Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Mentawai

Bupati Mentawai: Jika Ada Ibu Hamil yang Melakukan Persalinan Tanpa BPJS Harus Dilayani

Kamis, 14 Maret 2019 - 10:11:24 WIB - 3635
Bupati Mentawai: Jika Ada Ibu Hamil yang Melakukan Persalinan Tanpa BPJS Harus Dilayani
Foto bersama Bupati peserta Rakor Pelayanan Kesehatan di Aula Kantor Bupati Km 5 Sipora Tuapejat


MENTAWAI - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet beri arahan terhadap peserta Rapat Koordinasi Pelayanan Kesehatan di Aula Kantor Bupati Km 5 Sipora Tuapejat, Kamis (14/03/2019).

Salah satu arahan Bupati yakni masalah kematian ibu hamil yang selama ini menjadi angka kematian yang sering terjadi, ini harus angka nol, jika ada ibu hamil yang melakukan persalinan tanpa BPJS harus dilayani.

"Kematian ibu hamil harus diminimkan, untuk mengurangi angka itu pelayanan tenaga medis Puskesmas harus bekerja lebih baik," sebut Yudas.

Dia mengatakan, pengurusan BPJS harus difasilitasi dengan baik, pengurusan pelayanan terhadap itu jangan dipersulit, masih banyak kasus penyakit masyarakat yang mestinya segera dilakukan pengobatan karena masyarakat tidak memiliki BPJS, tegasnya.

"Saya berharap staf ahli harus membantu pemerintah, kita daerah kepulauan yang butuh kebersamaan dalam memajukan pembangunan Mentawai kedepan, silakan turun lapangan untuk melihat apa yang terjadi kepada masyarakat," ucapnya.

Dia menyebutkan dalam acara Rakor Pelayanan Kesehatan, pihak yang terkait harus meningkatkan harapan hidup bagi lansia, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial juga harus berpartisipasi terhadap lansia, silakan berbuat sesuai dengan program itu, ujarnya.

Dia juga mengharapkan pembangunan Air Sanitasi, harus merata dalam hal ini Dinas terkait harus melakukan pembangunannya segera, masih banyak Dusun yang belum ada banguanan Sanitasi, ini masalah serius, karena menyangkut kesehatan masyarakat.

"Selama ini bangunan MCK termasuk air Pamsimas yang sudah ada sebagian tidak berfungsi, ini yang kita sesali, kita berharap ada perbaikan kedepannya, bersama pemerintah serta instansi terkait, harus bergandengan tangan memperbaiki itu," ujar Yudas.

"Saya berharap pegawai Puskesmas harus melayani setulus hati, pelayanan bagi masyarakat mentawai harus pakai hati dan penuh kesabaran," sebutnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lamuddin siregar mengatakan, salah satu target pihak Kesehatan termasuk Puskesmas yang ada harus menjalankan tugasnya kepada masyarakat.

"Target kita kematian bayi dapat berkurang, saat ini ada pengurangan angka tersebut turun, ini membuktikan petugas Puskesmas sedang menjalankan tugasnya dengan baik," sebut Lamuddin.

Dia menambahkan, kasus Gizi buruk dan Imunisasi yang baik dan lancar, pihaknya menghimbau agar bersama sama menangani turun ke lapangan.

Imunisasi harus 100 persen dilakukan kepada masyarakat, petugas Puskesmas harus turun lapangan, jangan duduk di Puskesmas petugas harus aktif bergerak di lapangan melakukan tindakan kesehatan, ujarnya.

"Kita berharap Kepala Dinas yang terkait di dalamnya sama sama kita harus bekerja cepat, hapus semua masalah yang dihadapapi oleh masyarakat, saya mohon kita serius untuk mempercepat indeks pembangunan," harap Lamuddin.(Tirman)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: kesehatan,mentawai,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hari Pertama Kerja, Bupati Pasaman Sidak Kehadiran ASN

Hari Pertama Kerja, Bupati Pasaman Sidak Kehadiran ASN

PASAMAN -- Menindaklanjuti perintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PAN-RB RI) dalam...

Libur Lebaran 2019, Tingkat Hunian Hotel di Sumbar Anjlok

Libur Lebaran 2019, Tingkat Hunian Hotel di Sumbar Anjlok

PADANG -- Libur lebaran semestinya menjadi titik awal harapan pelaku pariwisata di Provinsi Sumatera Barat, khususnya...

Pemko Padang Telah Ajukan 3000 Formasi Penerimaan PNS ke Kemenpan-RB

Pemko Padang Telah Ajukan 3000 Formasi Penerimaan PNS ke Kemenpan-RB

PADANG -- Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Padang telah resmi mengajukan kuota...

Wisatawan Pantai Padang Diminta Tidak Mandi di Laut Saat Libur Lebaran

Wisatawan Pantai Padang Diminta Tidak Mandi di Laut Saat Libur Lebaran

PADANG -- Libur Lebaran telah tiba, pantai di Padang, Sumatera Barat, menjadi tempat favorit wisatawan. Tapi mereka...

Usai Libur Lebaran, Kakan Kesbang Pol Padang Gelar Sidak Hari Pertama Masuk Kerja

Usai Libur Lebaran, Kakan Kesbang Pol Padang Gelar Sidak Hari Pertama Masuk Kerja

PADANG -- Pemerintahan Kota Padang (Pemko) melalui Kepala Kantor (Kakan) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media