Thursday, 18 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Tingkatkan Kapasitas, PMI Kota Bukittinggi Gelar Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama

Selasa, 12 Maret 2019 - 00:48:48 WIB - 505
Tingkatkan Kapasitas, PMI Kota Bukittinggi Gelar Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama
Foto bersama Dewan Kehormatan, ketua dan pengurus, kepala staf serta peserta pelatihan


BUKITTINGGI - Musibah bencana tidak dapat diprediksi kapan datangnya, hanya Allah yang berkuasa yang mengetahuinya. Untuk lebih mematangkan relawan dalam membantu perolongan pertama pada suatu musibah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menggelar pelatihan spesialisasi pertolongan pertama dimulai dari tanggal 11 hingga 16 maret 2019 berlangsung di hotel Campago Resort.

Pelatihan ini diikuti puluhan relawan PMI dalam dan luar Kota Bukittinggi serta karyawan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, dan dibuka dewan Kehormatan Syafrudin Djas di hari pertama, Senin (11/3/2019), dihadiri Dewan Kehormatan, Ismet Amzis dan Syafrudin Djas, Ketua PMI Kota Bukittinggi Chairunnas serta pengurus dan seluruh staf markas PMI setempat.

Ismet Amzis dalam keterangannya mengatakan, PMI Kota Bukittinggi sangat luar biasa, seperti banyaknya kegiatan-kegiatan yang dilakukan, begitupun SDM nya seperti instruktur/pelatih yang sudah bersetifikat nasional.

Komitmen sungguh-sungguh relawan tanpa pamrih dalam membantu dan menolong sesama manusia yang mendapat musibah, dan sekaligus membantu program Pemerintah Kota, lanjutnya.

"Ini adalah kegiatan kemanusiaan, jika ini semuanya diserahkan kepada Pemerintah Kota mungkin tidak mampu, maka dengan adanya PMI, relawan langsung melakukan tindakan pertolongan pertama dalam suatu musibah," katanya.

PMI Kota Bukittinggi, tidak hanya terfokus di Kota Bukittinggi saja, tapi juga membantu menolong ke luar Kota Bukittinggi, sebab dalam pertolongan itu tidak mengenal batas, ucap Ismer Amzis.

Senada dengan itu, Syafrudin Djas merasa bersyukur dan berterima kasih, yang selama ini sudah ada perhatian, dari Penerintah Kota Bukittinggi, kedepannya dia berharap lebih lagi dari yang sekarang.

"Kita yakin Pemerintah Daerah sangat terbantu dengan adanya PMI, di bidang koordinasi dengan dinas-dinas yang terkait, seperti BPBD, DKK, Damkar, Dinas Sosial, itu semua hendaknya terjalin kerjasama, sehingga fungsi dan peran masing-masing bisa maksimal. Kita kuatir masing-masing lembaga itu mempunyai ego masing-masing, tapi ternyata tidak," katanya.

Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi.

"Yang kita kerjakan dalam pertolongan kemanusiaan diperhatikannya, Walikota Bukittinggi sebagai pelindung PMI, Alhamdulillah menyimak dan membantu menyalurkan dana hibah di tahun 2018, PMI Kota Bukittinggi paling tinggi mendapat cucuran dana hibah se Kabupaten Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat," tuturnya.

Disampaikan, itu perhatian yang sangat luar biasa dari Pemerintah Kota kepada PMI, di tahun 2019 PMI Kota Bukittinggi kembali mendapat bantuan dana sebesar Rp940 juta.

"Dalam penanggulangan bencana kita sudah siap. Tahun 2019 ini ada tiga pelatihan-pelatihan yang diadakan termasuk salah satunya spesialisasi pelatihan pertolongan pertama, tujuan diadakan pelatihan ini, karena relawan yang siap ada 20 orang lebih, sedangkan kita punya 3 unit armada ambulans dan 1 unit armada jenazah," katanya.

PMI Provinsi Sumatera Barat untuk tahun 2018 dan tahun 2019 ini tidak ada mengadakan pelatihan spesialisasi pertolongan pertama, maka dari itu PMI Kota Bukittinggi siap mengadakan kegiatan pelatihan ini. Pelatihan itupun diberikan oleh pelatih-pelatih yang sudah berpengalaman mempunyai sertifikat, pungkas Chairunnas.

Ketua pelaksana Donny Surya Lesmana mengatakan, peserta mendapatkan perlengkapan selama pelatihan dan lainnya, diharapkannya kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikutinya dengan baik.

"Karena pelatihan ini tindak lanjut dari pelatihan dasar pertolongan pertama sebelumnya, maka dari itu dinamakan spesiliasasi. Jadi ikutilah tersebut, ilmu yang diberikan pelatih harus benar-benar disimak," pungkas Donny. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wujudkan Kabupaten yang Agamis Sejahtera dan Berbudaya, Bupati Pasaman Lakukan Ini

Wujudkan Kabupaten yang Agamis Sejahtera dan Berbudaya, Bupati Pasaman Lakukan Ini

PASAMAN -- Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Pasaman yang Agamis Sejahtera dan Berbudaya, Bupati Pasaman melalui staf...

Walikota Padang Panjang: Anak-anak Merupakan Generasi Penerang Bagi Umat Muslim

Walikota Padang Panjang: Anak-anak Merupakan Generasi Penerang Bagi Umat Muslim

PADANG PANJANG - Bertemakan "Dengan Kompre Hafalan dan Wisuda Tahfizh, Kita Tumbuhkan Minat Menghafal Al Quran...

KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Adakan Rapat Pleno Terbuka Terkait Penetapan DPT HP 3

KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Adakan Rapat Pleno Terbuka Terkait Penetapan DPT HP 3

MENTAWAI - Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, lalukan rapat Pleno terbuka terkait Penetapan DPT...

Rangkul Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Pasaman Gelar Pentas Seni dan Lomba Jingle Pemilu

Rangkul Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Pasaman Gelar Pentas Seni dan Lomba Jingle Pemilu

PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman terus gencar Mensosialisasikan Pemilu Tahun 2019, termasuk...

Yayasan Al Aziz Akan Berangkatkan 40 Orang Untuk Umroh Akhir Tahun Ini

Yayasan Al Aziz Akan Berangkatkan 40 Orang Untuk Umroh Akhir Tahun Ini

PADANG PARIAMAN - Sebanyak 40 orang hasil MTQ ke-2 tingkat Kota dan Kabupaten Padang Pariaman yang diangkatkan oleh...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media