Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman barat

Dua Tahun DPO, Tersangka Pembunuhan Sadis di Pasbar Dibekuk Polisi

Selasa, 26 Februari 2019 - 12:23:04 WIB - 4664
Dua Tahun DPO, Tersangka Pembunuhan Sadis di Pasbar Dibekuk Polisi
Polres Pasaman Barat saat membacakan pers liris di Aula Kantor Polres Pasbar, Selasa (26/2)


PASAMAN BARAT - Polisi Resor (Polres) Pasaman Barat berhasil menangkap Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam perkara pidana pembunuhan berencana terhadap korban Dahyul (34) yang terjadi pada Kamis tanggal 22 Desember 2016 lalu.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, SIK dalam pers rilis yang diadakan di aula kantor Polres Setempat, Selasa (26/2/19) menyampaikan, tersangka barinisial MS (41) berhasil ditangkap oleh tim Sat Reskrim Polres Pasbar yang dipimpin oleh AKP Afrides Roema.

"Sebelum penangkapan Tim Opsnal yang dipimpin oleh Ipda Randhya. SIK melakulan pengintaian dan selanjutnya tersangka berhasil ditangkap di Dusun Hajoran, Desa Silaton Jae, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (24/2) kemarin sekira pukul 18.30 Wib," katanya.

Dijelaskannya, kejadian pembunuhan itu, terjadi pada Kamis 22 Desember 2016 lalu sekira pukul 10.00 Wib, bertempat di dalam kebun kelapa sawit di Jorong Air Runding, Nagari Parik, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat.

"Sebelum kejadian pembunuhan, korban D dan pelaku MS adalah sama-sama pekerja di kebun milik Agus Susanto. MS diberhentikan bekerja karena D menuduh MS mencuri cabe dan racun cabe, setelah kejadian itu MS merasa sakit hati dan dendam kepada D," ungkapnya.

Seminggu setelah diberhentikan, terjadilah cekcok antara korban dan pelaku, dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Namun pelaku tetap menaruh dendam pada korban, lanjutnya.

"Pada hari Kamis 22 Desember 2016 sekira pukul 80.00 pelaku mengambil parang dan mengasahnya sekitar satu jam dengan tujuan untuk membunuh korban. Setelah itu dia membungkus nasi dan pamit kepada istri kekebun untuk membersihkan tempat menanam cabe, padahal niat pelaku adalah untuk mencari korban," ujarnya.

Setelah berangkat dari rumah, dan pelaku mengunggu di pinggir jalan kebun tempat korban menuju kebun milik Agus Susanto.

"Pada pukul 10.00 Wib korban melewati jalan tersebut lalu diberhentikan oleh pelaku dan korban bertanya "ada apa lai", dijawab pelaku "ada apa, ada apa kau bilang" sambil melayangkan parang dan dibacok berkali-kali kearah tubuh korban, korban sempat merangkul tersangka dan berguling-guling. Selanjutnya korban lergeletak lemas, lalu pelaku berdiri dan pergi sekitar 10 meter, namun pelaku kembali dan melihat korban masih hidup lalu pelaku membacok leher korban hingga hampir putus," terangnya.

Setelah itu, korban diangkat dan dipikul oleh pelaku lalu disembunyikan di semak-semak, kemudian pelaku juga mengambil uang sejumlah Rp 4.000.000,- dan satu buah Handphone merk Nokia. Selanjutnya pelaku juga menyembunyikan sepeda motor korban di semak-semak.

"Setelah itu, korban pulang kerumah dan pergi ke rumah orang tuanya di Sidimpuan, dua hari di rumah orang tua dia pergi ke Jambi kerumah saudara, setelah satu bulan di Jambi dia kembali ke rumah orang tua dan menetap disana sampai ditangkap oleh tim Sat Reskrim Polres Pasbar," ucapnya.

Saat penangkapan pelaku sempat melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri, namun petugas berhasil melumpuhkan dengan timah panas, kemudian dibawa ke Polres Pasaman Barat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku di jerat dengan Pasal 340 KUHP," pungkasnya. (EL)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman-barat,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Bupati Yudas Sabaggalet Terima APD dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar

Bupati Yudas Sabaggalet Terima APD dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar

MENTAWAI - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di dampingi Juru Bicara Penanganan dan Pencegahan...

Lagi, Hari ini 72 Orang Masuk Karantina di Pessel, Kontak dengan Pasien Positif

Lagi, Hari ini 72 Orang Masuk Karantina di Pessel, Kontak dengan Pasien Positif

PESISIR SELATAN - Sebanyak 72 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG)di Kabupaten Pesisir Selatan...

Klaster Pasar Raya Padang Kembali Mengejutkan, Tambah 13 Pasien Covid-19 di Sumbar

Klaster Pasar Raya Padang Kembali Mengejutkan, Tambah 13 Pasien Covid-19 di Sumbar

PADANG -- Jumlah pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Sumbar bertambah 13 orang, sembuh 6 orang dan...

Hari Pertama Masuk Kantor ASN Bukittinggi di Masa Normal Baru

Hari Pertama Masuk Kantor ASN Bukittinggi di Masa Normal Baru

BUKITTINGGI -- Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kembali bekerja masuk kantor seperti...

Gawat! Trump Kerahkan Tentara Hadapi Kerusuhan, Jenderal Perang Amerika Meradang

Gawat! Trump Kerahkan Tentara Hadapi Kerusuhan, Jenderal Perang Amerika Meradang

INTERNASIONAL - Tindakan Presiden Donald Trump dengan mengerahkan tentara keamanan nasional dalam menghadapi unjukrasa...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu