Thursday, 18 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Tinjau PJU-TS di Lintau Tanah Datar, Wamen ESDM Arcandra Tahar: Kita Akan Tambah 50 Titik Lagi

Minggu, 24 Februari 2019 - 17:15:41 WIB - 527
Tinjau PJU-TS di Lintau Tanah Datar,  Wamen ESDM Arcandra Tahar: Kita Akan Tambah 50 Titik Lagi
Wakil menteri ESDM, Arcandra Tahar saat meninjau pembangunan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Tanah Datar, Sabtu (23/2).


TANAH DATAR - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arcandra Tahar tinjau pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Sebanyak 20 titik yang sudah dibangun pada tahun 2018 melalui anggaran Kementerian ESDM ini dan pada tahun 2019 ini akan kembali dibangun sebanyak 50 titik lagi.

"Pembangunan PJU-TS untuk Kabupaten Tanah Datar akan kita tambah sebanyak 50 titik lagi pada tahun 2019 ini, yang sebelumnya 20 titik telah selesai kita bangun pada tahun 2018, ini pun merujuk pada permintaan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Wakil Bupati menyampaikan pada kami yang saat ini ikut turun mendampingi," ucapnya saat meningjau PJU-TS di Lintau Tanah Datar, Sabtu (23/2).

"Silahkan ajukan proposal dan secepatnya ditahun ini akan kita proses sehingga masyarakat dapat nenikmati penerangan jalan umum, terutama daerah-daerah yang belum dialiri listrik," tambah Arcandra.

Sementara untuk wilayah Indonesia Dia mengatakan sudah dibangun sekitar 21 ribu titik dengan anggaran satu titik sampai terpasang sebesar Rp. 20 juta rupiah. Untuk geothermal Ia sebut Indonesia memiliki dan ini tidak setiap negara punya, maka perlu disyukuri, dan yang sudah terpasang di Indonesia sebesar 1.900 mega whatt.

"Di Sumatera ada geothermal yaitu di Solok Selatan dan saat ini sudah akan selesai dikerjakan, di Tanah Datar dan Pasaman katanya ada itu akan kita survey nanti," ulasnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Zuldafri Darma sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM yang telah membantu Kabupaten Tanah Datar dalam hal penerangan jalan umum, terutama didaerah terpencil yang tidak ada aliran listrik.

"Kepada masyarakat Lintau terkhusus dan Kabupaten Tanah Datar umumnya ini keberuntungan bagi kita, karena saat ini kita dikunjungi Wamen ESDM dalam rangka dua kegiatan besar, sebelumnya meresmikan sumur bor di Nagari Sumaniak Kecamatan Sungai Tarab dan saat ini lampu PJU di Lintau, dan itu adalah bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM, untuk itu terima kasih pak Wamen," ucapnya.

Pj. Wali Nagari Batu Bulek Jasmalinar mengatakan, saat ini dinagarinya sangat membutuhkan lampu penerangan jalan, terutama di jorong-jorong yang masih minim penerangan.

Untuk Kecamatan Lintau Buo Utara sendiri, dikatakannya sudah mendapat 20 titik PJU-TS melalui bantuan kementerian ini, yaitu Nagari Batu Bulek dan Nagari Balai Tangah.

"Untuk Nagari Batu Bulek sembilan jorong mendapat 17 titik, sementara Nagari Balai Tangah dua jorong mendapat 3 titik," ujarnya. (Pede/Irfan F)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Rapat Internal PPID, Kominfo Harapkan OPD dan UPTD Dapat Membantu dan Menunjang PPID Utama

Rapat Internal PPID, Kominfo Harapkan OPD dan UPTD Dapat Membantu dan Menunjang PPID Utama

PADANG PANJANG - Wujudkan keterbukaan Informasi Publik, sebagaimana diamanahkan dalam UU No.14 Tahun 2018, Dinas...

Dugaan Surat Suara yang Tercecer di Kabupaten Kampar, KPU Tanah Datar Surati KPU Provinsi Sumbar

Dugaan Surat Suara yang Tercecer di Kabupaten Kampar, KPU Tanah Datar Surati KPU Provinsi Sumbar

TANAH DATAR - Surat suara yang ditemukan tercecer di bawah jembatan di Kabupaten Kampar Riau yang sempat viral di media...

Resmikan SMKN 1 Koto Balingka, Gubernur Sumbar Sampaikan Rasa Prihatinan Terhadap Dunia Pendidikan

Resmikan SMKN 1 Koto Balingka, Gubernur Sumbar Sampaikan Rasa Prihatinan Terhadap Dunia Pendidikan

PASAMAN BARAT - Kegiatan peresmian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Koto Balingka, Kenagarian Parit Kecamatan...

Sosialisasikan Pemilu Serentak, Polres Kepulauan Mentawai Lakukan Hal Ini

Sosialisasikan Pemilu Serentak, Polres Kepulauan Mentawai Lakukan Hal Ini

MENTAWAI - Menjelang hari Pemilihan Umum serentak yang akan digelar beberapa hari lagi, Polres Kabupaten Kepulauan...

KPU Kota Padang Panjang, Laporkan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2019

KPU Kota Padang Panjang, Laporkan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2019

PADANG PANJANG - Ketua KPU Kota Padang Panjang Okta Novisyah, S.sos dalam keterangannya menyatakan, "Terkait...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media