Tuesday, 18 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Petugas Lapas Klas II B Karan Aur Pukuli Napi, Keluarga Lapor ke Polisi

Kamis, 28 Februari 2019 - 22:04:24 WIB - 1530
Petugas Lapas Klas II B Karan Aur Pukuli Napi, Keluarga Lapor ke Polisi
Pudjiono Gunawan saat diwawancarai awak media di Kantornya Lapas Klas II B Karan Aur pada Kamis sore (28/02)


PARIAMAN - Tidak senang dengan pemukulan yang dilakukan oleh petugas Lapas terhadap salah seorang Napi tahanan Narkoba di Lapas Klas II B Karan Aur, Keluarga korban melapor ke Polres Pariaman pada Kamis sore (28/02)

Pemukulan terhadap Napi yang bernama Hendria sendiri sebetulnya berlangsung pada Senin (25/02) di ruang KPLP. Melalui keterangan korban yang didampingi pihak keluarga, Napi tersebut di pukul oleh beberapa orang petugas yang berjaga waktu itu.

"Awalnya saya berkelahi dengan sesama tahanan Narkoba, kemudian diamankan dan dibawa keruang KPLP dan sesampai diruangan inilah saya dipukuli oleh petugas, padahal masih dalam kondisi pusing karena dikeroyok juga sewaktu berkelahi itu," ujarterhadap .

Hen menuturkan kasus perkelahiannya sesama Napi dipicu perselisihan dirinya dengan salah seorang pengedar Narkoba dalam tahanan tersebut.

"Saya tidak terima atas perlakuan petugas Lapas, kenapa saya sendiri yang di perlakukan seperti itu, sedangkan Napi yang mengeroyok saja dibiarkan begitu saja, kemudian setelah dipukuli petugas dimasukkan juga keruang isolasi," pungkas Hendria didampingi ibu dan istrinya.

Ia mengungkapkan, sebetulnya kasus ini sudah diselesaikan secara internal oleh pihak Lapas, namun karena desakan keluarga, Hen akhirnya membuata laporan ke Polres Pariaman, sekaligus melakukan visum di RSUD Pariaman.

Hendria pertama kalinya masuk penjara divonis oleh majelis hakim kurungan 1 tahun 2 bulan penjara atas dakwaan mengkonsumsi dan penyalahgunaan Narkoba dan sudah menjalani 7 bulan masa hukuman.

Sementata itu Ka. Lapas Pariaman Pudjiono Gunawan juga tidak menampik adanya pemukulan yang dilakukan oleh petugas Lapas terhadap Napi tersebut.

"Kronogis permasalahan ini berawal pada malam Senin (25/02) sekira pukul 20:00 WIB. Terjadinya perkelahian Napi di ruang Blok B antara Hendria dengan beberapa wargabinaan yang ada dikamar sebelahnya, berawal dari adu mulut," ungkap Pudjiono ketika dimintai ket. Oleh awak media.

Kemudian ulasnya, adu mulut tersebut berlanjut dengan perkelahian pada pagihari disaat petugas membuka pintu kamar tahanan. "Untuk mengamankan kondisi tahanan yang juga terpancing emosinya, maka diamankanlah para Napi ini, yang salah satunya di amankan di Blok B dan sebagian lagi di blok E yang jarak bloknya sampai 50 m.

"Karena kalau tidak cepat diatasi dikhawatirkan Lapas ini akan membara disebabkan Napi antar blok sudah bersitegang terpancing emosi akibat perbuatan mereka ini,"pungkas Pudjiono.

Ia mengakui, terjadinya pemukulan terhadap Hen saat diamankan oleh petugas Lapas dikarenakan sikapnya yang sering memicu Napi lain untuk marah sehingga memunculkan keributan dengan cara menantang atau adu mulut.

Dan supaya tidak terjadi lagi keributan ulas Pudjiono maka pada akhirnya ditempatkanlah Hen diblok isolasi sampai dengan saat ini.

Pudjiono juga mempersilahkan pihak keluarga Hendria untuk membuat laporan ke polisi dan ia juga siap menanggung segala konsekwensinya. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: hukum,kriminal,metro,pasaman,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Salurkan Zakat Fitrah pada 1000 Jiwa senilai Rp25 Juta

Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Salurkan Zakat Fitrah pada 1000 Jiwa senilai Rp25 Juta

PADANG -- Panitia Amil Zakat Fitrah Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar menyalurkan zakat kepada 1000 kaum dhuafa Kota...

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menerima anggaran sebanyak Rp 520 Miliar dari...

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

PASAMAN - Seorang anak dan ibu menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada Jumat (7/06/2019) sekitar pukul 12.00 WIB Di...

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

PAYAKUMBUH - Terkait Pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman...

Dua Hari Menjelang Lebaran, Tukang Parkir di Pasar Muara Labuh Panen Rezeki

Dua Hari Menjelang Lebaran, Tukang Parkir di Pasar Muara Labuh Panen Rezeki

SOLOK SELATAN - Tukang parkir di pasar kampaung Palak Muara labuh, kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan, Sumatera Barat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media