Friday, 22 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Ekonomi dan Politik

Kamis, 14 Maret 2019 - 03:42:23 WIB - 239
Ekonomi dan Politik
Ilustrasi (foto: dok, istimewa)


OPINI - Tidak lama lagi akan diselenggarakan Pemilu tepatnya pada tanggal 17 April 2019 serentak seluruh Indonesia. Adapun yang akan dipilih pada April mendatabg adalah Calon Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/KotaDPD/DPR RI.

Masyarakat pun antusias menyambut Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan serentak seluruh Indonesia dengan rasa senang dan gembira, kondisi tersebut semakin terasa setelah masyarakat menyaksikan debat kandidat antara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI Pasangan No urut 01 dan Pasangan No urut 02 yang diselenggarakan KPU RI dan disiarkan langsung oleh Stasiun Televisi Nasional dan Swasta.

Perang gagasan dan pemikiran pun terlihat di masing-masing calon presiden dan wakil presiden RI, baik itu pada debat pertama dan kedua. Perhatian Publik tertuju pada janji kampanye yang dilontarkan ke masyarakat. Janji Kampanye mereka sama halnya dengan calon legislatif dan calon perwakilan daerah, mereka melakukan janji kampanye di berbagai macam tempat yang bisa kita temukan lewat media sosial, spanduk dan baliho.

Saat ini strategi yang paling banyak untuk menyampaikan janji kampanye mereka ialah Dor to Dor ke rumah-rumah masyarakat, sesuai dengan daerah pemilihan mereka masing - masing.

Bertarung dalam politik tanpa menjatuhkan lawan sangatlah elok dan Indah dalam berdemokrasi. Namun di lapangan kita lihat bahwa peta politik semakin hari semakin panas, lembaga pengawas penyelenggara pemilu pun diharapkan agar lebih ekstra dalam mengawasi jalannya pemilu.

Sungguhpun demikian, ujung harapan dari semua ini adalah kembali kepada masyarakat yang akan memilih. Sebab jika kita lihat sekarang, masyarakat sudah cerdas dan pintar dalam menentukan sosok yang akan dipilihnya. Dan tidak tergoda dengan uang politik (Money Politik).

Tentang Ekonomi dan Politik maka Ekonomi berasal dari Bahasa Yunani yaitu "Oikos" yang berarti Aturan dan "Nomos" yang berarti rumah tangga. Sedangkan Politik yaitu "Polis" yang berarti Negara/Kota. Berdasarkan maknanya secara Empiris Ekonomi dan Politik tidaklah sama namun sangatlah berkaitan dan saling memengaruhi satu sama lain, tindakan Ekonomi tidak terlepas dari Politik.

Menurut pemikiran saya Berpolitik bukan hanya identik dengan politik praktis namun bisa di sebut dengan kebiasaan manusia sehari - hari dalam bersikap dan berinteraksi sosial sesama manusia. Secara gambaran umum Politik mempunyai aturan untuk mencapai (kekuasaan) demi kepentingan kelompok maupun pribadi dengan cara Power mereka masing-masing.

Para politisi untuk mencapai kekuasaan mereka selalu meyakinkan pemilih dengan cara menyampaikan ide dan gagasan tentang isu - isu ekonomi saat ini yang terutama adalah Mengurangi angka pengangguran, kemiskinan dan menurunkan harga bahan pokok di pasaran. Isu ekonomi senjata ampuh para politisi selalu di angkat di saat ketika mereka melakukan janji kampanye. apalagi kondisi ekonomi persaingan pasar global semakin sulit, dengan banyaknya bahan impor luar negeri masuk membanjiri Indonesia. yang bisa mengatasi masalah ini ialah para politisi pemegang kekuasaan yang nantinya terpilih menduduki kursi panas eksekutif maupun legislatif.

Oleh sebab itu ekonomi dan politik tak akan pernah terpisahkan sesuai apa yang saya sampaikan sebelumnya ibarat seperti pasangan abadi yang selalu hidup berdampingan. Negara Indonesia adalah negara berkembang dalam sistem berdemokrasi terbaik peringkat ke 3 dunia, maka harus di iringi juga dengan sistem ekonomi dan politik yang sehat dan baik tanpa adanya konflik, intrik, saling sikat. agar nantinya Indonesia akan maju sejajar dengan negara maju lainnya seperti, Negara Amerika, Jepang dan Perancis.

Penulis: Septria Rahmat Amin, SE, Ketua Lembaga Kajian Ekonomi Pasaman Barat dan Alumni STIE Pasaman Simpang Empat, Pasaman Barat.

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: ekonomi,indonesia,opini,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

TMMD ke 104 di Mentawai, TNI Bangun Jamban Untuk Warga Kurang Mampu

TMMD ke 104 di Mentawai, TNI Bangun Jamban Untuk Warga Kurang Mampu

MENTAWAI - Jainuddin berusia 67 tahun adalah salah satu keluarga kurang mampu, yang ada di Dusun Bukit Subur Desa Bukit...

Ribuan Eksponen Muhammadiyah-Aisyiyah se-Indonesia Siap Menangkan Prabowo Sandi

Ribuan Eksponen Muhammadiyah-Aisyiyah se-Indonesia Siap Menangkan Prabowo Sandi

JAKARTA -- Prabowo Subianto bersilaturrahim dengan seribuan orang eksponen aktifis dan tokoh Muhammadiyah-Aisyiyah...

Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT

Ketua Komisi II DPRD Kota Bukittinggi Rencanaan Green City Berbasis IT

BUKITTINGGI - Dalam dinamika pembangunan internasional maupun nasional bahwa dalam sistim tata kelola ada...

Acara Puncak Kegiatan MRSF Tahun 2019, Polres Mentawai Akan Gelar Berbagai Macam Kegiatan

Acara Puncak Kegiatan MRSF Tahun 2019, Polres Mentawai Akan Gelar Berbagai Macam Kegiatan

MENTAWAI - Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menggelar acara puncak kegiatan Millennial Road...

Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris

Hadiri Bimtek Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Asdep Kemenpar dan Legislator Apris

PADANG -- Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata bagi 100 masyarakat penggiat pariwisata di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media