Tuesday, 18 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Kembangkan Desa Wisata, Fakultas Pariwisata UMSB Tekan MoU dengan Kemendes dan Kemenpar

Minggu, 03 Maret 2019 - 10:07:05 WIB - 423
Kembangkan Desa Wisata, Fakultas Pariwisata UMSB Tekan MoU dengan Kemendes dan Kemenpar
Foto bersama setelah penandatangan kerjasama


BUKITTINGGI - Upaya percepatan pengembangan desa wisata sebagai destinasi pariwisata berkualitas, berdaya saing dan berkelanjutan di Indonesia, Kementerian Pariwisata, Perguruan Tinggi dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melaksanakan kerjasama yang di tuangkan dalam perjanjian kerjasama tentang pengembangan desa wisata melalui pendampingan dengan perguruan tinggi.

Perjanjian kerjasama itu melibatkan 54 perguruan tinggi yang dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata 1 tahun 2019, Kamis 28 Februari 2019 kemarin bertempat di Hotel Sultan Jakarta.

Dekan fakultas pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Muhammad Abdi, SE,MM, Sabtu (2/3/2019) di ruang kerjanya menyampaikan, bahwa Fakultas Pariwisata UMSB terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan program kerjasama ini.

Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut dilaksanakan oleh pejabat Kementrian Pariwisata RI Wisnu Bawa Tarunajaya selaku Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Hubungan Antar Lembaga, Hasrul Edyar selaku Direktur Pengembangan Daerah Pulau Kecil dan Terluar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Muhammad Abdi selaku Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, katanya.

Abdi mengemukakan bahwa, dalam pelaksanaan program itu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menjalankan fungsi untuk melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar prosedur, dan kriteria serta pelaksanaan bimbingan teknis dan pemantauan dibidang sumber daya manusia pariwisata dan hubungan antar lembaga.

Berikutnya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang pengembangan daerah rawan pangan, daerah perbatasan, daerah rawan bencana, dan pasca konflik serta daerah pulau kecil dan terluar, lanjutnya.

Sementara itu Perguruan Tinggi berperan untuk melaksanakan kegiatan program pengembangan desa wisata dengan melibatkan dosen dan mahasiswa baik melalui teori maupun praktek yang sekaligus pelaksanaan tridarma perguruan tinggi (kalau di perguruan tinggi Muhammadiyah Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan pelaksanaan Al Islam Kemuhammadiyahan), terangnya.

"Adapun ruang lingkup kegiatan ini meliputi penyusunan dan sosialiasi kebijakan yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan pengembangan desa wisata, kemudian pertukaran data dan informasi serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan pengelolaan desa wisata," ucapnya.

Disampaikan, dalam pelaksanaan program ini, dua perguruan tinggi Muhammadiyah Indonesia terpilih yaitu Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan Akademi Pariwisata Muhammadiyah Banda Aceh.

Sementara itu untuk Propinsi Sumatera Barat terpilih tiga perguruan tinggi bersama Fakultas Pariwisata UMSB, Fakultas Pariwisata, Perhotelan Universitas Negeri Padang serta Politeknik Negeri Padang.

"Melalui program kerjasama ini kedepan kita berharap pengembangan desa wisata ini akan berdampak pada pengembangan potensi daerah yang selama ini belum termaksimalkan, dengan melibatkan masyarakat disekitar daerah yang nantinya akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru, mengurangi kemiskinan dan pengangguran dan tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang akan berdampak juga pada kesejahteraan masyarakat, sehingga akan memperkuat terwujudnya Indonesia yang berkemajuan," pungkas abdi. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pariwisata,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bertabur Prestasi, Padang Panjang Raih Juara Pustakawan Berprestasi

Bertabur Prestasi, Padang Panjang Raih Juara Pustakawan Berprestasi

...

Mudik Lebaran, Dishub Pariaman Lakukan Pengecekan Rem Kendaraan dan Kesehatan Sopir

Mudik Lebaran, Dishub Pariaman Lakukan Pengecekan Rem Kendaraan dan Kesehatan Sopir

PARIAMAN - Dinas Perhubungan Kota Pariaman dan Satlantas Polres Pariaman didampingi Dinas Kesehatan lakukan pengecekan...

Usai Libur Lebaran, ASN Sijunjung Bersalaman di Hari Pertama Masuk Kerja

Usai Libur Lebaran, ASN Sijunjung Bersalaman di Hari Pertama Masuk Kerja

SIJUNJUNG - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idulfitri 1440 H / 2019 M, apel organik yang dilaksanakan di...

Tiket Kereta dari Stasiun Merak Habis, Ratusan Calon Penumpang Terlantar

Tiket Kereta dari Stasiun Merak Habis, Ratusan Calon Penumpang Terlantar

NASIONAL - Tiket kereta api keberangkatan dari Stasiun Merak, Banten, habis, Sabtu (8/6/2019). Akibatnya ratusan calon...

Gelar Musda Luar Biasa, Koni Kota Sawahlunto Sepakati Hal Ini

Gelar Musda Luar Biasa, Koni Kota Sawahlunto Sepakati Hal Ini

SAWAHLUNTO - Rabu 12 juni 2019 Koni Sawahlunto melaksanakan Musyawarah Luar Biasa di ruang Cemara Hotel Ombilin kota...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media