Tuesday, 25 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dinas Pariwisata Sumbar: Masyarakat Sekitar Destinasi Penting Perhatikan Lingkungan

Senin, 18 Februari 2019 - 19:43:03 WIB - 1070
Dinas Pariwisata Sumbar: Masyarakat Sekitar Destinasi Penting Perhatikan Lingkungan
Bimbingan peningkatan pengembangan Gerakan Sadar Wisata bagi 100 Pokdarwis Pessel di Hotel Daima Padang, Senin (17/2/2019)


PADANG - Dinas Pariwisata Sumbar menggelar bimbingan peningkatan pengembangan Gerakan sadar wisata bagi 100 Pokdarwis Pessel di Hotel Daima Padang, Senin (17/2/2019). Hadir narusmber Akademisi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Endang Komesty Sinaga.

Peranan Kelompok Sadar Wisata merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang memiliki peranan dan kontribusi penting dalam pengembangan pariwisata, karena itu keberadaannya harus selalu dibina dan didukung terus sehingga bisa lebih berperan, efektif dalam mengerakan partisipasi masyarkaat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Sumbar, Doni Hendra mengatakan "Pokdarwis yang sudah ada harus bisa menyatu dengan masyarakat karena nantinya merekalah yang akan membantu pengembangan pariwisata, " kata Doni Hendra.

"Masyarakat jadi tuan rumah didaerah obyek wisatanya, sehingga mereka menjadi agent promosi di obyek wisata setempat," tegasnya.

Doni mengatakan para peserta pelatihan merupakan warga yang berdomisili di sekitar objek wisata penting menjaga lingkungan terutama sampah.

"Maju mundurnya pariwisata Sumbar sangat tergantung pada pemerintah, swasta dan masyarakat. Oleh sebab itu Pokdarwis harus bisa memberdayakan masyarakat disekitar destinasi wisata. Mereka memberikan penjelasan bahwa dengan pariwisata ini akan berdampak pada majunya perekonomian," tegasnya.

Doni menambahkan bahwa keberadaan Pokdarwis penting dalam memajukan sektor pariwisata di mana masyarakat berperan menciptakan gerakan sadar wisata dan kondisi yang kondusif menyambut wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Masyarakat lanjut Doni merupakan ujung tombak kemajuan sektor pariwisata melalui program pemerintah dalam menyediakan infrastruktur perlu dukungan partisipasi masyarakat yang kuat.

"Kami memperkuat masyarakat yang bergabung dalam Pokdarwis ini untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian, untuk memajukan pariwisata berbasis agama dan budaya di Sumbar," ucapnya.

Doni mengharapkan para peserta pelatihan dapat mengajak masyarakat sekitar untuk menanamkan kesadaran tentang arti penting parwisata dan bersama-sama memajukan pariwisata daerah sehingga akan tercipta sapta pesona wisata, pungkas Doni.

Dikatakannya, masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama sama dengan pemerintah dan kalangan usaha atau swata bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan.

"Pentingnya peran serta masyarakat dalam pengembangan sadar wisata agar pengunjung nyaman berkunjung di obyek wisata yang merupakan implementasi tujuh unsur Sapta Pesona," tuturnya.

Tambahnya, kegiatan pemberdayaan destinasi memainkan peran penting guna mewujudkan masyarakat destinasi pariwisata yang sadar wisata. "Dengan sadar wisata akan tercipta kondisi yang kondusif bagi wisatawan untuk berwisata. Diharapkan juga dengan sektor pariwisata ini dapat menunjang kesejateraan masyarakat disekitar destinasi pariwisata," pungkasnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,metro,padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wali Kota Padang Mahyeldi Apresiasi Pegawainya yang Tidak Menambah Hari Libur

Wali Kota Padang Mahyeldi Apresiasi Pegawainya yang Tidak Menambah Hari Libur

PADANG -- Hari pertama kerja, Wako Padang Mahyeldi dan Wawako Hendri Septa langsung melakukan sidak. Walikota melakukan...

Walikota Pariaman Resmikan Pandam Pakuburan Lambau Taratak

Walikota Pariaman Resmikan Pandam Pakuburan Lambau Taratak

PARIAMAN - Walikota Pariaman Genius Umar resmikan Pandam Pakuburan atau TPU (Tempat Pemakaman Umum) Lambau Taratak pada...

PPDB Sistem Zonasi, Antara Mempersulit dan Pemerataan Pendidikan

PPDB Sistem Zonasi, Antara Mempersulit dan Pemerataan Pendidikan

EDITORIAL -- Kebijakan Kemendikbud menggunakan PPDB sistem zonasi, dalam penerimaan siswa baru dalam tujuan awalnya...

3 Tempat Wisata Catchy yang Instagramable di Ambon ini Cocok untuk Selfie

3 Tempat Wisata Catchy yang Instagramable di Ambon ini Cocok untuk Selfie

TRAVELING -- Kepulauan Maluku memang tidak dapat dipisahkan dengan keindahan pantainya yang memiliki pasir putih yang...

Kadis Pariwisata Sumbar : Kebersihan Toilet Penting di Obyek Wisata

Kadis Pariwisata Sumbar : Kebersihan Toilet Penting di Obyek Wisata

PADANG -- Kadis Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian menyatakan bahwa sanitasi yang bersih dan sehat merupakan investasi yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media