Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Rekontruksi Kasus Pembunuhan di Pariaman, Tersangka NY Peragakan 15 Adegan

Rabu, 13 Februari 2019 - 17:30:47 WIB - 2084
Rekontruksi Kasus Pembunuhan di Pariaman, Tersangka NY Peragakan 15 Adegan
Rekontruksi pembunuhan Azizah, Rabu (13/2)


PARIAMAN - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Pariaman lakukan Rekontruksi (Reka Ulang) Kasus Penganianyaan yang menyebabkan korban meninggal dunia di Desa Sungai Rambai Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (13/02)

"Rekontruksi hari ini dalam rangka menindaklanjuti kasus pencurian dengan kekerasan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang yang terjadi sekitar bulan Juli 2018," ujar Kapolres Pariaman Andry Kurniawan saat diwawancarai awak media di TKP

"Sebelumnya kita juga telah melakukan otopsi untuk mengetahui penyebab kematian korban, dan rekontruksi ini adalah untuk melengkapi alat bukti berkas perkara yang akan diajukan ke pihak jaksa penuntut umum," terang Andry

Lebih lanjut Andry mengatakan dalam rekontrkusi yang berlangsung sekitar 45 menit itu memperagakan 15 adegan.

"Mulai dari tersangka NY (36) datang sampai kegiatan melakukan penganiayaan terhadap korban alm. Azizah (70) hingga meninggal dunia," ulas Kapolres.

Dalam reka ulang tersebut diperlihatkan proses penganiayaan yang dilakukan pelaku hingga menyebabkan korban meninggal dunia. Pelaku membekap korban dengan bantal sekitar 10 menit dengan cara menindih perut korban sambil mencekik dan membenturkannya ke lantai kamar tidur.

"BB diantaranya sejumlah uang dan beberapa gram perhiasan milik korban. Alhamdulillah selama proses rekontruski berlangsung semuanya aman dan terkendali," tutup Andry.

Sebelumnya Tim Penyidik Reskrim Polres Pariaman pada Kamis (17/01) juga telah melakukan penggalian makam korban untuk proses otopsi.

Kasus pembunuhan ini diketahui pada Rabu 18 Juli 2018 namun pada saat itu pihak keluarga alm. belum memberikan kesempatan dan izin dilakukannya otopsi.

Setelah berhasil kabur selama 5 bulan tersangka pembunuh wanita lansia NY (36) akhirnya berhasil diciduk di Tampan Pekanbaru Riau.

Tersangka sendiri NY (36) pada hari terjadinya peristiwa pembunuhan tersebut sempat melarikan diri kewilayah Pekanbaru Riau selama 5 bulan.

Tersangka berhasil diamankan diwilayah hukum Polrestabes Tampan Pekanbaru pada Sabtu (29/12-18) dalam kasus pencurian mengutil benih jagung disebuah toko disana.

"Dan pada saat itu juga ada dari pihak keluarga yang mengetahui bahwa bersangkutan telah lama menghilang dari kampung halamannya Desa Sungai Rambai Kec. Pariaman Utara Pariaman," ulas Andry

Kemudian setelah tersangka di amankan dan diproses dan melalui dua alat bukti yaitunya keterangan saksi, surat petunjuk maka digiringlah NY ke Polres Pariaman.

"Berdasarkan keterangan dari tersangka motivnya melakukan pembunuhan adalah karena sakit hati karena tidak dipinjamkan sejumlah uang. Sehingga pelaku nekad melakukan pembunuhan," ujarnya.

Andry mengulas pelaku Curas NY diancam dengan pasal 365 ayat 3 dengan ancaman hukuman Maximal 15 taun penjara. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Existensi Minyak Pala Ditengah Krisis

Existensi Minyak Pala Ditengah Krisis

PARUAMAN - Pala atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah palo di daerah kita Sumatera Barat merupakan tanaman rempah...

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

PASAMAN - Bupati Pasaman,H. Yusuf Lubis secara resmi membuka acara Pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan...

Persiapan Menghadapi Pemilu, Polsek Salimpaung Gelar Koordinasi Lintas Sektoral  dan Senam Bersama

Persiapan Menghadapi Pemilu, Polsek Salimpaung Gelar Koordinasi Lintas Sektoral dan Senam Bersama

TANAH DATAR - Polsek Salimpaung Resort Tanah Datar, Sumbar pada Rabu (03/4) mengelar senam massal antar lintas...

Pemkab Pessel Terima Bantuan Rp 11,01 Miliyar Dari KKP, Hendrajoni: Ini Lah Kita Harapkan

Pemkab Pessel Terima Bantuan Rp 11,01 Miliyar Dari KKP, Hendrajoni: Ini Lah Kita Harapkan

PESISIR SELATAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Secara Simbolis menerima bantuan sarana Bidang Kelautan...

Bawaslu Tanah Datar Berharap Wartawan, LSM dan Ormas Memantau Pemilu dan Pilres 2019

Bawaslu Tanah Datar Berharap Wartawan, LSM dan Ormas Memantau Pemilu dan Pilres 2019

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media