Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT

Selasa, 12 Maret 2019 - 06:21:58 WIB - 681
Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT
Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, Asril, SE


BUKITTINGGI - Dalam dinamika pembangunan internasional maupun nasional bahwa dalam sistim tata kelola ada perkembangan-perkembangan, dimana pembangunan non fisik pada saat sekarang, ada sistim yang namanya Green City. Solutions, Efficient IT and Telecoms, ini adalah tata kelola Pemerintahan yang berkelanjutan.

"Artinya kita memandang, tidak hanya pembangunan saat sekarang, tapi pembangunan dalam jangka panjang, kita mengantisipasi jangan sampai terjadi kegagalan-kegagalan khususnya mata rantai dalam sistim pembangunan," kata Asril, SE Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, Selasa (12/3/19).

Disampaikan, pada prinsipnya green city itu adalah aman, nyaman dan tenteram, pengertian green itu diaplikasikan dalam semua bidang.

"Sebagai salah satu contoh bahwa untuk transportasi kita harus punya sistim yang namanya green transportation, bagaimana caranya kita mengolah sistim transportasi di Kota Bukittinggi yang aman, nyaman dan tenteram," katanya.

Begitu juga dengan yang lainnya, seperti di bidang pendidikan (green education), di bidang lingkungan (green life), di bidang kesehatan (green health), di bidang energy (green energy), di bidang pembangunan (green building), kita menciptakan sistim-sistim itu yang tentunya semua konsep-konsep green ini berbasiskan tehnologi IT, ujar Asril.

Lanjut Asril, dengan melihat banyaknya persoalan-persoalan yang muncul ketika menjalani kehidupan dengan sistim pembangunan yang ada sekarang, sebagai salah satu contoh di bidang lingkungan hidup (green life).

"Adanya masyarakat yang tidak tertib dalam membuang sampah, kita tidak menginginkan berkelanjutan menjadi semakin parah nantinya, maka dari itu kita perlu membuat tata kelola Pemerintahan yang baik tentang lingkungan. Termasuk juga masalah bangunan (green building), dengan memaksimalkan yang ada di lingkungan, ini adalah bukan kebutuhan hari ini, tapi kebutuhan untuk jangka panjang, semuanya menjadi berkelanjutan dan berkesinambungan," sebutnya.

Pembangunan berbasis tehnologi IT, Pemerintah Daerah tidak bisa menghindar, jika sekiranya Pemerintah Daerah tidak mau melaksanakan tata kelola berbasis tehnologi IT, maka daerah kita akan ketinggalan dengan daerah lain, jadi harus mengikuti alur, ini dinamika yang harus kita ikuti untuk bagaimana kita memberikan pelayanan-pelayanan maksimal kepada masyarakat yang berkelanjutan.

Asril, SE berkonsentrasi di bidang tehnologi informasi dan pernah menuntut ilmu database, dengan mendalami tentang apa yang dimaksud dengan Smart City, setelah di kaji dan di eksplor, ternyata tehnologi smart city dengan green city adalah satu kesatuan dan satu tujuan, arah daripada sistim tata kelola smart city atau green city melingkupi semua bidang urusan di Pemerintahan, sehingga perlu kita memaksimalkan pemanfaatan tehnologi untuk mengatasi persoalan-persoalan yang ada di dunia ini, pungkas Asril. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sumbar Bersiap Buka Destinasi Wisata di Era New Normal

Sumbar Bersiap Buka Destinasi Wisata di Era New Normal

PADANG -- Gubernur bersama kepala daerah se-Sumbar berencana seluruh obyek wisata, namun sebelum membuka objek wisata...

Lipan DPW Provinsi Riau Pertanyakan Status Bangunan Lantai II UPZ Ibadurrahman

Lipan DPW Provinsi Riau Pertanyakan Status Bangunan Lantai II UPZ Ibadurrahman

RANTAU -- Bangunan lantai II milik dari UPZ Ibadurrahman berada di Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Riau...

Tinjau Penerapan New Normal di Bukittinggi, Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno

Tinjau Penerapan New Normal di Bukittinggi, Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno

BUKITTINGGI -- Beberapa hari belakangan ini, Kota Bukittinggi telah keluar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Guspardi Gaus Minta Pemprov Sumbar dan Polisi Usut Tuntas Aplikasi Injil Bahasa Minang di Playstore

Guspardi Gaus Minta Pemprov Sumbar dan Polisi Usut Tuntas Aplikasi Injil Bahasa Minang di Playstore

PADANG -- Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus merasa tersentak dan menyampaikan rasa keprihatinan serta...

Kabar Gembira, Tak Perlu Menunggu Lama Vaksin Covid-19 Siap Digunakan Akhir Oktober Ini

Kabar Gembira, Tak Perlu Menunggu Lama Vaksin Covid-19 Siap Digunakan Akhir Oktober Ini

INTERNASIONAL - Kompetisi untuk menemukan vaksin yang efektif untuk melawan virus corona atau COVID-19, semakin kuat...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu