Thursday, 14 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Caleg DPR RI Darul Siska: Pelosok Ujung Negeri Taruang-Taruang, Perlu Perhatian

Rabu, 20 Februari 2019 - 01:53:30 WIB - 1114
Caleg DPR RI Darul Siska: Pelosok Ujung Negeri Taruang-Taruang, Perlu Perhatian
Masyarakat taruang-taruang dengarkan penjelesan darul siska


SOLOK -- Caleg DPR RI Drs H. Darul Siska Dapil 1 nomor urut satu mengunjungi daerah pelosok Taruang Taruang, IX Koto Sungai Lasi, Solok, Sumatera Barat, Ahad, (17/2/2019).

Darul Siska adalah caleg DPR RI asal Partai Golongan Karya (Golkar) yang maju dari Dapil Sumatera Barat I.

Dapil itu mencakup Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Darul Siska saat ini menduduki jabatan sebagai Wakil Koordinator Bidang Kepartaian DPP Partai Golkar.

Darul Siska tertarik memasuki wilayah pelosok karena wilayah perkotaan sudah dirasa layak bagi masyarakat.

Ia ingin memenuhi rasa ingin tahu dan penasaran serta berperhatian terkait kondisi di wilayah pelosok.

"Ternyata masih ada daerah-daerah yang perhatian program pemerintah ditingkatkan, masih sulit dijangkau, ada jalan yang belum diaspal dan rusak parah," cerita Darul Siska.

Selain itu, lanjut Darul, masih ada kampung-kampung di wilayah pelosok yang belum memiliki fasilitas air bersih, fasilitas rumah ibadah dan sanitasi yang layak.

Darul Siska bersama tim menembus wilayah tersebut melalui jalan tanah yang terjal dan berlubang-lubang.

Caleg kelahiran Padang, Sumatera Barat, mengaku tak ada strategi khusus ketika ingin bertemu dengan warga.

Darul hanya fokus mendengarkan dan mencoba memahami kondisi yang sedang masyarakat alami.

"Sebenernya enggak muluk-muluk sih, saya masuk ke situ lebih ingin merasakan hal yang dirasakan masyarakat, seperti jalan di daerah yang belum teraspal dan rumah ibadah yang rusak. Jadi saya datang ke mereka lebih mendengarkan dan merasakan," kata Darul.

"Dengan datang ke daerah pedalaman, kami lebih tahu kondisi di daerah, baik bidang infrastruktur jalan, pertanian, perekonomian dan minimnya fasilitas ibadah," ungkapnya.

Taruang-taruang yang ada di Kabupaten Solok itu merupakan daerah pedalaman dengan masyarakatnya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani, dan kondisi infrastruktur jalan yang rusak.

Darul Siska yang juga staf khusus Ketua DPR RI, mengatakan "Alhamdulillah saya sudah sampai kesini, masyarakat di kota dan di kampung yang sangat jauh di pelosok sama pentingnya di mata saya, mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapat perhatian dan menikmati hasil pembangunan, jadi saya datang kesini saya, karena berempati," ujarnya.

Menghadapi tahun politik, Katanya, adanya pemilu serentak pilpres dan pileg, oleh karena itu masyarakat penting memahami rekam jejak caleg agar tidak menyesal 5 tahun. Makanya dalam mencari caleg yang akan duduk di parlemen perlu dipelajari empat kriteria calon.

Lanjut Darul, kriteria yang pertama harus pintar bicara karena legislatif itu tempat orang bicara (parle), pintar mendengarkan aspirasi masyarakat dan kriteria ketiga orang yang pintar merumuskan persoalan masyarakat menjadi kebijakan dan program pembangunan. Keempat orang yang memiliki integritas. Memilih seseorang caleg hendaknya bukan karena artis, orang terkenal, mantan pejabat apalagi karena uang yang ditawarkan.

"Penting bagi kita semua untuk memilih calon anggota dewan yang berintegritas. Karena hanya dengan cara itu, tujuan utama dari diadakannya Pemilu bisa terwujud, yakni terpilihnya anggota-anggota dewan yang berkualitas dan amanah menjalankan tugas pokoknya," kata Darul Siska.

Darul Siska mengaku sengaja menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat, karena ia merasa bahwa tugas itu bukan hanya tugas penyelenggara Pemilu, tetapi juga menjadi tanggungjawab semua pihak, pimpinan parpol, Caleg dan juga tokoh-tokoh masyarakat.

Sementara itu, Masyarakat setempat Mardi mengatakan "Saya bangga dan senang, ada calon anggota dewan yang mau terjun langsung menyapa warga dengan mendengar keluhan kami," ujarnya.

Tambahnya, juga nanti kalau terpilih jadi anggota semoga dapat memperjuangkan kepentingan kami, warga butuh solusi untuk tiap permasalahan yang di hadapi. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Jalin Komunikasi Politik, Erman Safar Bersilaturahmi ke PKS

Jalin Komunikasi Politik, Erman Safar Bersilaturahmi ke PKS

BUKITTINGGI -- Bakal calon Wali Kota Bukittinggi Erman Safar setelah mendaftar ke Partai Gerindra beberapa waktu lalu,...

Putera Terbaik Polres Bukittinggi Meninggalkan Semuanya Untuk Selamanya

Putera Terbaik Polres Bukittinggi Meninggalkan Semuanya Untuk Selamanya

BUKITTINGGI -- Kapolres Bukittinggi, AKBP. Iman Pribadi Santoso, mengatakan secara pribadi dan atas nama instansi...

Peduli Anak Berkebutuhan Khusus, Disdik Padang Buka UPTD Layanan Ini

Peduli Anak Berkebutuhan Khusus, Disdik Padang Buka UPTD Layanan Ini

PADANG -- Sistem penyelenggaraan pendidikan di Kota Padang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk...

Ditolak Warga, Pemko Batalkan Izin Operasional Kafe Eks Bioskop Karya

Ditolak Warga, Pemko Batalkan Izin Operasional Kafe Eks Bioskop Karya

PAYAKUMBUH -- Sempat ditolak masyarakat Nunang Daya Bangun, Pemko Payakumbuh akhirnya membatalkan izin operasional kave...

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

PADANG PARIAMAN --Tour de Singkarak (TdS) 2019 menjadi langkah awal menghubungkan Pulau Sumatra melalui kayuhan sepeda....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media