Thursday, 18 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Pertunjukan Legenda Malin Kundang Mengguncang Florida, Amerika Serikat

Kamis, 21 Februari 2019 - 22:30:41 WIB - 951
Pertunjukan Legenda Malin Kundang Mengguncang Florida, Amerika Serikat
Pertunjukan The Legend of Malin Kundang di Orlando, Florida (Foto: Voice of Indonesians in Florida - VIDA Florida)


Orlando, Florida, AS - Ratusan penonton memadati gedung pertunjukan
berstandar internasional di Dr. Phillips Center for the Performing Arts di Orlando, Florida pada 9 Februari 2019 lalu. Acara pertunjukan drama musikal "The Legend of Malin Kundang" ditampilkan oleh masyarakat Diaspora Indonesia di Florida di bawah arahan VIDA (Voice of Indonesians in Florida), berhasil memukau penonton yang hadir.

Pertunjukan drama musikal iniditujukan untuk mengenalkan budaya Indonesia secara lengkap ke masyarakat lokal dan tentunya masyarakat diaspora Indonesia tinggal di Negeri Paman Sam. Acara dikemas dalam bentuk drama cerita rakyat Malin Kundang yang dilengkapi dengan tarian tradisional minang, serta kejutan musik Ranah Minang melalui permainan Angklung.

"Cerita rakyat Malin Kundang memiliki nilai edukasi yg tinggi, terutama bagi anak-anak, mengenai pentingnya berbakti kepada orangtua. Pesan moral ini mengena dan dapat diterima dg mudah bagi masyarakat lokal AS, lebih-lebih di era globalisasi saat ini. Tentu saja, harapan kami juga agar anak-anak Diaspora Indonesia yang lahir dan besar di Amerika Serikat tetap mengenal cerita rakyat Indonesia dan selalu ingat tanah airnya, " ujar Yuni Rucki selaku Sutradara Pertunjukan Legenda Malin Kundang.

Ia menambahkan ada rasa bangga dan terharu saat lantunan musik tradisional minang mengalun di gedung mewah selevel Broadway.

Yang unik dari pementasan Malin Kundang ini adalah mayoritas para pemain terdiri dari anak-anak dan remaja dari Diaspora Indonesia yang tinggal di berbagai kota di Florida. Tidak hanya itu saja, beberapa pemain drama dan tari adalah warga lokal asli Amerika yang tertarik dengan budaya Indonesia. Perbedaan jarak, latar belakang, dan talenta yg beragam tidak menghambat dalam proses persiapan acara. Kerja keras selama berminggu minggu dari seluruh pemain, terbayarkan saat para penonton antusias memberikan tepuk tangan meriah di akhir acara.

"Suatu kebanggaan bagi kita bersama bahwa Diaspora Indonesia mampu mempromosikan Indonesia di wilayah Amerika Serikat. Saya salut dengan mereka yang giat mempromosikan Indonesia agar lebih dikenal," ungkap Konsul Jenderal RI di Houston, Dr. Nana Yuliana yang menghadiri pertunjukan ini beserta team dari KJRI Houston.

Ia berharap semakin banyak warga Amerika Serikat untuk berkunjung ke Indonesia melalui acara sejenis ini. "Soft diplomacy tidak hanya dapat dilakukan oleh para diplomat, tetapi juga oleh masyarakat Diaspora Indonesia", tegas Nana.

Atas dasar kecintaan dan kerinduan akan Indonesia, VIDA Florida memprakarsai acara pertunjukan ini. Semoga nama Indonesia semakin dikenal di mancanegara, terutama di Amerika Serikat.

Voice of Indonesians in Florida (VIDA Florida) sendiri adalah suatu organisasi non profit 501c(3) yang terdaftar resmi di Amerika Serikat. Sejak hadirnya lima tahun yang lalu, organisasi ini terkenal aktif dalam mempromosikan Indonesia melalui seni budaya dan kuliner Indonesia di Florida dan sekitarnya. (rel)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Reza s.
Tag: indonesia,internasional,kosmo,metro,pariwisata,seni-budaya,showbiz,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Terungkap, Ternyata Ini Motif Pembunuh Tukang Ojek di Depan UMMY Solok Kota

Terungkap, Ternyata Ini Motif Pembunuh Tukang Ojek di Depan UMMY Solok Kota

SOLOK - Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Solok Kota, Rabu (3/4/19), berhasil menangkap, BR alias...

Peduli Pesantren, Kepala Bank Indonesia Sumbar Kunjungi Ponpes Muhammadiyah Al-kautsar

Peduli Pesantren, Kepala Bank Indonesia Sumbar Kunjungi Ponpes Muhammadiyah Al-kautsar

LIMAPULUH KOTA --Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Muhammadiyah Tanjung Pati Harau Limapuluh Kota Sumbar menerima...

194 Napi di Lapas Kelas II Karan Aur Pariaman Gunakan Hak Pilih

194 Napi di Lapas Kelas II Karan Aur Pariaman Gunakan Hak Pilih

PARIAMAN - 194 Napi (Narapidana) di Lapas Kelas II Karan Aur Pariaman gunakan hak pilihnya (DPTB 191+3 DPK) pada Rabu...

809 APK Peserta Pemilu di Pariaman Ditertibkan Bawaslu

809 APK Peserta Pemilu di Pariaman Ditertibkan Bawaslu

PARIAMAN - Bawaslu Kota Pariaman menertibkan sebanyak 809 APK (Alat Peraga Kampanye) Peserta Pemilu di tiga Dapil...

Wakil Walikota Padang Panjang Harapkan Pemilu Berjalan Aman, Damai, Tentram dan Tertib

Wakil Walikota Padang Panjang Harapkan Pemilu Berjalan Aman, Damai, Tentram dan Tertib

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media