Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Dua Jendral Bintang 4 Kunjungi Ponpes Nurul Yaqin di Padang Pariaman

Jumat, 15 Maret 2019 - 01:02:48 WIB - 2176
Dua Jendral Bintang 4 Kunjungi Ponpes Nurul Yaqin di Padang Pariaman
Pimpinan Ponpen Nurul Yaqin mengalungkan Shall putih pada Jendral TNI Hadi Tjahyanto dan Jendral Polisi M. Tito Karnafian.


PADANG PARIAMAN - Dua Jenderal bintang 4 yang berasal dari institusi TNI dan Polri kunjungi Ponpes Nurul Yaqin Korong Ringan-Ringan Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung pada Kamis (14/03).

Dari TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Institusi Polri Kapolri Jendral M. Tito Karnafian. Kunjungan mereka dalam rangka silaturrahmi sekaligus tabligh akbar dan pidato kebangsaan yang disampaikan oleh Panglima TNI.

Selain kedua Jendral tersebut, hadir juga Ketua Umum Majelis Dzikir Hubbul Wathan KH Musthofa Aqil Siradj, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin Syekh Muhammad Rais Tuanku Labai Nan Basa, Ketua Yayasan Nurul Yaqin Idarusalam Tuanku Sutan.

Mengawali kata sambutan Hadi Tjahyanto Menyampaikan, tanpa kehadiran ulama dan santri yang dididik di pondok pesantren, umat bisa kehilangan arah dalam hidupnya.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pesantren diminta untuk terus memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Ulama terus sebagai junjungan tinggi kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Disampaikan, tanpa pesantren, tidak ada manusia berpengetahuan yang unggul, cerdas, berkualitas dan memiliki pemahaman keagamaan dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya bersama Kapolri berkeliling Indonesia untuk memastikan keamanan NKRI. TNI dan Polri bergandengan, Ini membuktikan bahwa Indonesia masih aman," kata Hadi Tjahjanto.

Dikatakan, betapa luasnya NKRI ini. Dua pertiga wilayahnya laut. Memiliki banyak bahasa, suku, pulau, agama yang berbeda. Ada Sunda, Jawa, Bugis, Padang (Minang), Papua dan seterusnya. Berbeda-beda itulah Indonesia. Pesantren berperan penting menjaga NKRI agar tetap utuh.

Panglima Hadi juga mengungkapkan, Indonesia memiliki orang-orang hebat. Ada anak bangsa Indonesia yang meraih juara olimpiade matematika tingkat dunia. Indonesia juga mampu meraih juara olimpiade bidang fisika, kimia di dunia. Mereka berhasil karena mampu mendisiplilkan dirinya. Kunci sukses tersebut adalah disiplin diri.

"Di pondok pesantren santri sudah diajar dan dilatih disiplin. Sama seperti di TNI dan Polri. TNI dan Polri disiplin kapan harus tidur dengan bunyi terompet, bangun sebelum subuh dibunyikan terompet. Hal yang sama santri pun mengalaminya di pesantren. Tidur diatur, bangun pun diatur. Semua disiplin. Pola pendidikannya sama persis dengan TNI dan Polri. Itulah keberhasilan pondok pesantren membina santrinya menjadi pemimpin masa depan. Sekarang system pendidikan pesantren mulai dicontoh dengan pola boarding school," kata Hadi.

Panglima Hadi juga minta santri agar mampu menyaring informasi melalui media (social) yang sengaja memecah belah bangsa Indonesia. Untuk itu, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia harus terus dijaga serta diperkuat. (War)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: indonesia,padang-panjang,pendidikan,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

50 Mobil Xenia Keliling Sumbar, Ini Pesan Wagub Nasrul Abit

50 Mobil Xenia Keliling Sumbar, Ini Pesan Wagub Nasrul Abit

PADANG -- Sedikitnya 50 mobil Avanza Xenia Solusion (AXS) Padang mengikuti konvoi keliling, di halaman kantor Gubernur,...

Mantan Kapolda Kapolda Metro Jaya Jadi Tersangka Makar, Begini Respon Kubu Prabowo

Mantan Kapolda Kapolda Metro Jaya Jadi Tersangka Makar, Begini Respon Kubu Prabowo

NASIONAL - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera menanggapi soal Mantan Kapolda...

Sambut Lebaran, Lazismu Kota Padang Salurkan 100 Paket Sembako kepada PCM dan PCA

Sambut Lebaran, Lazismu Kota Padang Salurkan 100 Paket Sembako kepada PCM dan PCA

PADANG -- Sebanyak 100 paket sembako diserahkan kepada utusan PC Muhammadiyah dan PC Aisyiyah di Aula SMP 1...

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

Laka Lantas di Pasaman, Ibu dan Anak Tewas Terlindas

PASAMAN - Seorang anak dan ibu menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada Jumat (7/06/2019) sekitar pukul 12.00 WIB Di...

Tiket Kereta dari Stasiun Merak Habis, Ratusan Calon Penumpang Terlantar

Tiket Kereta dari Stasiun Merak Habis, Ratusan Calon Penumpang Terlantar

NASIONAL - Tiket kereta api keberangkatan dari Stasiun Merak, Banten, habis, Sabtu (8/6/2019). Akibatnya ratusan calon...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media