Wednesday, 15 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris

Selasa, 12 Maret 2019 - 03:00:36 WIB - 659
Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris
Bimtek Gerakan sadar wisata di hotel rangkayo basa senin (11/3)


PADANG -- Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata bagi 100 masyarakat penggiat pariwisata di Hotel Rang Kayo Basa, Padang, Senin, (11/3/2019).

Bimtek Gerakan sadar wisata tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan destinasi pariwisata

Anggota Komisi 5 DPRD Sumbar, Apris- mengatakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kota Padang ini diharapkan dapat memberikan dedikasi kepada masyarakat agar bisa memiliki jiwa kepariwisataan.

Menurutnya, gerakan sadar wisata diharapkan dapat menciptakan masyarakat destinasi pariwisata yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai-nilai sapta pesona: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

"Program sadar wisata ini perlu disupport oleh semua pihak, karena tanpa sadar wisata mustahil pariwisata suatu daerah itu akan berkembang dengan baik," ujarnya.

"Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat yang dekat destinasi wisata. Agar, mereka bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Juga, berperan aktif dalam menciptakan iklim pariwisata yang kondusif," tandasnya.

Apris yang juga politisi Nasdem ini menjelaskan, terdapat tujuh unsur yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan punya kenangan.

"Jika objek wisata memiliki semua unsur Sapta Pesona, wisatawan akan ramai dan mereka akan kembali lagi. Maka kita ingin menerapkan kembali Sapta Pesona kepada para pegiat pariwisata di daerahnya masing-masing," ujarnya.

DPRD Sumbar melalui komisi 5 telah menganggarkan bimtek sadar wisata sebanyak 200 juta pada 2017 lalu, tahun 2018 telah dianggarkan Rp300 juta sedangkan tahun 2019 sebanyak Rp570 juta

Hasil konsensus Gubernur dan DPRD Sumbar, bahwa pariwisata Sumbar yang mengakomodir filosofi ABS-SBK.

Tambahnya, mulai turun dari pesawat sudah ada nuansa nilai religius. Di jalan-jalan dipasang plank asmaul husna dan himbauan ajakan bernuansa religius dan menjauhi perbuatan menyimpang.

Sedangkan di Restauran harga-harganya jelas, cara berpakaian yang islami. Fasilitas menginap dihotel dan tidak ada pergaulan bebas.

Kadis Pariwisata Sumbar yang diwakili kabid Pengembangan Destinasi Asistasia mengucapkan terima kepada komisi 5 DPRD Provinsi Sumbar.

Menurutnya, Potensi wisata halal di Sumbar sangat menjanjikan yakni Destinasi Wisata Halal Terbaik di Sumatera Barat dan Destinasi Kuliner Terbaik Sumatera Barat dan Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik Ero Tour (Sumatera Barat).

Untuk Setifikasi halal, lanjutnya, Dinas Pariwisata memberika subsidi Rp2juta Produk kita sebaiknya ada sertifikasi.

"Ancaman Mega thrust bukan untuk ditakuti, melainkan upaya mitigasi bencana di daerah bencana," tuturnya.

Rinto Taufik Simbolon (Analis Fungsional Asisten Deputi (ASDEP) Pengembangan Masyarakat Parawisata Kemenpar mengatakan, parawisata pada saat ini sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat secara umum. Pemerintah sudah melakukan upaya mendorong investasi di bidang parawisata dan meningkatkan pembamgunan objek wisata dan sarana prasarana.

Menurutnya, Bimtek Gerakan Sadar Wisata ini sangat penting dilakukan untuk masyarakat. Sebab dukungan penuh dan partisipasi masyarakat juga sangat mempengaruhi kemajuan suatu daerah wisata.

"Gerakan Sadar Wisata sangat penting dilakukan kepada masyarakat. Karena masyarakat adalah mitra di bidang parawisata," tutupnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Koreksi Data Corona Sumbar: Positif Covid-19 792 Menjadi 791 Orang, 661 Sembuh

Koreksi Data Corona Sumbar: Positif Covid-19 792 Menjadi 791 Orang, 661 Sembuh

PADANG -- Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Sumbar memperbaharui data jumlah...

KPAI: Stop Penyalahgunaan Anak dalam Kegiatan Politik dan Demonstrasi yang Membahayakan

KPAI: Stop Penyalahgunaan Anak dalam Kegiatan Politik dan Demonstrasi yang Membahayakan

JAKARTA -- Kemerdekaan Setiap Orang termasuk anak-anak dalam menyampaikan pendapat didepan Umum diakui dan dijamin oleh...

Bikin Geger Dunia, Kapal Perang Sangar Rusia yang Membuat Amerika Ciut Tiba-tiba Muncul

Bikin Geger Dunia, Kapal Perang Sangar Rusia yang Membuat Amerika Ciut Tiba-tiba Muncul

INTERNASIONAL - Armada Utara Angkatan Laut Rusia baru-baru ini kembali membuat geger dunia. Armada tempur Rusia telah...

KPU Pessel Prediksi Jumlah Pemilih Bertambah 10 Persen Pilkada Tahun ini

KPU Pessel Prediksi Jumlah Pemilih Bertambah 10 Persen Pilkada Tahun ini

PESISIR SELATAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat memproyeksi...

Bunuh Jenderal Perang Iran dengan Drone, Amerika Bakal Terima Sanksi Ini dari PBB

Bunuh Jenderal Perang Iran dengan Drone, Amerika Bakal Terima Sanksi Ini dari PBB

INTERNASIONAL - Kasus pembunuhan Komandan Perang Pengawal Revolusi Iran (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani yang diduga...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu