Monday, 26 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Caleg Gerindra Tanah Datar Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Kampanye Diluar Jadwal

Minggu, 10 Februari 2019 - 17:12:08 WIB - 3895
Caleg Gerindra Tanah Datar Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Kampanye Diluar Jadwal
Surat panggilan Polisi kepada Caleg Gerindra Tanah Datar


TANAH DATAR - Antoni Surya Roza (51), Salah seorang Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar dari Partai Gerindra, diperiksa oleh penyidik Sentra Gakkumdu Tanah Datar, Rabu (6/2/19) kemarin.

Caleg tersebut diperiksa oleh penyidik Sentra Gakkumdu Tanah Datar sebagai saksi terkait hasil temuan Bawaslu Kabupaten Tanah Datar no : 001/TM/ PL/ Kab/03.19/I/2019. Tentang penyalah gunaan kampanye di luar ketentuan peraturan perundang-undangan, yakni kampanye di media cetak bulanan Tabloid Integritas, edisi 108. Th. V/10, bulan November 2018.

Sebelumnya terkait laporan Bawaslu Tanah Datar tersebut mengeluarkan undangan klarifikasi no: 18/K. Bawaslu. SB-12/PM.05.02/I/2019. Antoni dilaporkan oleh Bawaslu terkait penyalahgunaan kampanye di luar jadwal dalam UU Pemilu no 7 tahun 2017. Pasal 492 jo pasal 276 ayat 2 dan pasal 275 tentang kampanye pemilu di luar jadwal. Dengan ancaman hukuman 1 tahun kurungan penjara.

Kasus hasil temuan Bawaslu Tanah Datar berupa kampanye di luar jadwal pemilu 2019 itu, saat ini sampai di ranah hukum dengan Laporan Bawaslu tertanggal 29 Januari 2019 pada hari Rabu.

Saat ditemui, Kasat Reskrim Polres Tanah Datar AKP Edwin.SH.MH beberapa hari lalu, selaku koordinator Sentra Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Tanah Datar membenarkan Antoni Surya Roza telah dipanggil oleh penyidik Sentra Gakkumdu Tanah Datar sebagai saksi.

"Memang benar kalau Antoni Surya kami panggil sebagai saksi dalam perkara Kampanye di luar jadwal Pemilu 2019 melalui salah satu media cetak Integritas. Dan dalam kasus ini kami dari penegak hukum akan memproses sesuai yang dilaporkan oleh Bawaslu Kabupaten Tanah Datar ke SPKT Polres Tanah Datar," ujarnya.

"Sesuai dari hasil rapat pembahasan ke dua bersama Bawaslu Tanah Datar Rabu, pembahasan dari Sentra Gakkumdu Bawaslu Tanah Datar telah menetapkan Antoni Surya Roza Caleg DPRD Tanah Datar dari Partai Gerindra, dapil IV di daerah Kecamatan Sungai Tarab dan sebagai terlapor, "tambahnya.

Sementara itu, Antoni Surya Roza, saat bersama Penasehat Hukumnya Romi Martianus, SH, (9/02) di Hotel Pagaruyung Batusangkar menyampaikan akan terus melakukan upaya hukum terkait permasalahan dugaan tersebut.

"Ini adalah kewajiban dari Bawaslu Tanah Datar dalam menyikapi masalah ini, namun saat klarifikasi kemaren jelas kami telah menyatakan bahwa temuan Bawaslu tersebut bukan pada tanggal yang mereka maksud dalam formulir B.2 mereka. Namun dari fakta yang kami ketahui Bawaslu telah menemukan dugaan tersebut sejak sebelum tanggal 14 Desember 2018 lalu. Bahasa sejak ditemukan ini perlu di pertegas karena dalam temuan pelanggaran oleh Bawaslu ada masa Daluarsanya, " ujar Antoni.

Dan terkait hal itu dia juga akan terus berkoordinasi dengan Team Advokasi Partainya. Ia juga menyebut bahwa dalam pasal 74 PKPU no 23, dengan perubahan no.28 dan 33 tahun 2018 jelas pelarangan kampanye sebagaimana di maksud pasal 25 ayat 1 dan ayat 2 di kenai sanksi Administrasi.

"Loh kenapa tiba-tiba Bawaslu melaporkan hal ini ke Polisi, yang menjadi pertanyaan saya apakah KPU sebagai salah satu penyelenggara Pemilu yang di akui UU dengan peraturannya ini bisa di abaikan begitu saja oleh Bawaslu, " tegasnya.

Anton juga menyatakan bahwa ia tidak ada bermaksud untuk berkampanye terselubung seperti yang dilaporkan oleh Bawaslu Kabupaten Tanah Datar. "Karena kebetulan saya juga sebagai wartawan media cetak tabloid Integritas, dan saya mensosialisasikan di media cetak saya sendiri," katanya.

Terkait masalah ini Ketua DPC Partai Gerindra Tanah Datar menyampaikan untuk klarifikasi kepihak penegak hukum.
"Kita sampai saat sekarang berpikiran positif saja. Saya juga ikut diperiksa selama 1,5 jam terkait masalah ini," ujarnya.

Mengenai ini Minangkabaunews akan segera mencoba melakukan klarifikasi kepada Bawaslu Tanah Datar mengenai dugaan yang di lakukan caleg Gerindra ini (Fernando Stroom)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ujian Kompetensi Wartawan di Pessel Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

Ujian Kompetensi Wartawan di Pessel Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

PESISIR SELATAN -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar...

Bupati Pasaman: Calon Anggota Paskibaraka Harus Mengikuti Pelatihan dan Pembekalan dengan Baik

Bupati Pasaman: Calon Anggota Paskibaraka Harus Mengikuti Pelatihan dan Pembekalan dengan Baik

PASAMAN - Sebanyak 35 orang dalam anggota Paskibaraka Kabupaten Pasaman yang berasal dari berbagai sekolah diberi...

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

SOLOK -- Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menjadwalkan menggelar Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan di...

Inilah Pertemuan Haru Wagub Nasrul Abit dengan Penderita Tumor Ganas Maxilla di Tanah Datar

Inilah Pertemuan Haru Wagub Nasrul Abit dengan Penderita Tumor Ganas Maxilla di Tanah Datar

TANAH DATAR -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menelusuri jalan setapak menyambangi Ibu Halfiyet penderita...

Kabar Duka, Bupati Pasbar H. Syahiran Tutup Usia di 66 Tahun

Kabar Duka, Bupati Pasbar H. Syahiran Tutup Usia di 66 Tahun

PASAMAN BARAT - Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) H. Syahiran...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media