Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Ketua Kwartir Cabang 0308 Pasaman: Melalui Pramuka Ciptakan Generasi Bangsa yang Lebih Baik

Selasa, 12 Maret 2019 - 10:56:27 WIB - 361
Ketua Kwartir Cabang 0308 Pasaman: Melalui Pramuka Ciptakan Generasi Bangsa yang Lebih Baik
Mara Ondak, Ketua Kwartir Cabang 0308 Pasaman


PASAMAN - Pemerintah kabupaten Pasaman bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308/Pasaman mempunyai harapan besar kepada seluruh pembina pramuka di Pasaman agar dapat bersama-sama membina dan memumpuk karakter anak-anak bangsa dengan kegiatan Kepramukaan.

Hal tersebut disampaikan oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Mara Ondak selaku Ketua Kwartir Cabang 0308 Pasaman pada saat membuka Kursus Mahir Dasar Pembina (KMD Mandiri) se Kabupaten Pasaman Kwartir Cabang 0308/Pasaman bertempat di Aula Gedung Pertemuan UDKP Bonjol, Sabtu (9/3) kemarin.

Kegiatan KMD ini diikuti sebanyak 112 peserta yang berasal dari guru-guru SD, SLTP dan SLTA se Kabupaten Pasaman, dengan waktu pelatihan selama 72 jam mulai tanggal 9 Maret hingga 14 Maret 2019 ini.

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Pasaman selaku anggota Mabicab diwakili oleh Kapolsek Bonjol Iptu Edhie Tirto, Kepala Dinas Pendisikan dan Kebudayaan Pasaman, Asari selaku anggota Mabicab, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ricky Riswandi selaku Mabicab, Plt Kemenag Pasaman Edy Ridwan, para pelatih, pengurus Kwarcab 0308 Pasaman, Camat se Pasaman, serta peserta KMD se Kabupaten Pasaman.

Mara Ondak mengatakan, tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi generasi muda guna menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab sehingga dapat mengisi kemerdekaan dan membangun dunia yang lebih baik.

"Sebagai pembina pramuka kita harus berkomitmen, bersukarela untuk membangun citra kepramukaan di Pasaman agar semakin dikenal dan dicintai oleh generasi muda saat ini," kata Mara Ondak.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam kepramukaan proses pendidikan terjadi karena adanya pertemuan yang Interaktif, Komunikatif, yang digerakan oleh prinsip dasar melalui metode kepramukaan secara teratur, terarah, terencana serta berkesinambungan oleh peserta didik dengan dukungan pembina pramuka.

"Tanggung jawab pembina pramuka sangat berat karena menjadi panutan dan keteladanannya di tiru peserta didik. Untuk itu saya harapkan pembina pramuka ikhlas berbakti membina anak bangsa, berbudi luhur dan memberi kebajikan serta menepati janji satunya kata dan perbuatan," pintanya.

Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman, Nazri Chan dalam laporannya mengatakan, tujuan KMD adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan untuk membina satuan pramuka di gugus depan masing-masing serta memberikan pedoman dan acuan dalam melaksanakannya perannya dalam gerakan pramuka.

Perkembangan Gerakan Pramuka dari masa kemasa, kata dia selalu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal tersebut perlu diimbangi oleh peningkatan kualitas dan kapasitas para Pembina Pramuka yang dilakukan secara berkala.

Berlandaskan hal tersebut, maka Kwarcab 0308/Pasaman menyelenggarakan suatu kegiatan yang dengan tujuannya mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi pembina-pembina pramuka di sekolah-sekolah terpadu di seluruh daerah Kabupaten Pasaman dengan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Korp pelatih dalam kegiatan KMD ini berasal dari Korps Pelatih Kwarcab Pasaman, Padang, Padang Panjang dan Korps Pelatih Kwarda 03 Sumbar. (M. Afrizal)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Libur Lebaran, Taman Jam Gadang Jadi Tujuan Utama Wisatawan di Kota Bukittinggi

Libur Lebaran, Taman Jam Gadang Jadi Tujuan Utama Wisatawan di Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI - Kepala bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Disparpora Kota Bukittinggi, Suzi Yanti menjelaskan di Kota...

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

PESISIR SELATAN - Sebuah mobil Toyota Rush berwarna putih tercebur di sungai berada tepat di jalan Nagari Siguntur Tuo,...

Bupati Sidak, Kehadiran ASN di Solsel Memuaskan

Bupati Sidak, Kehadiran ASN di Solsel Memuaskan

SOLOK SELATAN - Hari pertama masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di...

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

PADANG PANJANG - Fadly Amran, BBA untuk membenahi Pasar Pusat Padang Panjang, beliau langsung turun kepasar dan melihat...

Wujudkan Agar Warga Kota Pariaman Lengkap Administrasi, Disdukcapil Cetak 15 Ribu KTA

Wujudkan Agar Warga Kota Pariaman Lengkap Administrasi, Disdukcapil Cetak 15 Ribu KTA

PARIAMAN - Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman siap melakukan perekaman dan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media