Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Strategi Ekonomi Dalam Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:35:51 WIB - 1295
Strategi Ekonomi Dalam Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan
Ilustrasi pengangguran dan kemiskinan (foto: beritasatu.com)


OPINI - Miris memang, ketika melihat kondisi perekonomian sekarang dan mendengar informasi fenomena pengangguran dan kemiskinan di negara Republik Indonesia. Penyebab utama adalah faktor ekonomi, faktor sosial, faktor pendidikan dan faktor-faktor lainnya.

Mereka bagi tamatan SMA/SMK dan Sarjana susah mendapatkan lapangan pekerjaan karena banyaknya pesaing para pekerja, tak terkecuali warga negara asing (WNA) yang datang ke indonesia hanya untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ahli mereka masing-masing.

Agar tidak kalah bersaing dengan warga negara asing masyarakat perlu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama di bidang pendidikan.

Dapat kita lihat contoh di lapangan, dengan kenyataan yang bisa ditemukan di setiap papan informasi, terutama pada perkantoran swasta, media sosial serta kantor pos di seluruh Indonesia, banyak menyediakan pengumuman Informasi lowongan pekerjaan, dimana hal ini tentu dicari-cari oleh pencari kerja yang seolah-olah menjadi primadona bagi mereka.

Mindset seperti ini yang harus diperbaiki, idealnya para pencari kerja itu mampu mengupayakan agar mereka bisa mandiri dan tidak lagi ketergantungan dengan informasi lowongan pekerjaan.

Data Pusat Statistik (BPS) merilis tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2018 mencapai 5,13%, atau turun dari periode tahun sebelumnya, 5,33%. Dari persentase tersebut, maka jumlah pengangguran di Indonesia saat ini mencapai 6,87 juta orang atau turun dari sebelumnya yang mencapai 7,01 juta orang.

Angka 6,87 Juta orang pengangguran ini tentunya tidak sedikit, belum lagi di tahun 2019 tamatan SMA/SMK dan Sarjana akan bertambah. Prediksi saya ada sekitar 1,5 juta orang pengangguran yang akan muncul di Indonesia.

Pengangguran tentunya balance dengan kemiskinan, dimana kemiskinan merupakan ketimpangan sosial yang terjadi di rumah tangga termasuk di dalamnya masalah sektor keuangan (finansial), rendahnya taraf pendidikan dan kesehatan. Sementara kemiskinan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami titik terendah dalam hal persentase, kemiskinan sejak tahun 1999 yakni sebesar 9,82 persen pada Maret 2018.

Dengan persentase kemiskinan 9,82 persen, jumlah penduduk miskin atau yang pengeluaran per kapita tiap bulan di bawah garis kemiskinan mencapai 25,95 juta orang.

STARATEGI EKONOMI
Strategi Ekonomi yang harus dilakukan untuk tamatan SMA dan Sarjana yang ingin mencari kerja, agar tidak terfokus dengan mencari lowongan pekerjaan, langkah yang terbaik adalah dengan melatih kemandirian, menjadi pengusaha sukses memang sulit, namun tidak ada yang tidak mungkin walaupun itu hanya menjadi pengusaha pemula.

Memang butuh modal yang tidak sedikit tapi percayalah dengan banyak membaca atau mencari literatur tentang buku-buku pengusaha terkenal seperti kisah Jack Ma yang mendirikan Ali Baba dan menjadi orang terkaya di Provinsi Zhejiang, China.

Kisah hidup Jack MA yang dituturkannya dalam wawancara di televisi swasta asing, Jack Ma mengaku pernah ditolak 10 kali saat mendaftar ke kampus bergengsi Harvard University. Ia juga pernah berkali-kali ditolak saat melamar pekerjaan. Namun itu semua tidak membuatnya merasa putus asa dan terus semangat untuk mencapai kesuksesan. Dengan usaha dan tekad kuat, akhirnya Jack Ma sang pendiri Ali Baba sekarang dapat kita lihat sudah menjadi pebisnis yang hebat dan terkaya di dunia.

Begitulah pengalaman singkat Jack MA, perlu diambil pelajaran agar para pencari kerja tidak hanya fokus dengan lowongan pekerjaan namun harus bisa mandiri yang pada akhirnya akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

MENURUNKAN ANGKA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN
Menurut pemikiran saya, cara menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan adalah:
Pertama (1) : Pemerintah harus bisa memperhatikan sepenuhnya kualitas pendidikan dan kesehatan karna banyak masyarakat menengah ke bawah yang belum merasakan.
Kedua (2) : Semangat dalam berwirausaha, menciptakan lapangan kerja sendiri dan untuk orang banyak walaupun hanya modal sedikit.
Ketiga (3) : Lembaga Tenaga Kerja dari pemerintah maupun swasta harus bisa memperbanyak memberikan pelatihan bagi masyarakat umum dan kurang mampu minimal sebulan sekali.
Ke empat (4) Manajemen dan disiplin dalam bekerja, tepat waktu.
Ke lima (5) Pembangunan Infrastruktur harus merata di seluruh Indonesia.

Salah satu penyebab kenapa Indonesia di sebut negara yang berkembang adalah masalah pengangguran, kemiskinan dan kesehatan. Namun upaya untuk meminimalisir hal ini sebagian sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia meskipun belum merata.

Beberapa program yang dijalankan oleh pemerintah antara lain seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP ( Kartu Indonesia Pintar) dan (BOS) Bantuan Operasional Sekolah. Memang masalah ini seharusnya menjadi perhatian dan tugas kita bersama bukan hanya pemerintah Indonesia.

Pemulis adalah SEPTRIA RAHMAT AMIN, SE, yang merupakan Demisioner HMI Cabang Pasbar, Ketua Lembaga Kajian Ekonomi Pasaman Barat, dan Alumni STIE PASAMAN Simpang Empat.

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: ekonomi,indonesia,nasional,opini,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

...

Buka Pekan Muharram Ke-16 di Ranah Batahan, Bupati Pasaman Barat Pesankan Ini

Buka Pekan Muharram Ke-16 di Ranah Batahan, Bupati Pasaman Barat Pesankan Ini

PASAMAN BARAT - Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Yulianto membuka secara resmi Pekan Muharram ke-16 di Jorong...

Tumpukan Material Proyek Pembangunan SDN 06 Sigando Padang Panjang Diduga Ganggu Fungsi Jalan

Tumpukan Material Proyek Pembangunan SDN 06 Sigando Padang Panjang Diduga Ganggu Fungsi Jalan

...

Sudah Lama Tak Turun Hujan, Polres Bersama Pemkab Kepulauan Mentawai Gelar Doa Bersama

Sudah Lama Tak Turun Hujan, Polres Bersama Pemkab Kepulauan Mentawai Gelar Doa Bersama

MENTAWAI - Polres bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan Doa Keselamatan Bersama di Halaman Kantor...

Gempa Hari Ini, BMKG mencatat gempa magnitudo 3,7 di Pasaman

Gempa Hari Ini, BMKG mencatat gempa magnitudo 3,7 di Pasaman

PASAMAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa yang bisa dirasakan pada Ahad,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media