Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Aster Panglima TNI: Tahun 2045 Penduduk Indonesia Akan Capai 450 Juta Jiwa

Selasa, 05 Maret 2019 - 08:40:22 WIB - 412
Aster Panglima TNI: Tahun 2045 Penduduk Indonesia Akan Capai 450 Juta Jiwa
Pemukulan Bedug tanda dimulainya pencanangan KB Kes Nasional di Kota Pariaman, Senin (4/3).


PARIAMAN - Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen. George E. Supit mengatakan kalau tidak dikendalikan laju pertumbuhan penduduk indonesia, maka akan meledak dan menurut prediksi tahun 2045 bisa mencapai 450 juta jiwa, hal ini disampaikannya ketika membuka Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2019 di Pantai Kata Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (4/03).

Apa akibatnya? Kata dia, rakyat indonesia akan menderita, kekurangan pangan, dan disalah satu pihak sumber energi di indonesia juga akan berkurang. Yang akan berdampak juga pada kemiskinan masyarakat.

Pencanangan KB Kes tahun ini, tempatnya ditentukan oleh BKKBN dan mengambil tempat di Sumbar khususnya Kota Pariaman.

"Kegiatan ini intinya membantu mencerdaskan anak bangsakitk itu tentang pendidikan remaja, kesehatan keluarga dan sangat banyak manfaat dari KB Kes ini," ucap George.

Sedangkan Sekretaris Utama BKKBN RI Nofrijal mengatakan, Sumbar telah mengalami kemajuan yang pesat dalam hal program KB Kes, apalagi setelah Gubernurnya punya komitmen yang kuat, bisa dibayangkan pada tahun 2007, sebagaimana progres untuk Sumbar pada saat itu punya TFM 3,1%

"Di 2012 turun menjadi 2,8% dan di 2017 mendekatai capaian nasional yakninya 2,5% ini merupakan suatu komitmen pemerintah daerah yang luar biasa dan patuh, ujarnya.

Iapun mengakui bahwa walikota pariaman Genius Umar, merupakan pemimpim yang energik berkomitmen betul supaya program KB Kes ini sukses di kota Tabuik.

"Oleh karena itu, permintaan beliau cepat direspon oleh Aster Panglima TNI dan alhamdulillah pada hari ini TMKK KB Kes bisa dilaksanakn di Kota ini," sebutnya.

Dan selanjutnya, Kota dan Kab. Pariaman memang menonjol dalam menjalankan program KB Pria, yang kita sebut Fasektomi atau sterilisasi

Jadi Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman melebihi rata-rata di Provinsi Sumbar, walaupun sebetulnya Sumatera Barat di atas rata-rata nasional juga dan program KB Kesnya lebih banyak didapatkan disini.

"Peran Babinsa dan Danramil sangat menonjol, dengan cara mengunjungi rumah ke rumah dalam rangka mencapai target yang dibebankan. Karena memang tidak mudah dalam memastikan atau meyakinkan keluarga dalam menjalankan program KB Kes ini," ujarnya.

Untuk program tahun 2020 kita investasi di generasi berencana karena remaja ini akan menjadi tulang punggung, penentu tidaknya bonus demografi, karena 70 juta penduduk indonesia itu berusia 10 s/d 24 tahun, lanjutnya

"Maka kita tidak hanya menghindarkan mereka dari bahaya laten reproduksi di usia anak-anak, seperti sex bebas, perilaku sex menyimpang karena itu merupakan musuh dalam bonus demografi," katanya.

Dia juga berharap pada Bupati dan Walikota bersama-sama dengan BKKBN melakukan upaya-upaya agar generasi muda kita siap menyongsong bonus demografi dengan keterampilan atau soft skill.

"Tahun ini kita targetkan 7 juta peserta KB baru, kemudian peserta KB aktif kita targetkan 65% hingga akhir tahun ini, karena kita mengacu pada RPJM 2015-2019," pungkasnya.

Sementara itu angka kelahiran kita 2,4% secara nasional, cuma untuk Sumbar lebih sedikit. Sedangkan lonjakan penduduk kita ketika tahun 2015-2016 1,8% per tahun mengalami penurunan dari tahun 2000-2010

Pada kesempatan yang sama Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, penyelenggaraan pengendalian kuantitas penduduk dilakukan melalui pelembagaan dan membudayakan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera yang dilakukan melalui Penyelenggaraan Keluarga Berencana,

"Pemerintah Kota Pariaman bersama Kodim 0308/Pariaman tetap mendukung dan komit untuk berupaya meningkatkan keberhasilan Program Keluarga Berencana dan Kesehatan melalui kebijakan dan penganggaran, sesuai dengan kemampuan daerah," sebutnya.

Oleh sebab itu lanjutnya, upaya-upaya Kodim 0308/Pariaman bersama Pemerintah Kota Pariaman dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam program Bakti Sosial TNI KB-Kes khususnya di wilayah Kota Pariaman alhamdulillah telah dapat berjalan dengan baik.

"Ini patut disyukuri, karena pada hakekatnya jika dilaksanakan dengan keterpaduan antara Babinsa, Penyuluh KB, Bidan dan Kader KB di Desa/Kelurahan, maka hasil yang diperoleh akan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan," ucapnya.

"Kita semua tentunya berharap, melalui Bakti Sosial TNI KB-Kes ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pemahamannya tentang keluarga berencana untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Program KB menawarkan kepada setiap keluarga untuk lebih realistis dalam merencanakan keluarga dan menentukan jumlah anak yang sesuai dengan kemampuan mereka," pungkasnya lagi.

Tetapi ulasnya, yang terpenting adalah sebagai persiapan menghadapi bonus demografi yang diperkirakan mencapai puncaknya pada tahun 2025 s/d 2045 mendatang. (War)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

ASN di Mentawai Minta Pindah, Bupati Minta Agar Mendedikasikan Diri Serta Loyal Terhadap Tugas

ASN di Mentawai Minta Pindah, Bupati Minta Agar Mendedikasikan Diri Serta Loyal Terhadap Tugas

MENTAWAI - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan...

Melanjutkan Studi di Timur Tengah, 241 Alumni MAN dan Ponpes se-Sumbar Ikuti Tes Kualifikasi Bahasa

Melanjutkan Studi di Timur Tengah, 241 Alumni MAN dan Ponpes se-Sumbar Ikuti Tes Kualifikasi Bahasa

PADANG - Alumni Madrasah Aliyah Negeri dan sederajat serta pondok pesantaren se Sumatra Barat, yang akan melanjutkan...

Wawako Pariaman Buka Secara Resmi Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan Pertama Tahun 2019

Wawako Pariaman Buka Secara Resmi Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan Pertama Tahun 2019

PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin membuka secara resmi Pelatihan Dasar bagi CPNS Golongan II...

Lepas Tim Jambore PKK ke Tanah Datar, Bupati Pasaman Sampiakan Hal Ini

Lepas Tim Jambore PKK ke Tanah Datar, Bupati Pasaman Sampiakan Hal Ini

PASAMAN -- Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama resmi melepas keberangkatan Tim Jambore PKK...

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

SOLOK SELATAN - Lebaran Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Solok Selatan, agak kurang bergairah, pasalnya sejak awal minggu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media