Thursday, 18 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Percepat Gerakan Petugas Damkar, Pemkot Bukittinggi Bangun Damkar Sektor di Setiap Kecamatan

Kamis, 21 Maret 2019 - 14:28:12 WIB - 365
Percepat Gerakan Petugas Damkar, Pemkot Bukittinggi Bangun Damkar Sektor di Setiap Kecamatan
Foto bersama Walikota, Wakil Walikota serta forkompimda dan kepala dinas damkar seusai peresmian damkar sektor MKS, Kamis (21/3).


BUKITTINGGI - Guna mempercepat datangnya petugas pemadam kebakaran dalam kurun waktu 15 menit harus tiba di lokasi, di Kota Bukittinggi dibangun 3 sektor di setiap Kecamatan, salah satunya damkar sektor Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) diresmikan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias disaksikan Wakil Walikota, Forkompimda serta kepala dinas pemadam kebakaran dan perwakilan damkar se Sumatera Barat, Kamis (21/3/2019).

"Pembangunan sektor damkar di setiap Kecamatan, adalah untuk mempercepat gerakan petugas damkar tiba di lokasi kebakaran, kalau dipusatkan di dalam kota berisiko terjadi kemacetan terutama di hari libur, maka dari itu di setiap Kecamatan harus ada damkar sektor. Sesuai standar pelayanan minimal dalam terjadinya kebakaran, 15 menit sudah tiba di lokasi tersebut, dengan adanya sektor-sektor damkar dapat juga mempercepat membantu daerah tetangga Kota Bukittinggi, kata Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Armada damkar kini harus yang canggih dan siap siaga, dalam arti armada itu harus siap siaga segala-galanya termasuk perlengkapan-perlengkapan.

"Jika terjadi kebakaran di gedung-gedung bertingkat, kita Kota Bukittinggi harus mempunyainya, ini akan kita beli," ucap Walikota Bukittinggi.

Harapan Walikota, damkar selalu siap siaga melayani untuk menekan angka-angka persoalan kebakaran itu.

"Namanya musibah tidak dapat ditentukan, yang penting damkar harus siap siaga. Sedangkan petugas damkar sendiri sudah mengikuti pelatihan-pelatihan di Jakarta bagaimana caranya memadamkan kebakaran berbagai bentuk kebakarannya, dan seluruh petugas damkar sudah dilakukan test terhadap narkoba," jelas Ramlan Nurmatias.

Dia juga mengapresiasi semangat petugas Damkar yang tidak mengenal wilayah, rasa kebersamaan ini harus terus dipertahankan.

"Ini masalah kemanusiaan bukan terkait wilayah. Sehingga dengan kebersamaan itu, harus terus dipertahankan. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini semoga dapat terus ditingkatkan," tambahnya.

Dipesankannya kepada petugas yang membawa armada damkar, untuk tidak ugal-ugalan dalam mengendarai mobil dalam bertugas.

"Cepat boleh, tapi tidak membahayakan diri dan juga orang lain," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi, Martius Bayu, menjelaskan, sektor pemadam kebakaran untuk Kecamatan MKS ini, berlokasi di samping Kantor Camat setempat. Sektor pemadam kebakaran MKS dibangun tahun 2018 dengan anggaran APBD Kota Bukittinggi sebesar Rp499 juta lebih.

"Damkar sektor MKS ini dibangun dua tahap, pertama dengan anggaran sebesar Rp316 juta lebih dan kedua dengan anggaran Rp183 juta lebih. Damkar sektor MKS ini dibangun dengan luas 24 Meter persegi. Pada sektor ini disiapkan dua unit armada damkar dengan lima personil dan bak air yang bisa menampung 80 kubik air," jelasnya.

Dinas Kebakaran Bukittinggi, kedepan juga mengharapkan adanya dibangun damkar sektor ABTB serta penambahan satu unit armada damkar terbaru. Hal itu diupayakan untuk lebih meningkatkan pelayanan pemadam kebakaran kepada masyarakat, ungkap Martius Bayu. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Masa Kampanye Berakhir, Panwaslu Mentawai Bersihkan APK yang Masih Terpasang

Masa Kampanye Berakhir, Panwaslu Mentawai Bersihkan APK yang Masih Terpasang

MENTAWAI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK)...

KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Adakan Rapat Pleno Terbuka Terkait Penetapan DPT HP 3

KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Adakan Rapat Pleno Terbuka Terkait Penetapan DPT HP 3

MENTAWAI - Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, lalukan rapat Pleno terbuka terkait Penetapan DPT...

Menjadi TO Sejak Beberapa Tahun Terakhir, Pengedar Narkoba di Batipuh Berhasil Diringkus Polisi

Menjadi TO Sejak Beberapa Tahun Terakhir, Pengedar Narkoba di Batipuh Berhasil Diringkus Polisi

PADANG PANJANG - Menjadi Target Operasi (TO) sejak beberapa tahun terakhir, akhirnya pemakai sekaligus pengedar...

Realisasi PAD Tanah Datar Tahun 2018 Tidak Memenuhi Target, Ini Alasan Bupati

Realisasi PAD Tanah Datar Tahun 2018 Tidak Memenuhi Target, Ini Alasan Bupati

TANAH DATAR - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan Laporan...

Spesifikasi dan Harga Laptop Asus Terbaru yang Sayang Kamu Lewatkan

Spesifikasi dan Harga Laptop Asus Terbaru yang Sayang Kamu Lewatkan

TEKNOLOGI - Kamu yang mahasiswa atau yang sudah bekerja, laptop tentu menjadi perangkat yang penting untuk aktivitas...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media