Wednesday, 20 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Pertemuan APPSI Bahas Kenaikan Tiket Pesawat, Ini Kata Wapres Yusuf Kalla

Kamis, 21 Februari 2019 - 23:58:34 WIB - 299
Pertemuan APPSI Bahas Kenaikan Tiket Pesawat, Ini Kata Wapres Yusuf Kalla
Wapres RI Jusuf Kalla membuka secara resmi rakernas Kamis pagi (21/2/2019


PADANG -- APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) menggelar Rakernas bersama 51 gubernur se-Indonesia di Hotel Inna Muara, Padang, Sumatera Barat. Wapres RI Jusuf Kalla membuka secara resmi rakernas Kamis pagi (21/2/2019). Sementara rakernas sendiri dihelat mulai 20-22 Februari 2019.

Rakernas APPSI mengagendakan serah terima jabatan Ketua APPSI 2015-2019 dari mantan Gubernur Jatim, Dr Soekarwo kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan, Gubernur dan Duta Besar hampir ada kesamaan, tiga tahun terakhir ini gubernur di undang ke Istana Negara untuk dilantik, sama juga dengan duta besar, namun bedanya kalau gubernur setelah dilantik baru diberikan Surat Keputusan, sedangkan duta besar diberikan Surat Keputusan baru dilantik.

Lanjut Wapres, gubernur merupakan perpanjang tangan dari pemerintah pusat, disamping itu juga bertanggung jawab dengan wilayahnya karena dipilih langsung oleh masyarakat.

"Untuk itu tujuan dan tugas apapun dari pejabat yaitu memajukan bangsanya, memakmurkan bangsanya dengan adil serta meningkatkan harkat dari seluruh masyarakat untuk mencapai kemajuannya," ujar Jusuf Kalla.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta APPSI dan terkhusus kepada Wakil Presiden, Jusuf Kalla yang bersedia hadir pada acara ini.

Untuk meningkatkan sinergitas antar daerah provinsi dalam mensukseskan pelaksanaan Otonomi Daerah dengan menciptakan hubungan yang harmonis antar Daerah Provinsi, dengan ada APPSI ini kita bisa membicarakan isu-isu strategis dan permasalahan yang dihadapi setiap daerah provinsi.

Dengan besarnya kegiatan APPSI ini, Gubernur Sumbar berharap dalam Rakernas nanti bisa membawa dampak positif untuk sektor pariwisata dan kuliner di Sumbar. Tujuannya, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ke depannya.

"Ada harapan besar bagi Sumbar pada Rakernas APPSI nanti, untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat. Sekaligus dalam Rakernas nanti juga adanya pergantian Ketua Umum APPSI," pungkas Irwan.

Lanjut gubernur sumbar menyampaikan bahwa, ada beberapa hal yang dibahas dalam APPSI, termasuk permasalahan mahalnya harga tiket pesawat dan bagasi berbayar, yang berpengaruh pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menurun pendapatannya 40 persen.

Gubernur sumbar berharap pada peserta APPSI, ada kesepakatan seluruh pemerintah provinsi untuk mencari solusi terbaik, agar kunjungan wisatawan kembali banyak dan UMKM yang ada kembali bangkit lagi dan juga menjalin kerjasama terhadap produk-produk unggulan di masing-masing daerah.

Sebelumnya, Soekarwo akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban di hadapan anggota APPSI masa bakti 2018-2019. Selanjutnya jabatan ketua APPSI akan dijabat Longki Djanggola yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Umum APPSI periode 2015-2019.

Longki secara otomatis menggantikan Soekarwo hingga masa jabatan periode 2015-2019 habis dan dilakukan pemilihan ulang.

Salah satu rekomendasi Rakernas APPSI yang akan disampaikan adalah dorongan agar pemerintah menurunkan biaya kargo udara dan meninjau kembali bagasi berbayar karena dinilai merugikan UMKM. Selain itu juga sejumlah rekomendasi lain yang akan disampaikan lewat Wapres RI Jusuf Kalla. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: RIjoe
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

KPU Pasaman Targetkan Partisipasi Pemilih Lampaui Target Secara Nasional

KPU Pasaman Targetkan Partisipasi Pemilih Lampaui Target Secara Nasional

PASAMAN - Tiga Puluh dua hari menjelang Pemilihan Umum 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman...

Benarkah Ustaz Abdul Somad Bakal Ditinggal Jamaah Bila Memihak dalam Capres?

Benarkah Ustaz Abdul Somad Bakal Ditinggal Jamaah Bila Memihak dalam Capres?

POLITIK - Belakangan ini, kubu Jokowi-Maruf berusaha menarik sejumlah pendakwah untuk berada di tengah dan tidak...

Diduga Akibat Ledakan Kompor Gas, Tiga Unit Rumah di Pasaman Barat Ludes Terbakar

Diduga Akibat Ledakan Kompor Gas, Tiga Unit Rumah di Pasaman Barat Ludes Terbakar

PASAMAN BARAT - Sijago merah mengamuk, Tiga unit rumah di belakang Pasar Simpang Empat, Jorong Simpang Empat, Nagari...

Kartu Pra-Kerja Jokowi Dituding Menggaji Pengangguran, Begini Jawaban TKN

Kartu Pra-Kerja Jokowi Dituding Menggaji Pengangguran, Begini Jawaban TKN

POLITIK - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, kebijakan Kartu...

Kanagarian Kamang Hilia di Agam, Ternyata Menyimpan Banyak Sejarah Perjuangan Rakyar Sumbar

Kanagarian Kamang Hilia di Agam, Ternyata Menyimpan Banyak Sejarah Perjuangan Rakyar Sumbar

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media