejabat Eselon, Wakajati Sumbar : Mulailah Reformasi Birokrasi dari Diri Sendiri

PADANG - Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Dr. Heri Jerman, melantik eselon...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media