Monday, 20 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Baznas Pasaman Bantu Peternak Ayam Penyandang Disabilitas

Kamis, 28 Februari 2019 - 21:25:43 WIB - 422
Baznas Pasaman Bantu Peternak Ayam Penyandang Disabilitas
Baznas Pasaman saat serahjan bantu kepada Mondrisal, Peternak Ayam Penyandang Disabilitas


PASAMAN - Optimistisme untuk dapat mengembangkan usaha kecilnya, tampak tergambar dari wajah Mondrisal (35) peternak ayam asal Jorong Kampung Padang Paraman Dareh Nagari Persiapan Aia Manggih Barat, Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, yang menerima bantuan modal usaha melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman.

Bantuan usaha yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp 3 juta yang diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal, Kamis (28/2/2019). Bantuan tersebut diberikan kepada Mondrisal karena termasuk warga kurang mampu yang memiliki dua orang anak yang masih kecil-kecil.

Sejak beberapa waktu lalu, Baznas Kabupaten Pasaman yang dinahkodai oleh H. Syafrizal telah meluncurkan program bantuan usaha bagi warga kurang mampu dan pengusaha kecil di daerah itu. Langkah Baznas itu tentu sangatlah tepat dan sangat membantu para warga kurang mampu dan pengusaha kecil di daerah itu yang selama ini sering terjebak dalam janji manis para pemburu renta yang menawarkan bantuan permodalan dengan ketentuan yang mencekik leher.

"Saya selaku warga kurang mampu dan memiliki kekurangan ini sangat bersyukur dengan adanya bantuan usaha dari Baznas Pasaman ini. Bantuan itu tentu sangat membantu kami terutama dalam melanjutkan usaha ternak ayam kami," kata Mondrisal kepada MinangkabauNews.com di Lubuksikaping, Kamis (28/2).

Mondrisal mengisahkan, awalnya ia menekuni usaha jualan keliling di daerah Lubuksikaping. Namun, dalam perjalanan hidup ia jatuh sakit sejak tahun 2012 hingga 2013 lalu.

Karena sakit di kakinya itu, ia dianjurkan oleh pihak rumah sakit agar kakinya yang sebelah kanan nya itu harus segera diamputasi.

"Untuk mengantisipasi penyakit di kaki saya itu agar tidak menjalar ke tubuh saya, akhirnya saya pun merelakan kaki kanan saya di amputasi. Dan sejak itulah saya berhenti berjualan keliling," terangnya.

Mondrisal menjelaskan, seminggu setelah menjalani amputasi, anak kedua saya bernama Syafran Alkhairi (3) akhirnya lahir.

"Dan karena keterbatasan saya itu, akhirnya saya beralih pekerjaan sebagai peternak ayam untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga sekarang," terang suami dari Nelha Fitra itu.

Mondrisal mengaku bersyukur dengan adanya bantuan usaha dari Baznas Pasaman tersebut, karena dapat digunakan untuk mengembangkan usaha ternak yang sudah lama dilakoninya.

"Bantuan ini akan kami gunakan untuk membeli induk ayam, dan memperluas kandang ayam sehingga kedepan dapat meningkatkan usaha ekonomi keluarga," tutur Mondrisal yang memiki dua orang anak laki laki itu.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasaman, H. Syafrizal berharap bantuan usaha tersebut dapat meningkatkan usaha teenak ayam dari Mondrisal agar menunjang kebutuhan keluarganya.

"Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bantuan ini," ujar Syafrizal.

Syafrizal mengatakan, dengan adanya Baznas Pasaman, masyarakat fakir dan miskin serta asnaf lainnya bisa terbantu, termasuk mahasiswa, pelajar dan UKM. Kita juga harapkan, seluruh ASN di seluruh OPD yang ada didaerah ini bisa rutin salurkan zakatnya. Juga kepada masyarakat yang ada di Pasaman. Karena semakin banyak masyarakat Pasaman dibantu melalui BAZNAS, maka semakin terbantu Pemkab Pasaman.

"Dan salah satu tujuan baznas itu adalah mengentas kemiskinan. Artinya, hari ini mereka menjadi Mustahik (orang yang menerima Zakat) besok atau lusa menjadi Muzakki (orang yang memberikan Zakat)," tukas Dai/Mubaligh Multi talenta Nasional 2018 ini mengakhiri. (M. Afrizal)

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

AGAM -- Di akhir tahun 2019 tepatnya tanggal 31 Desember 2019 merupakan suatu kenangan tersendiri bagi Syahendra,...

Begini Fakta-fakta Setelah Pesawat Sipil Ukraina Ditembak Jatuh Iran

Begini Fakta-fakta Setelah Pesawat Sipil Ukraina Ditembak Jatuh Iran

INTERNASIONAL - Iran telah mengaku bahwa pihaknya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat jet penumpang Ukraina...

Penampakan Harimau, Warga Kudu Gantiang Padang Pariaman Resah

Penampakan Harimau, Warga Kudu Gantiang Padang Pariaman Resah

PADANG PARIAMAN - Penampakan seekor Harimau oleh seorang warga Nagari Kudu Gantiang Kecamatan V Koto Timur pada Senin...

2020, Basarnas Kepulauan Mentawai Usulkan Satu Unit Mobil Tangki Air

2020, Basarnas Kepulauan Mentawai Usulkan Satu Unit Mobil Tangki Air

MENTAWAI -- Untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat agar dapat maksimal, Kantor Basarnas Kabupaten Kepulauan...

Siap-siap, Hasil Investigasi Skandal Jiwasraya oleh BPK Akan Diumumkan

Siap-siap, Hasil Investigasi Skandal Jiwasraya oleh BPK Akan Diumumkan

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ikut mengomentari kasus yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero)....


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media