Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Agam

Sukses Raih Nilai di Kabupaten Agam, SDN 31 Lubuk Basung Siap Untuk Dinilai di Tngkat Provinsi

Kamis, 21 Februari 2019 - 20:44:37 WIB - 1067
Sukses Raih Nilai di Kabupaten Agam, SDN 31 Lubuk Basung Siap Untuk Dinilai di Tngkat Provinsi
Kepala Sekolah SDN 31 Kampung Caniago, Kecamatan Lubuk Basung Memperagakan Piagam Penghargaan Adiwiyata.


AGAM - Sukses raih nilai tertinggi dalam penilaian Adiwiyata Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, (Sumbar), SDN 31 Kampung Caniago, Nagari Garagahan, kecamatan Lubuk Basung.

Kepala Sekolah SDN 31 Kampung Chaniago Leni Zetri mengatakan, sekolah yang dipimpinnya tersebut sudah mempersiapkan diri satu tahun sebelumnya berupa membangun sebuah kebun mini dan Green House, sedangkan di sisi bagian kanan disulap menjadi apotek hidup, dan di bagian depannya ditanami pohon pelindung.

"Semua media yang di buat diolah ditanami dan dirawat langsung oleh siswa," ujarnya saat di konfirmasi oleh MinangkabauNews.com, Kamis (21/2).

Tidak hanya itu pihaknya juga membuat kolam di dekat tower penampungan air dan tempat berwudu siswa, pembuatan kolam tersebut juga untuk mensiasati agar air tidak terbuang mubazir, sisa air wudhu langsung masuk kedalam kolam yang sudah kita isi ikan, selain itu juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Selain itu sekolah juga membangun 2 unit bank sampah organik dan anorganik, untuk melatih siswa untuk hidup bersih dan bisa membedakan mana sampah yang bisa mengurai dengan cepat dan mana yang tidak.

"Dengan pencapaian tersebut belum membuat SDN 31 kampung caniago merasa puas. Dedepannya kita akan mempersiapkan diri untuk ikut penilaian Adiwiyata tingkat provinsi," terang Leni Zetri.

Meskipun demikian Ia menampik kegiatan itu semata dilakukan untuk meraih penilain tertinggi dari pemerintah, baginya membangun karakter siwa dibidang menjaga lingkungan itu sangan penting.

"Hal yang paling utama adalah membentuk karakter siswa dalam menjaga lingkungan, dan itu sudah terlihat semenjak kita memutuskan diri untuk ikut penilaian Adiwiyata, bahkan saat ini jika ada siswa yang membuang sampah sembarangan, langsung ditegur oleh temannya sendiri," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agam Hamdi membenarkan pencapaian tersebut. Untuk tahun 2018 ini penilaian Adiwiyata diikuti oleh 8 sekolah dan SDN 31 Kampung Caniago mendapatkan penilaian tertinggi.

Bagi sekolah yang lolos dalam penilaian, pihaknya siap membimbing hingga ketingkat nasional. DLH sudah meminta SDN 31 Kampung Caniago untuk lebih mempersiapkan diri dan tahun depan sudah bisa di daftarkan untuk penilaian tingkat provinsi Sumatera Barat.

"Kita sudah meminta pihak sekolah untuk melengkapi indikator dalam penilain baik berupa pengolahan kompos, kebun bibit serta bibit tersebut nantinya bisa di manfaatkan masyarakat lingkungan sekitar, bagi sekolah yang mendukung program tersebut kita akan membantu hingga tingkat nasional," pungkas Hamdi. (JNS)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: agam,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dokter Ini Klaim Virus Corona Mulai Tak Mematikan, Benarkah?

Dokter Ini Klaim Virus Corona Mulai Tak Mematikan, Benarkah?

INTERNASIONAL - Virus corona jenis baru atau COVID-19 diklaim telah kehilangan "kekuatannya" dan menjadi...

Jubir Covid-19 Pemkab Pessel: Alhamdulillah Hari ini Dua Orang Pasien Sembuh

Jubir Covid-19 Pemkab Pessel: Alhamdulillah Hari ini Dua Orang Pasien Sembuh

PESISIR SELATAN - Alhamdulillah hari ini Rabu (3/6/2020) dua orang pasien positif Covid 19 Kabupaten Pesisir Selatan,...

Agam Kembali Perpanjang Proses Belajar di Rumah

Agam Kembali Perpanjang Proses Belajar di Rumah

AGAM -- Seiring diperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi...

Bupati Yudas Sabaggalet Terima APD dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar

Bupati Yudas Sabaggalet Terima APD dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar

MENTAWAI - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di dampingi Juru Bicara Penanganan dan Pencegahan...

Danramil 03 Pulau Sipora Kawal Penyaluran BLT Desa Saureinu Sipora Selatan

Danramil 03 Pulau Sipora Kawal Penyaluran BLT Desa Saureinu Sipora Selatan

MENTAWAI - Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Pulau Sipora bersama Babinsa kawal ketat penyaluran BLT- DD di Aula...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu