Thursday, 18 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Jelang 17 April 2019, Bawaslu Kota Bukittinggi Berikan Sosiliasasi Kepada Pemuka Agama Islam

Kamis, 07 Maret 2019 - 19:39:10 WIB - 475
Jelang 17 April 2019, Bawaslu Kota Bukittinggi Berikan Sosiliasasi Kepada Pemuka Agama Islam
Journalist MinangkabauNews.com ketika mewawancarai ketua Bawaslu disela sela acara


BUKITTINGGI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bukittinggi menggelar kegiatan sosialisasi fasilitasi, dokumentasi, dan dokumentasi pengawasan Pemilu 2019 kepada puluhan pemuka agama Islam yang dihadiri unsur Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bukittinggi, Himpunan Dai, Ikadi Kota Bukittinggi, Mubaligh, BKMT Kota Bukittinggi, bertempat di Campago Resort Hotel, Kamis (7/3/2019).

Ketua Bawaslu Kota Bukittinggi, Ruzi Haryadi mengatakan kepada MinangkabauNews.com, kegiatan ini ditunjukan untuk meningkatkan peran ulama dan tanggung jawab Dai juga Mubaligh sebagai agen sosialisasi dalam pencegahan pelanggaran pemilu sehingga terwujud pemilu yang aman, jujur dan adil.

"Dasar dari kegiatan ini bahwa para Dai. Ustad, Mubaligh aktif melakukan kegiatan dakwah baik di Masjid dan Musholla sebagai penceramah atau khatib dalam memberikan tausyiah, khutbah kepada umat. agar tidak menggunakan sarana peribadatan untuk berkampanye, sesuai undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017, pasal 280 ayat 1 huruf a," ucap Ruzi Haryadi.

Selanjutnya dikatakan Ruzi, keberadaan Dai dan Mubaligh saat ini tercatat ada beberapa orang sebagai calon anggota legislatif, termasuk tergabung dalam tim suskes calon presiden dan wakil presiden, Bawaslu Kota Bukittinggi melakukan pencermatan untuk mengawasi berpotensi terjadinya indikasi pelanggaran pemilu, ketika berdakwah, berceramah di tempat sarana ibadah keluar pernyataan dari materi dakwah itu menjurus ke arah kampanye.

"Bawaslu ingin mencegah sedini mungkin, penyampaian dakwah di Masjid atau Musholla yang mengandung unsur kampanye, agar Dai dan Mubaligh kita ini terhindar dari sanksi yang diatur oleh undang-undang," imbuh ketua Bawaslu Kota Bukittinggi

Sanksi berkampanye di sarana peribadatan sama halnya ketika ditemukan pelanggaran pemilu pada kampanye lainnya seperti money politik, yakni sanksi pidana yang tertuang pada pasal 520 UU No. 7 Tahun 2017, lanjutnya.

"Agar tidak terjerat hukum, Bawaslu Kota Bukittinggi meinginkan seluruh Dai dan Mubaligh memahami adanya regulasi yang mengatur larangan berkampanye di tempat ibadah, informasi yang diperoleh itu tentu semestinya dapat diterapkan di lapangan," katanya.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bukittinggi, DR Aidil Alvin menyebutkan, Bawaslu berkoordinasi dengan MUI untuk menghadirkan para ustadz dan ustadzah, dari berbagai organisasi para ulama dan penceramah.

Menurutnya, kegiatan sosialiasi ini positif diikuti para Dai dan Mubaligh sebagai peningkatan kompetensi diri dibidang ilmu berdemokrasi, saat ini nuansa kampanye terjadi dimana-mana, sehingga jangan sampai Dai dan Mubaligh ketika berceramah ikut berkampanye, baik terhadap aksi dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

"Jangan sampai para dai dan mubaligh ketika berceramah atau berkothbah salah melangkah, ulama merupakan ujung tombak dakwah ditengah umat, harus dipahami dan diterapkan undang-undang kepemiluan. Apalagi ada sanksi pidana, kurungan penjara dan denda, jika terbukti melakukan pelanggaran," ujarnya.

Kegiatan Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi pengawasan pemilu 2019 ini menjadi tekad bagi para ulama, Dai dan Mubaligh mendapatkan batasan terhadap tindakan yang diperbolehkan dan dilarang untuk kesuksesan pesta demokrasi seraya meningkatkan marwah dakwah yang berperan mewujudkan pemilu yang aman, jujur dan adil, pungkas Aidil Alvin. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Gelar Bimbingan Teknis PTPS, Ketua Panwascam Sipora Utara Mentawai Sampaikan Hal Ini

Gelar Bimbingan Teknis PTPS, Ketua Panwascam Sipora Utara Mentawai Sampaikan Hal Ini

MENTAWAI - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Kecamatan Sipora Utara lakukan Pelatihan dan Bimbingan Teknis...

Atlit Paralimpyc Kota Bukittinggi Bawa Pulang 11 Medali

Atlit Paralimpyc Kota Bukittinggi Bawa Pulang 11 Medali

BUKITTINGGI - Pekan Olahraga Paralimpyc Daerah (Peparda) Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang setara dengan Porprov,...

Tabrak Kerbau, Pengendara Motor di Pasaman Meregang Nyawa

Tabrak Kerbau, Pengendara Motor di Pasaman Meregang Nyawa

PASAMAN -- Seorang warga Nagari Binjai Kabupaten Pasaman, meregang nyawa akibat menabrak seekor Kerbau saat melintas...

Satpol PP Padang Turunkan Ratusan APK yang Melanggar

Satpol PP Padang Turunkan Ratusan APK yang Melanggar

PADANG -- Sepertinya tim dari parpol (partai politik) atau caleg masing-masing menggap pemasangan spanduk atau poster...

Demi Mencapai Cita-ciat dan Tujuan Bangsa, SEMMI Menyatakan Sikap Mengawasi Proses Demokrasi

Demi Mencapai Cita-ciat dan Tujuan Bangsa, SEMMI Menyatakan Sikap Mengawasi Proses Demokrasi

AGAM - Hanya tinggal hitungan jam lagi, Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi. Oleh sebab itu Serikat Mahasiswa...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media