Tuesday, 18 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Pariaman Tidak Dihadiri Ketua DPRD

Jumat, 01 Maret 2019 - 08:04:09 WIB - 409
Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Pariaman Tidak Dihadiri Ketua DPRD
Foto betsama Wakil Walikota Pariaman, Wakil Bupati, Ketua Pengadilan Agama, Kapolres kota dan Kabupaten Padang Pariaman usai Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Pariaman


PARIAMAN - Pengadilan Negeri Kelas IB Pariaman laksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WilayahBirokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) bersama Forkopimda, LKAAM dan LSM pada Kamis (28/02).

Ketua pengadilan Sapta Diharja mengatakan pencanangan ini sebagaimana juga tujuan dari Men Pan RB yakninya reformasi dibidang birokrasi.

"Salah satu bentuknya seperti pencanangan zona integritas hari ini. Untuk menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani," ulasnya.

Sebagaimana kita ketahui saat ini ulasnya, masalah korupsi sudah masuk extradionary Cryme.

"Jadi memang seharusnyalah tugas pemerintah untuk memberantasnya. Dan untuk itulah Pemerintah meminta masing-masing lembaga dan isntitusi negara membentuk Zona Integritas," sebutnyalagi.

Menurut Sapta Diharja, kalau aparat keadilan itu tidak bersih, bagaimana ia memberikan suatu pelayanan yang baik bagi masyarakat.

"Kalau aparatur itu masih kotor, bagaimana ia menegakkan kebersihan birokrasi," ulasnya lagi.

Untuk saat ini lni lanjutnya, Sapta belum melihat aparaturnya yang terlibat korupsi, namun dibidang pelayanan publik masih terdapat banyak kekurangan.

"Dan bagi pencari keadilan yang belum bisa terlayani dengan baik harap dimaklumi, karena kondisi ruangan dan gedungnya yang baru selesai dibagun," ucapnya

Sapta menuturkan perkara perdata ditahun ini ada 68, pidana mendekati 300 yang didominasi kasusu Narkoba.

"Sementara hakim yang ada saat ini 7 dengan ketua, seharusnya kebutuhan 3 majelis karena sudah IB, dengan 3 ruang sidang plus 1 ruang sidang anak," sebutnya.

Ia mengatakan, dibutuhkan 1 majelis lagi, kebutuhan ini tertunda karena efek penerimaan hakim padahal sudah banyak yang pensiun.

Ia juga menuturkan, salah satu wujud dari hal pencanangan tersebut maka MA (Mahkamah Agung) memerintahkan dibentuknya PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) disetiap jenjang tingkatan pengadilan.

"Dengan PTSP maka setiap perkara dan pencari keadilan tidak lagi berhadapan dengan hakim-hakim dipengadilan dalam menjalani tugas karena sudah dilayani semuanya di awal oleh Admin Birokrasi," pungkasnya

"Meskipum demikian, pengadilan bukan berarti tidak bisa diawasi, ia juga meminta masyarakat dan Wartawan mengawasi para hakim di pengadilan.
Secara formal kita juga diawasi oleh KY (Komisi Yudisial)," ujar Sapta

Pencanangan Zona Integritas dilanjutkan dengan penandatanganan bersama sebagai wujud komitmen Forkopinda, LKAAM dan LSM.

Namun sangat disayangkan Ket. DPRD Kab. Padang Pariaman sendiri tidak hadir di pengadilan termasuk pihak Akademisi dari STIE.

Turut hadir Wakil Walikota Pariaman, Wakil Bupati, Ket. Pengadilan Agama, Ka.Polres kota dan Kab. Padang Pariaman mewakili, Dandim mewakili, Ka.kejaksaan mewakili, Ketua LKAAM, Ketua LSM Laki. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: feature,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Jadi Tuan Rumah Seminar ICGE 2019, Padang Panjang Akan Kedatangan Peserta Dari Mancanegara

Jadi Tuan Rumah Seminar ICGE 2019, Padang Panjang Akan Kedatangan Peserta Dari Mancanegara

PADANG PANJANG - Kota Padang Panjang akan ramai dikunjungi, tidak hanya dari Dalam Negeri tetapi juga mancanegara yakni...

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Salurkan Bantuan School Kit ke Bengkulu

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Salurkan Bantuan School Kit ke Bengkulu

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menyalurkan amanah warga masyarakat sebanyak 500 school...

Sejumlah Kendaraan Balantak Banyak di Pasaman

Sejumlah Kendaraan Balantak Banyak di Pasaman

PASAMAN - Sejumlah kendaraan roda empat terlibat tabrakan beruntun saat melintas di Jalan Lintas Sumatera Pasar Inpres...

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

PASAMAN - Seorang anak dan ibu menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada Jumat (7/06/2019) sekitar pukul 12.00 WIB Di...

Ngauman Harimau Kembali Terdengar di Taman Satwa Kandi Sawahlunto

Ngauman Harimau Kembali Terdengar di Taman Satwa Kandi Sawahlunto

SAWAHLUNTO - Setelah sekian lama kandang harimau di Taman Satwa Kandi kosong tak berpenghuni akibat harimau yang lama...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media