Thursday, 19 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT

Selasa, 12 Maret 2019 - 06:21:58 WIB - 551
Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT
Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, Asril, SE


BUKITTINGGI - Dalam dinamika pembangunan internasional maupun nasional bahwa dalam sistim tata kelola ada perkembangan-perkembangan, dimana pembangunan non fisik pada saat sekarang, ada sistim yang namanya Green City. Solutions, Efficient IT and Telecoms, ini adalah tata kelola Pemerintahan yang berkelanjutan.

"Artinya kita memandang, tidak hanya pembangunan saat sekarang, tapi pembangunan dalam jangka panjang, kita mengantisipasi jangan sampai terjadi kegagalan-kegagalan khususnya mata rantai dalam sistim pembangunan," kata Asril, SE Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, Selasa (12/3/19).

Disampaikan, pada prinsipnya green city itu adalah aman, nyaman dan tenteram, pengertian green itu diaplikasikan dalam semua bidang.

"Sebagai salah satu contoh bahwa untuk transportasi kita harus punya sistim yang namanya green transportation, bagaimana caranya kita mengolah sistim transportasi di Kota Bukittinggi yang aman, nyaman dan tenteram," katanya.

Begitu juga dengan yang lainnya, seperti di bidang pendidikan (green education), di bidang lingkungan (green life), di bidang kesehatan (green health), di bidang energy (green energy), di bidang pembangunan (green building), kita menciptakan sistim-sistim itu yang tentunya semua konsep-konsep green ini berbasiskan tehnologi IT, ujar Asril.

Lanjut Asril, dengan melihat banyaknya persoalan-persoalan yang muncul ketika menjalani kehidupan dengan sistim pembangunan yang ada sekarang, sebagai salah satu contoh di bidang lingkungan hidup (green life).

"Adanya masyarakat yang tidak tertib dalam membuang sampah, kita tidak menginginkan berkelanjutan menjadi semakin parah nantinya, maka dari itu kita perlu membuat tata kelola Pemerintahan yang baik tentang lingkungan. Termasuk juga masalah bangunan (green building), dengan memaksimalkan yang ada di lingkungan, ini adalah bukan kebutuhan hari ini, tapi kebutuhan untuk jangka panjang, semuanya menjadi berkelanjutan dan berkesinambungan," sebutnya.

Pembangunan berbasis tehnologi IT, Pemerintah Daerah tidak bisa menghindar, jika sekiranya Pemerintah Daerah tidak mau melaksanakan tata kelola berbasis tehnologi IT, maka daerah kita akan ketinggalan dengan daerah lain, jadi harus mengikuti alur, ini dinamika yang harus kita ikuti untuk bagaimana kita memberikan pelayanan-pelayanan maksimal kepada masyarakat yang berkelanjutan.

Asril, SE berkonsentrasi di bidang tehnologi informasi dan pernah menuntut ilmu database, dengan mendalami tentang apa yang dimaksud dengan Smart City, setelah di kaji dan di eksplor, ternyata tehnologi smart city dengan green city adalah satu kesatuan dan satu tujuan, arah daripada sistim tata kelola smart city atau green city melingkupi semua bidang urusan di Pemerintahan, sehingga perlu kita memaksimalkan pemanfaatan tehnologi untuk mengatasi persoalan-persoalan yang ada di dunia ini, pungkas Asril. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata

Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata

PADANG -- Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar pelatihan sadar wisata bagi 100 warga dan kelompok sadar wisata...

Ormas Makassar Apel Kebangsaan, Ini 7 Poin Deklarasi Damai untuk Papua

Ormas Makassar Apel Kebangsaan, Ini 7 Poin Deklarasi Damai untuk Papua

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar bersama elemen masyarakat, menggelar Apel Kebangsaan. Apel kebangsaan diadakan...

Karhutla di Riau, Relawan ACT dan Damkar Turun Padamkan Api

Karhutla di Riau, Relawan ACT dan Damkar Turun Padamkan Api

PEKANBARU -- Kabut asap pekat masih menyelimuti Kabupaten Bengkalis, Riau. Akibatnya kabut asap mengganggu aktivitas...

Muswil IPM Sumbar ke-21 Ratusan Pelajar Muhammadiyah Akan Banjiri Solok

Muswil IPM Sumbar ke-21 Ratusan Pelajar Muhammadiyah Akan Banjiri Solok

PADANG -- Pimpinan Wilayah Pelajar Muhammadiyah (IPM) akan menggelar musyawarah wilayah ke-21 di Gedung Kubung Tigo...

Ternyata Ini Penyebab Terbakarnya Rumah Makan Pondok Kita di Pessel

Ternyata Ini Penyebab Terbakarnya Rumah Makan Pondok Kita di Pessel

PESISIR SELATAN - Kebakaran yang melanda Rumah Makan Pondok Kita, tepatnya di Jalan Lintas Padang-Painan, Kenagarian...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media