Saturday, 17 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Apes Nasib Pelaku kejahatan Satu Ini, Begini Ceritanya

Selasa, 05 Februari 2019 - 19:00:33 WIB - 998
Apes Nasib Pelaku kejahatan Satu Ini, Begini Ceritanya
Pekalu penipuan di Solok dan BB, diamankan di mako Polres Solok Kota


SOLOK - Apes nasib pelaku kejahatan satu ini, inisial ETS panggilan DG, (36) alamat Jalan Tembok Raya RT 06 RW 03 Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, belum sempat menikmati hasil kejahatannya keburu ditangkap jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Solok Kota, Selasa (5/2).

Ditangkapnya ETS alias DG oleh jajaran Satreskrim Polres Solok Kota berkat unggahan korban, Nofrizal (22), alamat Jalan Kapalo Koto, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, di Facebook.

Kapolres Solok Kota AKBP Doni Setiawan, SIK, MM, menyampaikan sebelumnya tersangka sudah dilaporkan oleh korban didampingi dua orang saksi, Dela Susanti (18) dan Janklek (43), dengan nomor Laporan Kepolisian, LP/32/B/II/2019/Polres Solok Kota tanggal 04 Februari 2019.

"Dari hasil penangkapan tersangka ini ditahan barang bukti (BB) berupa satu buah tas cewek warna coklat, dan satu unit handphone VIVO Y83 warna hitam, serta uang tunai Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)," ungkapnya.

Dikatakan, tempat kejatian penipuan itu di Jalan Batu Laweh dekat Lapas Klas IIB Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, hari Minggu (03/02) kemarin, sekita pukul 15.00 Wib.

"Pada hawalnya, tersangka membuntuti korban yang mengendarai sepeda motor berboncengan dengan teman perempuannya, sampai di TKP (tempat sepi) tersangka menyalib motor korban kemudian mengambil kunci motor dan memeras korban untuk menyerahkan barang berharga miliknya, dengan menuduh korban telah melakukan perbuatan mesum di kelurahan laing," katanya.

Tersangka juga menakuti-nakuti korban dengan mengatakan korban sudah banyak dicari oleh pemuda untuk diadili. Dengan mengaku sebagai Ketua Pemuda, tersangka memerintahkan korban mengikutinya agar tidak ditemukan oleh pemuda untuk dihakimi, lanjutnya.

"Sesampai ditempat sepi, tersangka merampas kunci motor korban. Setelah itu korban diperas agar mau menyerahkan tasnya, dimana dalam tas tersebut berisi HP dan uang Rp. 300.000,-. Perampasan ini dilakukan agar korban mau diajak menemui pemuda lainnya untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya sesuai aturan pemuda," pungkasnya.

Atas perbuatan penipuan tersebut, tersangka ETS dijerat Pasal 368 KUHP Tentang Tindak Pidana Penipuan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara, katanya.

"Sebelumnya juga sudah pernah dipenjara oleh Polres Solok Kota, dalam kasus Penganiayaan pada tahun 2011 dengan hukuman 5 bulan penjara. Kemudian kasus pencurian laptop dan ditahan oleh Polsek Talang Polres Arosuka tahun 2017 dengan Hukuman 2 tahun penjara," ungkapnya lagi. (Fikar)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, mengeluhkan...

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Kelapa Meningkat Drastis

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Kelapa Meningkat Drastis

AGAM - Jelang hari raya Idul Adha harga kelapa di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat,...

Inilah Pertemuan Haru Wagub Nasrul Abit dengan Penderita Tumor Ganas Maxilla di Tanah Datar

Inilah Pertemuan Haru Wagub Nasrul Abit dengan Penderita Tumor Ganas Maxilla di Tanah Datar

TANAH DATAR -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menelusuri jalan setapak menyambangi Ibu Halfiyet penderita...

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

PESISIR SELATAN - Sekitar 50 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera...

Polres Mentawai Ciduk Pelaku Pencurian, Pelaku Sempat Anianya Korban

Polres Mentawai Ciduk Pelaku Pencurian, Pelaku Sempat Anianya Korban

MENTAWAI - Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui jajaran Satreskrim akhirnya berhasil meringkus...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media