Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bola

Bekuk Klub Myanmar Shan United, Persija Raih Kemenangan Perdana di Piala AFC 2019

Selasa, 12 Maret 2019 - 12:58:13 WIB - 498
Bekuk Klub Myanmar Shan United, Persija Raih Kemenangan Perdana di Piala AFC 2019
Shan United vs Persija Jakarta (Foto: IG persijajkt)


BOLA - Poin penuh berhasil dipetik Persija Jakarta saat menghadapi klub papan atas Myanmar, Shan United di Thuwunna Stadium, Yangoon, dalam matchday 2 Grup G Piala AFC 2019, Selasa (12/3/2019). Sempat tertinggal lebih dulu, armada Macan Kemayoran mampu bangkit dan menang 3-1 atas tuan rumah.

Dalam laga ini, Persija masih belum diperkuat oleh striker andalannya, Marko Simic. Selain itu, pelatih Persija, Ivan Venkov Kolev, juga tak bisa menurunkan beberapa pemain utama yakni, Andritany Ardhiyasa, Ryuji Utomo, Novri Setiawan. Ketiga pemain tersebut tengah memenuhi panggilan Simon McMenemy untuk mengikuti sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Berstatus tim tamu, Persija justru mampu menggebrak pertahanan Shan United lebih dulu. Dua peluang tercipta di awal laga lewat Dany Saputra di menit 7, dan Heri Susanto menit 8. Sepakan Dany masih berhasil dipatahkan kiper Shan United, Myo Min Latt. Sementara bola sundulan Heri memanfaatkan umpan Steven Paulle, masih melambung.

Alih-alih mencuri gol lebih dulu, gawang Persija justru kebobolan di menit 14. Berawal dari skema serangan balik cepat yang dibangun Shan United, Zin Min Tun mampu melepaskan tembakan di sisi kanan pertahanan Persija. Bola sebenarnya bisa dihalau Paulle. Akan tetapi, halauan defender asal Prancis ini tak sempurna. Bola liar kemudian langsung disambar oleh gelandang Shan United asal Jepang, Reo Nakamura, tanpa bisa dihalau Shahar.

Tersengat dengan gol Nakamura, Persija mencoba merespons. Menit 26, Bruno Matos berhasil menerobos pertahanan Shan United dan melepaskan tembakan jarak dekat. Sayang, bola sepakan gelandang serang asal Brasil ini masih bersarang di sisi gawang. Tepatnya di menit 42, bruno kembali membuang peluang emas. Bola sepakan Bruno kali ini masih membentur mistar gawang.

Hingga pertandingan babak pertama usai, Persija sementara tertinggal 0-1 dari Shan United.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persija mendapat peluang emas saat wasit memberikan hadiah tendangan bebas di kotak penalti, menit 52. Berawal dari kesalahan Min Latt yang menangkap bola hasil backpass rekannya. Akan tetapi, peluang ini belum bisa dimaksimalkan lantaran tendangan Bruno masih membentur pagar hidup Shan United.

10 menit berselang, giliran Silvio Escobar yang mendapat peluang. Bomber asal Paraguay ini mampu menanduk bola hasil umpan sepak pojok Riko SImanjuntak. Akan tetapi, bola sundulan eks penyerang Perseru Serui ini masih belum menemui sasaran.

Gol yang ditunggu Persija akhirnya lahir di menit 66. Berawal dari umpan yang dilepaskan Heri dan diterima dengan baik oleh Bruno. Bruno kemudian mampu menaklukkan Min Latt usai situasi satu lawan satu dengan sang kiper lawan. Kedudukan imbang 1-1.

Persija nyaris berbalik unggul di menit 75. Menerima umpan lambung dari belakang, Heri yang berdiri di mulut gawang menembakkan bola dari jarak dekat. Akan tetapi, bola sepakan Heri masih mampu diblok Min Lattt.

Menit 77, Persija berbalik unggul. Memanfaatkan umpan sepak pojok Ismed Sofyan, Paulle yang berdiri tepat di depan gawang berhasil mencocor bola dengan keras. Min Latt gagal menghentikan laju bola sepakan Paulle, Shan United tertinggal.

Persija berhasil melebarkan jarak setelah Bruno mencetak gol keduanya di menit 83. Kali ini, Bruno yang berdiri bebas tanpa pengawalan berhasil menuntaskan umpan terobosan Rohit Chand. Sepakan placing Bruno membuat Min Latt harus memungut bola untuk ketiga kalinya dari dalam gawangnya sendiri.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Persija berhasil mengunci kemenangan 3-1 atas Shan United. Kemenangan ini jadi yang perdana dipetik Persija di ajang Piala AFC 2019, setelah hasil imbang di laga perdana kontra Becamex Binh Duong. Kemenangan juga mengantar Persija menduduki puncak klasemen sementara Grup G Piala AFC 2019 dengan poin 4.

Susunan Pemain:

Shan United: Myo Min Latt (gk); Htike Htike Aung, David Htan, Ye Min Thu, Hein Thiha Zaw, Yan Naing Oo, Reo Nakamura, Set Phyo Wai (Suan Lam Mang 73), Zin Min Tun, Maycon Rogerio, Hedipo Gustavo (Dway Ko Ko Chit 65).

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (gk); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Steven Paulle, Dany Saputra, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Sandi Sute 63), Bruno Matos, Riko Simanjuntak, Heri Susanto (Fitra Ridwan 88), Silvio Escobar (Bambang Pamungkas 90).

(vv)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/viva.co.id
Tag: bola,indonesia,internasional,nasional,sport

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bawaslu Limapuluh Kota Targetkan Peningkatan Kapasitas Pengawasan di Pilkada 2020

Bawaslu Limapuluh Kota Targetkan Peningkatan Kapasitas Pengawasan di Pilkada 2020

LIMAPULUH KOTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota berkomitmen bakal mengupayakan...

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

PARIAMAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman milik Pememerintah Provinsi Sumatera Barat tidak miliki Dokter Kulit...

Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Ditetapkan, PKS Tak Dapat Kursi Ketua Komisi

Alat Kelengkapan DPRD Sumbar Ditetapkan, PKS Tak Dapat Kursi Ketua Komisi

PADANG -- Sejumlah nama-nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat yang duduk di kursi pimpinan...

Gali Minat AMM, IMM Pasbar Gelar Turnamen Futsal, Catat Tanggalnya

Gali Minat AMM, IMM Pasbar Gelar Turnamen Futsal, Catat Tanggalnya

PASAMAN BARAT -- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Pasaman Barat menggelar Muhammadiyah Futsal Competition...

Dari 91 Peserta Secata PK yang Ikut Seleksi Tingkat Kodim 0319/ Mentawai, 20 Orang Dinyatakan Lulus

Dari 91 Peserta Secata PK yang Ikut Seleksi Tingkat Kodim 0319/ Mentawai, 20 Orang Dinyatakan Lulus

MENTAWAI - Melalui Sidang Parade Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karir (Secata PK) TNI AD gelombang II tahun 2019...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media