Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Politik

Kritik Pedas Rocky Gerung Soal Jokowi Kaget Dengar Tiket Pesawat Naik

Rabu, 13 Februari 2019 - 23:13:26 WIB - 12125
Kritik Pedas Rocky Gerung Soal Jokowi Kaget Dengar Tiket Pesawat Naik
Rocky Gerung (Foto: RMOL.co)


POLITIK - Pengamat politik dan filsafat Rocky Gerung mengkritik banyaknya kekacauan yang terjadi di Indonesia hanya karena ketidakpahaman terhadap dalil-dalil dasar bernegara. Salah satunya adalah sikap Presiden Joko Widodo yang menunjukkan ketidaktahuannya bahwa Pertamina selama ini memonopoli harga avtur di bandara.

"Presiden kaget kenapa harga tiket (pesawat) naik, ngapain kaget? Negara itu adalah pemegang saham Pertamina. Kok kaget bahwa Pertamina memonopoli perdagangan avtur?" kata Rocky di acara Indonesia Lawyers Club atau ILC di tvOne, dengan topik "Potret Hukum Indonesia 2019: Benarkah Tajam Sebelah?", Selasa, (12/2/2019) malam.

Menurut dia, sikap Kepala Negara seperti itu akan membuat masyarakat berpikir bahwa Presiden tidak mengerti hierarki perundang-undangan yang ada. "Kan orang jadinya berpikir, ini presiden tidak ngerti hierarki perundang-undangan apa. kenapa dia mesti kaget," ujarnya.

Rocky berkesimpulan, banyak sekali hal yang dipertontonkan saat tahun politik atau tahun pergantian kekuasaan ini. Termasuk sikap arogansi yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi belakangan ini yang juga menjadi sorotan. "Nah mental hukum seperti ini yang selalu saya kritik. saya mengkritik mental hukumnya ya," katanya.

Rocky juga menekankan, sikap arogansi Jokowi merespons banyak isu tidak menunjukkan sikap toleransi sebagaimana yang sering disampaikan. "Cara Presiden Jokowi bereaksi akhir-akhir ini betul-betul memperlihatkan arogansi. Marah-marah, kemarin berupaya untuk memperlihatkan tubuh kekuasaan bukan tubuh kenegarawanan," kata Rocky.

Dia menambahkan, "Dan itu membuat orang khawatir apa benar demokrasi kita berjalan kalau cara pemimpin mengorganisir tubuhnya sendiri itu memperlihatkan arogansi bukan toleransi."

Sebelumnya, dalam sambutan di gala dinner HUT Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang ke-50, Senin kemarin, 11 Februari 2019, Presiden Jokowi bercerita soal bagaimana harga tiket pesawat naik tajam.

Menurut Jokowi, dia juga baru tahu bahwa harga avtur dimonopoli oleh Pertamina sendiri. "Soal harga tiket pesawat, saya juga kaget. Saya juga baru tahu mengenai avtur, ternyata avtur yang dijual di Soekarno-Hatta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi menegaskan, dia akan mengundang Direktur Utama Pertamina dan meminta pemerataan harga avtur.

"Sehingga, besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina. Pilihannya hanya satu, harga avtur bisa sama dengan internasional tidak? Kalau tidak, saya masukkan kompetitor yang lain," ujar Presiden. (vv)

Editor/Sumber: Romeo/Viva.co.id
Tag: hukum,indonesia,metro,nasional,politik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan, ASN di Pemkab Pessel Bersihkan Berbagai Fasilitas Umum

Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan, ASN di Pemkab Pessel Bersihkan Berbagai Fasilitas Umum

PESISIR SELATAN -- Sekitar 1000 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan...

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempercepat pelayanan pendidikan bagi anak-anak perantau...

Damkar Padang Mengaku Terkendala Fasilitas

Damkar Padang Mengaku Terkendala Fasilitas

PADANG -- Jumlah personel dan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang saat ini disebut masih jauh dari ideal atau...

Hebat, Anak Penjual Minyak Ini Dapat Beasiswa Kuliah ke Sudan

Hebat, Anak Penjual Minyak Ini Dapat Beasiswa Kuliah ke Sudan

PADANG PANJANG -- Kisah inspiratif datang dari pemuda asal Rao, Pasaman. Perjalanan hidupnya menunjukkan bahwa dengan...

Sanksi Berat BPJS Menunggu, Ini Kata Anggota DPR RI Saleh Daulay

Sanksi Berat BPJS Menunggu, Ini Kata Anggota DPR RI Saleh Daulay

JAKARTA -- BPJS akan mengeluarkan intruksi presiden mulai tanggal 1 Januari 2020 penunggak BPJS tidak bisa menikmati...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media