Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris

Selasa, 12 Maret 2019 - 03:00:36 WIB - 516
Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris
Bimtek Gerakan sadar wisata di hotel rangkayo basa senin (11/3)


PADANG -- Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata bagi 100 masyarakat penggiat pariwisata di Hotel Rang Kayo Basa, Padang, Senin, (11/3/2019).

Bimtek Gerakan sadar wisata tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan destinasi pariwisata

Anggota Komisi 5 DPRD Sumbar, Apris- mengatakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kota Padang ini diharapkan dapat memberikan dedikasi kepada masyarakat agar bisa memiliki jiwa kepariwisataan.

Menurutnya, gerakan sadar wisata diharapkan dapat menciptakan masyarakat destinasi pariwisata yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai-nilai sapta pesona: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

"Program sadar wisata ini perlu disupport oleh semua pihak, karena tanpa sadar wisata mustahil pariwisata suatu daerah itu akan berkembang dengan baik," ujarnya.

"Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat yang dekat destinasi wisata. Agar, mereka bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Juga, berperan aktif dalam menciptakan iklim pariwisata yang kondusif," tandasnya.

Apris yang juga politisi Nasdem ini menjelaskan, terdapat tujuh unsur yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan punya kenangan.

"Jika objek wisata memiliki semua unsur Sapta Pesona, wisatawan akan ramai dan mereka akan kembali lagi. Maka kita ingin menerapkan kembali Sapta Pesona kepada para pegiat pariwisata di daerahnya masing-masing," ujarnya.

DPRD Sumbar melalui komisi 5 telah menganggarkan bimtek sadar wisata sebanyak 200 juta pada 2017 lalu, tahun 2018 telah dianggarkan Rp300 juta sedangkan tahun 2019 sebanyak Rp570 juta

Hasil konsensus Gubernur dan DPRD Sumbar, bahwa pariwisata Sumbar yang mengakomodir filosofi ABS-SBK.

Tambahnya, mulai turun dari pesawat sudah ada nuansa nilai religius. Di jalan-jalan dipasang plank asmaul husna dan himbauan ajakan bernuansa religius dan menjauhi perbuatan menyimpang.

Sedangkan di Restauran harga-harganya jelas, cara berpakaian yang islami. Fasilitas menginap dihotel dan tidak ada pergaulan bebas.

Kadis Pariwisata Sumbar yang diwakili kabid Pengembangan Destinasi Asistasia mengucapkan terima kepada komisi 5 DPRD Provinsi Sumbar.

Menurutnya, Potensi wisata halal di Sumbar sangat menjanjikan yakni Destinasi Wisata Halal Terbaik di Sumatera Barat dan Destinasi Kuliner Terbaik Sumatera Barat dan Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik Ero Tour (Sumatera Barat).

Untuk Setifikasi halal, lanjutnya, Dinas Pariwisata memberika subsidi Rp2juta Produk kita sebaiknya ada sertifikasi.

"Ancaman Mega thrust bukan untuk ditakuti, melainkan upaya mitigasi bencana di daerah bencana," tuturnya.

Rinto Taufik Simbolon (Analis Fungsional Asisten Deputi (ASDEP) Pengembangan Masyarakat Parawisata Kemenpar mengatakan, parawisata pada saat ini sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat secara umum. Pemerintah sudah melakukan upaya mendorong investasi di bidang parawisata dan meningkatkan pembamgunan objek wisata dan sarana prasarana.

Menurutnya, Bimtek Gerakan Sadar Wisata ini sangat penting dilakukan untuk masyarakat. Sebab dukungan penuh dan partisipasi masyarakat juga sangat mempengaruhi kemajuan suatu daerah wisata.

"Gerakan Sadar Wisata sangat penting dilakukan kepada masyarakat. Karena masyarakat adalah mitra di bidang parawisata," tutupnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempercepat pelayanan pendidikan bagi anak-anak perantau...

Forkopimca Gunung Tuleh Bantu Masyarakat Kurang Mampu Lewat Kegiatan Jumat Keliling

Forkopimca Gunung Tuleh Bantu Masyarakat Kurang Mampu Lewat Kegiatan Jumat Keliling

PASAMAN BARAT - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Gunung Tuleh bekerja sama dengan Pemerintah Nagari dan...

Menunjang Pelayanan Pencarian dan Pertolongan, Gedung Basarnas Mentawai Dibangun

Menunjang Pelayanan Pencarian dan Pertolongan, Gedung Basarnas Mentawai Dibangun

MENTAWAI - Untuk menunjang pelayanan Pencarian dan Pertolongan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten Kepulauan...

Dua Kapolsek dan Satu Kabag Polres Arosuka Dimutasi,Kapolres: Mutasi Bukan Berarti Berhenti Berkarir

Dua Kapolsek dan Satu Kabag Polres Arosuka Dimutasi,Kapolres: Mutasi Bukan Berarti Berhenti Berkarir

SOLOK - Kapolres Arosuka, Kabupaten Solok, AKBP Ferry Iriawan, SIK, melakukan mutasi dua Kapolsek dan satu Kabag Sumda...

Mandi Malam Antara Ilmiah dan Mitos

Mandi Malam Antara Ilmiah dan Mitos

KESEHATAN -- Banyak orang yang mempercayai terkait mitos mandi malam, meskipun belum ada fakta ilmiah mengenai hal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media