Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Ciptakan Pemilu Berintegritas, Bawaslu Kota Solok Gandeng Insan PERS

Senin, 18 Februari 2019 - 16:48:44 WIB - 856
Ciptakan Pemilu Berintegritas, Bawaslu Kota Solok Gandeng Insan PERS
Bawaslu dan insan pers se-kota solok, Ahad


SOLOK -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok menggelar sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawas pemilu bersama insan Pers, di Hotel Mami Kota Solok, Ahad (17/2/2019). Adapun tema sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu Kota Solok kali ini yakni "Peran awak media dalam pengawasan dan mensukseskan pemilu 2019 yang berintegritas di Kota Solok

Sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawas pemilu yang dimaksud yakni mengenai Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2019 di Kota Solok.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati menyampaikan, Bawaslu saat ini sedang menyusun mengenai program pemanfaatan media sebagai corong bagaimana yang terjadi di Bawaslu dalam mengawasi.

Lanjut Triati, saat ini masyarakat butuh sekali dengan media.

"Karena tidak ada tanggung jawab ketika ada yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian. Itu tidak bisa dipertanggunjawabkan, tetapi kalau media yang memberitakan maka itu kita sangat yakin dengan informasi tersebut," ujar Triati.

Triati juga mengatakan, media menjadi salah satu sumber informasi Bawaslu selain dari jajarannya seperti Panwascam dan lain-lain.

Triati mengatakan, Bawaslu Kota Solok saat ini sedang melakukan perbaikan terhadap program kehumasan.

Menurutnya, ivent ini merupakan upaya Panwaslu dalam menyamakan persepsi antara Panwaslu dan wartawan dalam menyampaikan informasi terkait dengan pengawasan partisipatif dan masukan maupun dari wartawan.

"Kami akan membangun kerjasama dengan media sehingga apabila ada informasi temuan dilapangan dapat disampaikan ke Panwaslu, karena informasi yang rekan rekan media dapat dilapangan, kami belum tentu mengatahui," imbuhnya.

Ia menambahkan, Pers (wartawan) bisa berperan sebagai media pendidikan dalam rangka memberkan informasi pendidikan politik dan edukasi kepada masyarakat, misalnya tentang cara memberikan hak pilih yang benar, contoh pelanggaran saat pemilu dan lainnya.

"Kami terus berkomitmen dan konsen membangun hubungan dan bermitra dengan dengan semua stakeholder termasuk rekan-rekan wartawan, apalagi pers bisa menjadi sebagai media control dan pengawas dalam pelaksanaan pemilu 2019 mendatang," terangnya.

Selain itu Triati juga menyampaikan awak media dalam hal ini bisa memberikan informasi atau melaporkan apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran kegiatan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu, partai politik dan pelaksana kampanye.

"Jika ada indikasi pelanggaran pemilu masyarakat untuk tidak ragu-ragu melaporkan ke Bawaslu atau ke panwascam terdekat bisa melalui akun media sosial atau WA atau email panwaslusolokkota60860@gmail.com atau WA 081363299952.

"Suksesnya penyelenggaraan pemilu bukan semata-mata menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu namun juga peserta pemilu dan masyarakat termasuk dalam.hal ini awak media," ujarnya

Sementara itu, Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga Vifner mengungkapkan bahaya berita hoax dan ujar kebencian menjadi momok dalam yang menakutka pelaksanaan pemilu saat sekarang ini.

Di akhir arahannya Vifner mengharapkan sosialisasi ini bisa membantu mengawasi pelaksanaan pemilu untuk memastikan pemilu berlangsung sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang undangan.

Tampak hadir pada acara tersebut anggota Bawaslu Provinsi Sumbar Divisi Pencegahan dan hubungan Antar Lembaga Vifner, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati dan Anggota Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin serta wartawan dan wartawati Solok. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kota-solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dirjen Otoda Kemendagri RI Kaji Pilkada Serentak di Padang

Dirjen Otoda Kemendagri RI Kaji Pilkada Serentak di Padang

PADANG -- Direktorat Jendral Otonomi Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri) melakukan kajian rencana...

Dituding Netizen Bermain Dalam Kasus Dokter Romi, Sekda Solok Selatan Meradang

Dituding Netizen Bermain Dalam Kasus Dokter Romi, Sekda Solok Selatan Meradang

SOLOK SELATAN -- Ulah postingan di media sosial, Sekda Solok Selatan meradang. Pasalnya dalam postingan salah satu...

Ketua KONI Sumatera Barat Dukung Visi Misi Walikota Padang Panjang Majukan Olahraga

Ketua KONI Sumatera Barat Dukung Visi Misi Walikota Padang Panjang Majukan Olahraga

PADANG PANJANG -- Ketua KONI Sumatera Barat Syaiful, SH, M. Hum mendukung penuh visi misi dan program Walikota Padang...

Satu Unit Rumah Ludes di Lahap Si Jago Merah di Agam

Satu Unit Rumah Ludes di Lahap Si Jago Merah di Agam

AGAM - Satu unit rumah warga Simpang Cacang, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjung Mutiara,...

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

LUBUK SIKAPING - Inovasi baru, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media