Monday, 16 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Dibantu 70 Warga, KPU Pasaman Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2019

Selasa, 26 Februari 2019 - 19:21:19 WIB - 613
Dibantu 70 Warga, KPU Pasaman Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2019
KPU Pasaman gelar Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 di GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Selasa (26/2).


PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mulai melakukan sortir dan pelipatan kertas surat suara yang akan digunakan pada pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi menjelaskan, bahwa pelipatan kertas surat suara Pemilu 2019 tersebut dilakukan di gudang Logistik KPU Pasaman tepatnya di GOR Tuanku Rao Lubuksikaping, yang dimulai Selasa (26/2/19) pagi.

Proses pelipatan kertas surat suara saat ini dikerjakan oleh 70 orang masyarakat.
"Para pekerja dalam Penyortiran dan pelipatan surat suara ini merupakan masyarakat Pasaman yang di tunjuk oleh Sekretariat KPU Pasaman," kata Rodi Andermi kepada MinangkabauNews.com.

Rodi Andermi menjelaskan, sebanyak 1.019.165 surat suara akan dilipat oleh 70 pekerja tersebut.

Rodi menambahkan, tidak hanya melipat surat suara, relawan ini juga harus menyortir surat suara yang rusak atau cacat produksi.

"Jika ditemukan oleh tim pelipat, surat suara yang rusak atau cacat dilaporkan ke pihak KPU Pasaman. Surat suara rusak nantinya juga kami sampaikan ke KPU RI. Karena penggantian surat suara tetap dari KPU RI," katanya.

Surat suara sebanyak 1.019.165 yang dilipat itu meliputi surat suara pemilihan calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Sumbar, DPD RI, DPR RI, dan surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

"Saat ini seluruh surat suara untuk pemilu 2019, sudah sampai di Pasaman dan sudah disimpan di gudang logistik KPU Pasaman yakni Gor Tuanku Rao Lubuksikaping," terang Rodi Datuak Putiah Nagari Simpang.

KPU Kabupaten Pasaman memberikan waktu untuk penyortiran dan pelipatan surat suara itu hingga 10 hari kedepan. "Waktu penyortiran dan pelipatan surat suara ini dimulai pada hari Senin (26/2) ini sampai Kamis (7/3) nanti. Jadwal pelipatan, dimulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya," ujarnya.

Kata Rodi lagi, dalam pelipatan kertas surat suara itu pihaknya menargetkan, satu orang pekerja dapat melipat surat suara per harinya sebanyak 1000 lembar surat suara. "Namun, jika target tersebut tidak tercapai, nanti kita akan lakukan penambahan anggota dalam pelipatan surat suara tersebut," terang Rodi.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengaku akan selalu mengawasi setiap tahapan dalam penyelenggaraan pemilu.

Sejauh ini kata Rini masih kondusif, hanya ada beberapa kelengkapan (logistik) pemilu yang masih kurang seperti, kotak surat suara dan sampul surat suara sah. Yang kurang tersebut akibat rusak, dan ini akan kita laporkan untuk ditambah.

"Untuk surat suara DPD RI, dan Surat suara Pilpres hari ini (26/2) juga sudah sampai di gudang logistik KPU Pasaman," ujar Rini.

Pantauan Minangkabaunews dilapangan, pelipatan kertas surat suara untuk pemilu 2019 yang dilipat dihari pertama ini adalah kertas surat suara untuk DPRD provinsi.

Seluruh pekerja juga tampak diawasi oleh pihak kepolisian, Bawaslu dan Pihak KPU Pasaman. Pengawasan itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (M. Afrizal)

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

10 Pecatur PWI Sumbar Jalani TC Jelang Porwanas Tahun 2020

10 Pecatur PWI Sumbar Jalani TC Jelang Porwanas Tahun 2020

BUKITTINGGI -- Menjelang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun 2020 yang digelar di Kota Malang Jawa Timur....

Banjir Bandang di Solsel, Tim Kesehatan Gunakan Perahu Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

Banjir Bandang di Solsel, Tim Kesehatan Gunakan Perahu Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

SOLOK SELATAN -- Dinilai telah kondusif, tim kesehatan yang terdiri dari Dokter, Tenaga Medis dan Camat Sangir Batang...

Kedatangan Disdukcapil, Warga Nagari Abai Siat Berbondong-bondong Rekam KTP Elektronik

Kedatangan Disdukcapil, Warga Nagari Abai Siat Berbondong-bondong Rekam KTP Elektronik

DHARMASRAYA -- Kantor Walinagari Abai Siat, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya diserbu oleh warga Kecamatan...

Kepala Suku Sakai Mandau Bengkalis Dikukuhkan

Kepala Suku Sakai Mandau Bengkalis Dikukuhkan

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mendelegasikan kehadirannya kepada Asisiten Administrasi Sekretariat Daerah...

Sistem Satu Data, Diskominfo Padang Panjang Gelar Sosialisasi Statistik Sektoral

Sistem Satu Data, Diskominfo Padang Panjang Gelar Sosialisasi Statistik Sektoral

PADANG PANJANG -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Panjang mengadakan Sosialisasi Statistik...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media