Friday, 22 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Sosialisasikan Pemilu 2019, KPU Pasaman Sasar Lapas Lubuk Sikaping

Rabu, 06 Maret 2019 - 21:46:47 WIB - 226
Sosialisasikan Pemilu 2019, KPU Pasaman Sasar Lapas Lubuk Sikaping
KPU Pasaman gelar Sosialisasi Pemilu 2019 di Lapas kelas II B Lubuk Sikaping, Rabu (6/3/2019).


PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman melakukan sosialisasi Pemilu tahun 2019 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Sikaping, Rabu (6/3/2019).

Kurang lebih 180 warga binaan Lapas yang terdiri dari 176 laki-laki dan 4 orang perempuan ikut hadir dan terlihat sangat antusias dalam sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Pasaman.

Koordinator Divisi SDM, Sosialisasi dan Pendidikan KPU Pasaman Eria Candra, menjelaskan bahwasannya sosialisasi tersebut adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. KPU Pasaman akan terus melakukan sosialisasi secara maksimal di semua lapisan masyarakat.

"Target partisipasi pemilih 85% di Pasaman harus maksimal kita upayakan, makanya sosialisasi akan terus gencar kita lakukan. Tidak hanya kepada masyarakat umum, tapi kepada warga binaan lapas juga penting," kata Eria.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut KPU Pasaman menjelaskan beberapa hal diantaranya terkait tanggal, hari dan waktu pelaksanaan serta tata cara pencoblosan, termasuk juga jenis surat suara yang diperoleh pemilih. Serta memberikan informasi mengenai calon Presiden Dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Anggota KPU Pasaman Eria Candra, juga menjelaskan pemilih di lapas ini sebahagian besar masuk dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan. Hal itu dikarenakan, warga binaan pada lapas yang umumnya bukan merupakan warga setempat dan surat suara yang diperoleh tergantung dari asal daerah domisili warga binaan.

"Tidak semua dapat surat suara, karena perolehan surat suara berbasis daerah pemilihan (dapil). Jadi tergantung asalnya dari mana, kalau warga binaan asal Medan misalnya, itu hanya dapat satu surat suara yakni surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden saja," paparnya.

Salah seorang warga binaan, Jefri (23) asal Kecamatan Rao mengaku cukup senang dan antusias akan kedatangan KPU Pasaman perihal Sosialisasi Pemilu Tahun 2019.

"Kami Warga Binaan Lapas Lubuk Sikaping sangat gembira dengan sosialisasi ini, karena kami dapat mengetahui tata cara pencoblosan serta hal penting lainnya tentang Pemilu 17 April 2019 mendatang," ujar Jefri kepada Minangkabaunews (6/3).

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Taufiq juga mengatakan meski sebagai penghuni Lapas, mereka juga berhak menggunakan hak pilih karena masih dijamin oleh konstitusi, dan turut ambil andil dalam peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 nanti.

"Sosialisasi ini sangatlah penting untuk warga binaan Lapas IIA Lubuk Sikaping, agar semua segmen masyarakat mendapatkan informasi yang cukup tentang pemilu," pungkas Taufiq. (M. Afrizal)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Silaturrahmi Dengan Kader Demokrat dan Masyarakat, AHY Sampaikan Hal Ini di Tanah Datar

Silaturrahmi Dengan Kader Demokrat dan Masyarakat, AHY Sampaikan Hal Ini di Tanah Datar

TANAH DATAR - Dalam kunjunganya ke Sumatera Barat, Agus Harimurti Yudhoyono bersilaturahmi dengan kader partai Demokrat...

Strategi Ekonomi Dalam Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan

Strategi Ekonomi Dalam Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan

OPINI - Miris memang, ketika melihat kondisi perekonomian sekarang dan mendengar informasi fenomena pengangguran dan...

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Semakin Dekat, Bawaslu Mentawai Terus Tingkatkan Pangawasan

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Semakin Dekat, Bawaslu Mentawai Terus Tingkatkan Pangawasan

MENTAWAI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pileg...

Pos Jaga Dibakar Orang Tak Dikenal, Kasat Pol PP Padang Meradang

Pos Jaga Dibakar Orang Tak Dikenal, Kasat Pol PP Padang Meradang

PADANG - Posko pengamanan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang, yang berada di kawasan Bukit Lampu, Kecamatan, lubuk...

Team Wasev PJO Tinjau Pembangunan TMMD ke - 104 Tahun 2019 Kodim 0319 Mentawai

Team Wasev PJO Tinjau Pembangunan TMMD ke - 104 Tahun 2019 Kodim 0319 Mentawai

MENTAWAI - Team Pengawas dan Evaluasi (Team Wasev) Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD ke - 104 tahun 2019, dari Staf...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media