Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Mentawai

Menciptakan Kamtibmas yang Kondusif Pada Pemilu Tahun 2019, Polres Mentawai Gelar FSK

Jumat, 01 Maret 2019 - 13:15:07 WIB - 534
Menciptakan Kamtibmas yang Kondusif Pada Pemilu Tahun 2019, Polres Mentawai Gelar FSK
Peserta Group Discussions foto bersama di sesi penutupan acara.


MENTAWAI - Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK), di Aula Bundo Guest House Km 07 Sipora Utara Tuapejat. Kegiatan tersebut di buka oleh Bupati Kepulauan Mentawai dalam hal ini diwakili oleh pejabat Pemerintah setempat, Kamis (28/2/19).

Kabag Ops melalui Sat Binmas Polres Kepulauan Mentawai kali ini mengangkant tema Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) Sub Satgas Kemitraan Satgas Nusantara Guna Menciptakan Kamtibmas Yang Kondusif Pemilu Tahun 2019 Aman, Sejuk dan Musaraina, di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Mentawai melalui Giat forum Group Discussion (Anti Radikalisme , Hoax, dan Hate Speech).

Peserta dari berbagai kalangan masyarakat, seperti Mahasiswa, siswa siswi SMA, serta beberapa Kepala Desa, Kepala Dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pemudah, serta perwakilan instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dari pantauan Minangkabau news di tempat kegiatan, adapun berbagai materi yang di berikan tentang Kamtibmas, menyangkut tentang Pemilihan Umum tahun 2019 yang aman, Damai, Sejuk dan Musaraina, berlalu Lintas yang benar dan bagaimana menjaga ketertiban masyarakat.

Kepala Satuan Binmas (Kasatbinmas) Polres Kepulauan Mentawai Iptu Muliadi membenarkan, salah satu tema yang di angkat yakni tentang berlalu lintas yang benar dan aman serta mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk menangkal Hoax Radikalisme serta ujaran kebencian, sebut Iptu Muliadi.

Kasat Lantas melalui BKO Ipda Yanuar RA dalam pemateri mengatakan, pelanggaran terjadi karena masyarakat kurang peduli dalam hal hal kecil segi peraturan, seperti pemakaian Helm, Kaca Spion dalam berkendara.

"Kita pihak Satlantas Polres Mentawai sekarang ini sedang mengkampanyekan arti berlalu lintas yang baik aman dan selamat, melalui Millennial Road Safety Festival," ujar Ipda Januar.

Dengan program Millennial Road Safety Festival, mulai sekarang patuhi peraturan yang ditegakkan demi keselamatan setiap berkendara, lindungi diri dan jiwa anda, sebut Ipda Januar dalam pemateri.

"Kita juga mengajak masyarakat untuk melengkapi segala perlengkapan seperti kelengkapan surat kendaraan, SIM, dan pemakaian Helm serta memakai knalpot standar saat berkendara," tutur Januar.

"Jika ada anggota pihak kita yang melakukan pungutan liar di lapangan, silakan laporkan kepada kita, kalau kalau ada tindakan yang dilakukan oleh Polisi dalam tugasnya, laporkan segera dan di lengkapi bukti yang ada," Katanya lagi.

Sementara Kasatgas Sabhara Polres Kepulauan Mentawai Iptu Yonsurna mengatakan, siap sedia melayani masyarakat apa pun adanya, dan situasi apapun, pelayanan tanpa batas, demi keamanan masyarakat.

Peran serta masyarakat sangat membantu kerja polisi untuk memberikan laporan atau pengaduhan tindak kejahatan di dalam masyarakat, tidak boleh takut untuk melaporkan segala sesuatu, karena tugas polisi itu melindungi, sebut Yonsurna.

"Menciptakan keamanan dan ketertiban, sangat berkaitan dengan masyarakat, menjalankan Kamtibmas saling bekerja sama dengaan berbagai pihak, salah satunya masyarakat," sebutnya di hadapan peserta.

Dia menyebutkan untuk menjaga Kamtibmas ada beberapa faktor untuk mendukung kerja kita, yakni kerja sama dengan tokoh masyarakat, mengaptifkan keamanan itu sendiri, salah satunya Pos Kamling harus di aktifkan kembali, salah contoh adalah di gelarnya pemilihan umum di harapkan masyarakat dapat menciptakan ke kondusifan, menyangkal isu isu yang tidak bisa di pertangguang jawabkan, kita sendiri harus bisa mengatasinya sendiri, ujar Yonsurna.

Dalam acara tersebut Kasat Intel melalui KBO Intelkam Polres Kepulauan Mentawai, Ipda Yulianus Iwan Purwanto SH, juga membahas, berita Hoax, menolak berita bohong serta ujaran kebencian yang marak di media, upaya pihak ke Polisian mengatasi masalah ini, kita sudah ada team cyber crime yang akan menjaga serta mengamankan kemungkinan adanya Hoax dan ujaran kebencian di dalam masyarakat, sebut Yulianus.

Kita berharap bersama Polri masyarakat dapat mengatasi serangan Radikalisme, Hoax dan ujaran kebencian, di sekitarnya, ujarnya.

Salah satu tolak ukur keberhasilan terhadap keluarga adalah kesadaran terhadap yang benar dalam tindakan, mengkaji terhadap sesuatu yang belum tahu kebenarannya, jangan lagsung di anggap itu benar, kaji dahulu terhadap sesuatu, hal ini di ungkapkan Kasat Binmas Polres Kepulauan Mentawai Ipda Muliadi di sesi penutupan Silatutahmi. (Tirman)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: mentawai,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pemda Kepulauan Mentawai Akan Terbitkan Perda Tentang Larangan Merokok di Tempat Umum

Pemda Kepulauan Mentawai Akan Terbitkan Perda Tentang Larangan Merokok di Tempat Umum

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menerbitkan peraturana daerah (Perda) tentang larangan merokok...

Wali Kota Mahyeldi Lepas 1032 CJH Padang

Wali Kota Mahyeldi Lepas 1032 CJH Padang

PADANG -- Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah melepas calon jamaah haji (CJH) Kota Padang sebanyak 1.119 orang...

Warga yang Dilaporkan Hilang di Hutan Talamau Ditemukan, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Korban

Warga yang Dilaporkan Hilang di Hutan Talamau Ditemukan, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Korban

PASAMAN BARAT - Arman (44) warga Jorong Kemakmuran, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat,...

Rangkaian Halal Bil Halal Alumni FHUA 81, Gelar Anjangsana ke Panti Jompo di Batusangkar

Rangkaian Halal Bil Halal Alumni FHUA 81, Gelar Anjangsana ke Panti Jompo di Batusangkar

TANAH DATAR - Alumni Fakultas Hukum Angkatan 1981 Universitas Andalas Padang mengelar acara Halal Bil Halal selama 2...

Diduga Lakukan Cabul, Seorang Pria Paruh Baya di Agam Diciduk Polisi

Diduga Lakukan Cabul, Seorang Pria Paruh Baya di Agam Diciduk Polisi

AGAM - Tim Kepolisain Resor Agam menangkap seorang pria diduga kuat melakukan tindakan pencabulan anak dibawah umur di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media