Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Fakultas Pariwisata UMSB Implementasikan Program Kerjasama Dua Kementrian

Selasa, 12 Maret 2019 - 12:39:38 WIB - 415
Fakultas Pariwisata UMSB Implementasikan Program Kerjasama Dua Kementrian
sosialisasi rencana pendampingan desa wisata di Kanagarian Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.


BUKITTINGGI - Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengadakan sosialisasi rencana pendampingan desa wisata di Kanagarian Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Selasa (5/3/2019) kemarin bertempat di Kantor Walinagari Lawang.

Kegiatan ini adalah dalam mengimplementasikan program kerjasama percepatan pendampingan desa wisata, yang mana Fakultas Pariwisata UMSB terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan program kerjasama ini dari Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dekan Fakultas pariwisata UMSB, Moch Abdi,SE,MM di ruang kerjanya, Selasa (12/3) kepada MinangkabauNews.com menjelaskan, pada kegiatan tersebut dihadiri Tim Fakultas Pariwisata UMSB terdiri dari Moch Abdi. SE.MM, Wina Asty. S.Pd. MM.Par, Rozi Yuliani. SST. Par.MM. Par. Winda Diana. SST.Par.M.Par dan Rika Adriani. SST.Par.M.Par. serta dari Pemerintahan Kabupaten Agam dihadiri oleh Camat Matur yang diwakili oleh Kasi Tapem Sukmarina. S.Pd, Walinagari Lawang Jamal Muchtar Dt. Rajo Lelo Ameh, Ketua Bamus Jamilus Dt. Rajo Panghulu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Abdul Rahman Dt. Rajo Lelo, Petugas Pendamping Desa Indra Noviardi. ST dan Ostia Maturin, beserta segenap elemen masyarakat dari berbagai kelembagaan yang ada di kanagarian Lawang.

Adapun program kegiatan pendampingan desa wisata oleh dua Kementerian bersama perguruan tinggi ini bertujuan agar terwujud percepatan perkembangan destinasi-destinasi baru di Indonesia yang berbasis kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat lokal. Dalam waktu dekat Tim Fakultas Pariwisata UMSB akan melakukan rapat koordinasi teknis dengan Walinagari guna mewujudkan rencana program pendampingan desa wisata di Kanagarian Lawang ini, ucap Moch.Abdi.

Sementara itu, Ketua Bamus Kanagarian Lawang Jamilus Dt. Rajo Panghulu dalam sambutannya mengatakan bahwa, sangat menyambut baik rencana Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat untuk menjadikan Nagari Lawang dalam program ini.

"Kami atas nama masyarakat nagari Lawang sangat menerima dengan tangan terbuka rencana pelaksanaan program ini, Semoga program peningkatan pariwisata ini dapat memberi manfaat bagi kemajuan masyarakat Lawang nantinya," katanya.

Camat Matur yang diwakili oleh Kasi Tapem Sukmarina, mengungkapkan atas nama Pemerintah Kecamatan Matur Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat kami mengucapkan terimakasih atas adanya program ini yang tentu dalam rangka pengembangan pariwisata di Kecamatan Matur khususnya dan Kabupaten Agam pada umumnya. Pemerintah Kecamatan Matur siap untuk bersinergi untuk suksesnya program ini. Semoga kedepan program kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk nagari Lawang, namun juga untuk pengembangan pariwisata di nagari-nagari lain yang ada di Kecamatan Matur.

Sedangkan Walinagari Lawang Jamal Muchtar Dt. Rajo Lelo Ameh mengajak masyarakat untuk mendukung program kegiatan ini. "Selama ini kita sudah merasakan dampak pariwisata terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, salah satu contoh dahulu dengan pekerjaan menggilang tebu kita tidak pernah membayangkan dengan di lihat oleh orang yang datang (wisatawan) akan mendatangkan penghasilan, kedepan tentu melalui program ini kita berharap akan terjadi lompatan-lompatan besar terhadap perkembangan nagari lawang sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat," katanya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,indonesia,pariwisata,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

KPU Gelar Rapat Pleno Penetapan Anggota DPRD Padang 2019-2024, Gerindra Raih Suara Terbanyak

KPU Gelar Rapat Pleno Penetapan Anggota DPRD Padang 2019-2024, Gerindra Raih Suara Terbanyak

PADANG -- Setelah menerima salinan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang memutuskan menolak gugatan hasil penghitungan...

Polres Mentawai Tertipkan Angkot yang Kelebihan Muatan

Polres Mentawai Tertipkan Angkot yang Kelebihan Muatan

MENTAWAI - Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terhadap angkutan umum (Angkut) yang over load (kelebihan...

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

LIMAPULUH KOTA - Pengerjaan proyek jembatan dan saluran drainase di tepi ruas jalan lintas negara Sumbar-Riau tepatnya...

Terbentuk 12 Juli 2019 Lalu, KDDS Adakan Aksi Donor Darah Perdana

Terbentuk 12 Juli 2019 Lalu, KDDS Adakan Aksi Donor Darah Perdana

PADANG ARO -- Komunitas Donor Darah Solok Selatan (KDDS), Sumatera Barat kumpulkan puluhan kantong darah di Taman Kota...

Ikhsanul Bahrein Kembali Terpilih Jadi Ketua BPC Gapensi Solok Selatan Untuk Periode 2019-2024

Ikhsanul Bahrein Kembali Terpilih Jadi Ketua BPC Gapensi Solok Selatan Untuk Periode 2019-2024

PADANG ARO -- Ikhsanul Bahrein, pimpinan perusahaan CV. Mutiara Selatan, didapuk menjadi Ketua BPC Gapensi Solok...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media