Friday, 22 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Beramal Untuk Kemanusiaan, Seorang Pendonor Darah Dari PMI Kota Bukittinggi Dapat Hadiah Umbroh

Kamis, 07 Februari 2019 - 17:19:50 WIB - 538
Beramal Untuk Kemanusiaan, Seorang Pendonor Darah Dari PMI Kota Bukittinggi Dapat Hadiah Umbroh
Dr. Fitri Wahyuni, kepala UDD PMI Kota Bukittinggi


BUKITTINGGI - Dengan keihklasan mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan, salah seorang pendonor sukarela dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, Joni Benri selain mendapat pin emas dari Presiden RI, Joko Widodo, Ia pun mendapatkan door prize menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekah Al Mukaramah.

"Ini kehendak Allah membalas amal ibadah umatnya yang telah membantu dan menolong sesama umat dengan mendonorkan darah, bersyukur nikmat diberikan Allah dapat menunaikan ibadah umroh," kata Joni Beni melalui kepala Unit Donor Darah (UDD) Kota Bukittinggi, dr Fitri Wahyuni kepada MinangkabauNews.com, Kamis (7/2/2019) di ruang kerjanya.

Dijelasakan Fitri, tiga pendonor sukarela dari PMI Kota Bukitinggi baru saja menerima Pin Emas yang disematkan Presiden RI, Joko Widodo, yaitu Ahmad Jais sebagai wiraswasta dan juga kepala markas PMI Kota Bukittinggi mendonor sebanyak 106 kali, Joni Benri pegawai ASN mendonor sebanyak 101 kali, dan Firman Datuak Tungga wiraswasta mendonor sebanyak 107 kali.

Dengan terpilihnya ketiga pendonor darah sukarela tersebut mewakili Kota Bukittinggi untuk Provinsi Sumatera Barat. "Ini adalah mendorong semangat pendonor-pendonor sukarela lainnya untuk lebih meningkatkan donor darahnya," katanya.

Dengan penghargaan - penghargaan yang diterima ketiga pendonor itu bisa menjadi bukti nyata bahwa pendonor - pendonor sukarela di UDD PMI Kota Bukittinggi diapresiasi dan dihargai secara langsung dan berkelanjutan, tidak hanya cerita atau iming - iming dari PMI belaka, sebutya.

Fitri Wahyuni berharap hal itu bisa menjadi salah satu kampanye teman - teman di UDD PMI Kota Bukittinggi yang didukung penuh oleh teman - teman dari Markas PMI serta pengurus PMI yang juga turun langsung dalam membudayakan donor darah di Kota Bukittinggi.

"Sampai saat ini donor masih menjadi PR besar bagi kami karena sebagai masyarakat masih beranggapan mendonor itu apabila ada yang membutuhkan baru tersalurkan. Padahal dalam kenyataannya darah yang tiap hari kami jemput dari berbagai pendonor itu hanya bertahan 3-4 hari didalam bank darah (blood bank) UDD PMI Kota Bukittinggi," ucapnya.

"Untuk saat ini sasaran kampanye kami adalah kalangan pelajar berusia minimal 17 tahun dan mahasiswa yang ada diseputar Kota Bukittinggi. Kenapa dipilih anak muda, Karena yang muda yang sehat dan bersemangat, dan jiwa kepedulian itu harus dipupuk sedini mungkin. Dan juga wisatawan yang berkunjung ke Kota wisata Bukittinggi," ucapnya lagi.

Mengenai kinerja jemput darah dari pendonor sukarela, jelas H.Chairunnas ketua PMI Kota Bukittinggi, mobil UDD PMI Kota Bukittinggi siap menanti di Depan Objek wisata Taman Tugu Pahlawan Tak Dikenal setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu dari pukul 9.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib. Sedangkan di depan lapangan Wirabraja setiap hari Minggu dari pagi hingga pukul 12.00 Wib.

Dari kegiatan tersebut setiap harinya berhasil mendapatkan darah dari pendonor sukarela berkisar 15 kantong sampai 20 Kantong, dan di lapangan Wirabraja mendapatkan paling sedikitnya 30 Kantong. Jadi rata rata setiap bulannya lebih dari 400 kantong darah yang bisa didapat mobil Unit Donor Darah tersebut, jumlah itu telah melebihi target yaitu sebanyak 360 kantong darah setiap bulannya, lanjutnya.

Dengan adanya penempatan mobil UDD PMI Kota Bukittinggi di dua tempat tersebut, dapat memenuhi persediaan darah di UDD PMI Kota Bukittinggi yang membutuhkan 1.000 sampai 1.500 kantong darah setiap bulannya.

"Tidak hanya di dua tempat itu saja, gerakan UDD PMI Kota Bukittinggi terus melakukan kampanye donor darah di berbagai kalangan," pungkas Chairunnas. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kasatpol PP Padang Himbau Masyarakat Tak Merayakan Valentine Day

Kasatpol PP Padang Himbau Masyarakat Tak Merayakan Valentine Day

PADANG -- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Padang, Al Amin mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota...

Untuk Tingkatkan Kesiagaan Masyarakat, BPBD Mentawai Jalin Kerja Sama Dengan ASB Asal Jerman

Untuk Tingkatkan Kesiagaan Masyarakat, BPBD Mentawai Jalin Kerja Sama Dengan ASB Asal Jerman

MENTAWAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai kerja sama dengan Arbeiter Samariter Bund...

Sejumlah Orang Diserang Anjing Liar, Warga Agam Resah

Sejumlah Orang Diserang Anjing Liar, Warga Agam Resah

AGAM - Sejumlah orang di Kecamatan Tanjung Mutiara, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) diserang anjing...

Pemerintah Kabupaten Pessel Usulkan 10.000 Sertipikasi Tanah 2019 Geratis

Pemerintah Kabupaten Pessel Usulkan 10.000 Sertipikasi Tanah 2019 Geratis

PESISIR SELATAN -Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan Erizon, mengatakan, demi mewujutkan upaya...

Karena Alasan Ini, Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Rp1,5 Triliun

Karena Alasan Ini, Pendukung Jokowi Gugat Prabowo Rp1,5 Triliun

POLITIK - Calon presiden Prabowo Subianto digugat oleh kelompok masyarakat yang mengatasnamakan dirinya Harimau Jokowi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media