Tuesday, 18 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Tingkatkan Pelayanan Pariwisata, Puluhan Pokdarwis Se-Sumatera Barat Ikuti Workshop

Kamis, 14 Maret 2019 - 03:09:26 WIB - 370
Tingkatkan Pelayanan Pariwisata, Puluhan Pokdarwis Se-Sumatera Barat Ikuti Workshop
Peserta workshop foto bersama dengan Kementrian Pariwisata RI bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata,Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat


BUKITTINGGI - Kementrian Pariwisata RI melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan yang menunjang kepariwisataan di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Workshop Pembinaan Sadar Wisata tahun 2019 bertempat di Grand Bunda Hotel Kota Bukittinggi, selama dua hari, Rabu dan Kamis (13-14/3/2019).

Kegiatan dengan tema "Melalui pembinaan sadar wisata mari kita tingkatan mutu pelayanan pariwisata" ini diikuti sebanyak 50 orang peserta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kota se Sumatera Barat, dan dihadiri Ujang Sobari, SE.MM dari Kementrian Pariwisata RI, staf Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, unsur elemen pentahelix. Secara resmi Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Doni Hendra membuka acara ini.

Adapun sebagai pemateri workshop ini adalah dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Rina Fitriana, S.Pd, MM, serta dari Organisasi perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Barat yaitu dari KLH, BPBD dan dinas Pariwisata sendiri.

Doni Hendra dalam keterangannya seusai membuka acara mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan pelayanan pariwisata, karena dinas pariwisata Provinsi Sumatera Barat mengangap sadar wisata ini perlu ditingkatkan terus dan juga melibatkan selain masyarakat, dalam hal ini Pokdarwis serta OPD terkait.

Kebijakan Pengembangan pariwisata melalui sadar wisata, dalam paparan materinya dihadapan peserta, Doni menyampaikan mengenai siaga bencana terhadap pariwisata, dengan dasar bahwa bencana itu bukan untuk ditakuti, tapi bagaimana mengatisipasi, dicontohkannya masyarakat di tepi pantai jika terjadi bencana, begitupun hotel-hotel.

"Jadi dengan adanya pemahaman terhadap bencana tiba, di workshop inilah diberikan penjelasan-penjelasannya," ujar Doni.

Sinergitas OPD terkait sudah berjalan, lanjut Doni, tapi pihaknya lebih berusaha untuk meningkatkan lagi, dan berharap dengan adanya workshop ini, khususnya OPD terkait lebih bersemangat untuk membantu dinas pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan dinas pariwisata Kabupaten Kota, harap Doni.

Sedangkan Ujang Sobari dari Kementrian Pariwisata RI bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata menjelaskan workshop pembinaan sadar wisata, merupakan kegiatan dari Kementrian pariwisata yang dialihkan kepada Provinsi terutama dinas pariwisata. Ada dua khususnya yang terkait dengan pemberdayaan mayarakat, yaitu Workshop pembinaan sadar wisata dan infect pengelolaan homestay.

"Tujuan kegiatan ini adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada Pokdarwis dan SKPD sebagai pelaku kepariwisataan tidak hanya sebagai penonton, sebagaimana pentahelixnya daripada kepariwisataan, adalah masyarakat salahsatu bagian daripada pentahelix. Kesuksesan pariwisata ada lima unsur pentahelix, yaitu akademisi, Bisnis, Community, Government, Media atau seringkali disingkat menjadi ABCGM," katanya.

Ujang Sobari mengharapkan setelah seluruh peserta mengikuti workshop ini, nantinya masing-masing pokdarwis, mereka bisa menggerakkan atau mentrasferkan ilmu yang diberikan narasumber kepada masyarakat disektiarnya.

"Sehingga sebelum wisatawan yang akan tiba, kita harus mempersiapkan SDM nya dahulu, seperti menerima wisatawan dengan baik, karena masyarakat setempat sebagai tuan rumah yang baik, jadi akan mencerminkan 7 unsur sapta pesona," ijarnya.

Workshop ini diadakan Kota Bukittinggi merupakan pilihan dinas pariwisata Provinsi Suamtera Barat, Ujang Sobari sangat mendukung, karena Kota Bukittinggi merupakan salahsatu Kota yang memang sudah dikenal diseluruh Nusantara, di Kota inipun ada ikon yang luar biasa, yaitu Jam Gadang. Jam Gadang ini memiliki nilai sejarah, dan juga ada objek wisata Goa Jepang dan objek lainnya. Jadi wisatawan berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat kalau tidak singgah di Kota Bukittinggi, belum merasakan berwisata, pungkas Ujang Sobari. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wujudkan Agar Warga Kota Pariaman Lengkap Administrasi, Disdukcapil Cetak 15 Ribu KTA

Wujudkan Agar Warga Kota Pariaman Lengkap Administrasi, Disdukcapil Cetak 15 Ribu KTA

PARIAMAN - Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman siap melakukan perekaman dan...

Usai Lebaran Idul Fitri, Pemkab Mentawai Gelar Halal Bi Halal Bersama ASN

Usai Lebaran Idul Fitri, Pemkab Mentawai Gelar Halal Bi Halal Bersama ASN

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Halal bi Halal bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini

PADANG -- Pemerintah masih akan menggelar sidang isbat besok untuk menentukan 1 Syawal 1440 H atau Lebaran 2019 sore...

Unik, Salah Satu Puskesmas di Mentawai Bisa Berkolaborasi dengan Sikerei

Unik, Salah Satu Puskesmas di Mentawai Bisa Berkolaborasi dengan Sikerei

MENTAWAI - Dari 15 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, ada satu Puskesmas yang bisa berkolaborasi...

Meriahkan Lebaran, Dua Desa di Mukomuko Gelar Lomba Panjat Pinang

Meriahkan Lebaran, Dua Desa di Mukomuko Gelar Lomba Panjat Pinang

MUKOMUKO -- Masyarakat di Desa Sungai Rengas dan Desa Sungai Lintang, Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media