Tuesday, 25 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Percepat Gerakan Petugas Damkar, Pemkot Bukittinggi Bangun Damkar Sektor di Setiap Kecamatan

Kamis, 21 Maret 2019 - 14:28:12 WIB - 433
Percepat Gerakan Petugas Damkar, Pemkot Bukittinggi Bangun Damkar Sektor di Setiap Kecamatan
Foto bersama Walikota, Wakil Walikota serta forkompimda dan kepala dinas damkar seusai peresmian damkar sektor MKS, Kamis (21/3).


BUKITTINGGI - Guna mempercepat datangnya petugas pemadam kebakaran dalam kurun waktu 15 menit harus tiba di lokasi, di Kota Bukittinggi dibangun 3 sektor di setiap Kecamatan, salah satunya damkar sektor Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) diresmikan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias disaksikan Wakil Walikota, Forkompimda serta kepala dinas pemadam kebakaran dan perwakilan damkar se Sumatera Barat, Kamis (21/3/2019).

"Pembangunan sektor damkar di setiap Kecamatan, adalah untuk mempercepat gerakan petugas damkar tiba di lokasi kebakaran, kalau dipusatkan di dalam kota berisiko terjadi kemacetan terutama di hari libur, maka dari itu di setiap Kecamatan harus ada damkar sektor. Sesuai standar pelayanan minimal dalam terjadinya kebakaran, 15 menit sudah tiba di lokasi tersebut, dengan adanya sektor-sektor damkar dapat juga mempercepat membantu daerah tetangga Kota Bukittinggi, kata Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Armada damkar kini harus yang canggih dan siap siaga, dalam arti armada itu harus siap siaga segala-galanya termasuk perlengkapan-perlengkapan.

"Jika terjadi kebakaran di gedung-gedung bertingkat, kita Kota Bukittinggi harus mempunyainya, ini akan kita beli," ucap Walikota Bukittinggi.

Harapan Walikota, damkar selalu siap siaga melayani untuk menekan angka-angka persoalan kebakaran itu.

"Namanya musibah tidak dapat ditentukan, yang penting damkar harus siap siaga. Sedangkan petugas damkar sendiri sudah mengikuti pelatihan-pelatihan di Jakarta bagaimana caranya memadamkan kebakaran berbagai bentuk kebakarannya, dan seluruh petugas damkar sudah dilakukan test terhadap narkoba," jelas Ramlan Nurmatias.

Dia juga mengapresiasi semangat petugas Damkar yang tidak mengenal wilayah, rasa kebersamaan ini harus terus dipertahankan.

"Ini masalah kemanusiaan bukan terkait wilayah. Sehingga dengan kebersamaan itu, harus terus dipertahankan. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini semoga dapat terus ditingkatkan," tambahnya.

Dipesankannya kepada petugas yang membawa armada damkar, untuk tidak ugal-ugalan dalam mengendarai mobil dalam bertugas.

"Cepat boleh, tapi tidak membahayakan diri dan juga orang lain," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi, Martius Bayu, menjelaskan, sektor pemadam kebakaran untuk Kecamatan MKS ini, berlokasi di samping Kantor Camat setempat. Sektor pemadam kebakaran MKS dibangun tahun 2018 dengan anggaran APBD Kota Bukittinggi sebesar Rp499 juta lebih.

"Damkar sektor MKS ini dibangun dua tahap, pertama dengan anggaran sebesar Rp316 juta lebih dan kedua dengan anggaran Rp183 juta lebih. Damkar sektor MKS ini dibangun dengan luas 24 Meter persegi. Pada sektor ini disiapkan dua unit armada damkar dengan lima personil dan bak air yang bisa menampung 80 kubik air," jelasnya.

Dinas Kebakaran Bukittinggi, kedepan juga mengharapkan adanya dibangun damkar sektor ABTB serta penambahan satu unit armada damkar terbaru. Hal itu diupayakan untuk lebih meningkatkan pelayanan pemadam kebakaran kepada masyarakat, ungkap Martius Bayu. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Mudahkan Pelayanan Saat Mudik Lebaran, Polres Solok Kota Dirikan Empat Titik Pospam

Mudahkan Pelayanan Saat Mudik Lebaran, Polres Solok Kota Dirikan Empat Titik Pospam

SOLOK - AKBP Doni Setiawan, SIK, MH, Dt. Pandeka Rajo Mudo, Kapolres Solok Kota melalui Iptu Sugeng Riadi, Kasat Lantas...

Forkopimda Pasaman Gelar Deklarasi Tolak Kerusuhan

Forkopimda Pasaman Gelar Deklarasi Tolak Kerusuhan

LUBUK SIKAPING -- Forkopimda Kabupaten Pasaman menggelar deklarasi tolak kerusuhan seraya melaksanakan acara Halal bi...

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Salurkan Bantuan School Kit ke Bengkulu

PMI Kota Bukittinggi Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Salurkan Bantuan School Kit ke Bengkulu

BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menyalurkan amanah warga masyarakat sebanyak 500 school...

Konflik Lahan 30 Tahun, Pemangku Adat Tapian Kandih Agam Mengadu Ke Komnas HAM Sumbar

Konflik Lahan 30 Tahun, Pemangku Adat Tapian Kandih Agam Mengadu Ke Komnas HAM Sumbar

PADANG -- Sudah 30 tahun lamanya, pemangku adat yang berada di Tapian Kandih, Salareh Aia, Kecamatan Palembayan,...

Tiga Ratusan Pejabat Eselon di Sawahlunto Dimutasi, Wako Harapkan Hal Ini

Tiga Ratusan Pejabat Eselon di Sawahlunto Dimutasi, Wako Harapkan Hal Ini

SAWAHLUNTO - Lebih dari 300 orang pejabat Eselon dimutasi kemaren 19 juni 2019 di Gedung Balai Diklat Tambang Bawah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media