Tuesday, 25 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan Komitmen Orang Gangguan Jiwa di Pessel Bebas Pasung

Kamis, 28 Maret 2019 - 12:26:21 WIB - 382
Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan Komitmen Orang Gangguan Jiwa di Pessel Bebas Pasung
Ketua TP-PKK Lisda Hendrajoni saat mengunjungi salah satu kediaman korban pasung di kampung Air batu Nagari Tanah Bakali Inderapura Kecamatan Air pura Kabupaten Pesisir Selatan.


PESISIR SELATAN - Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni Komitmen Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terbebas dari pasung, hal itu di ungkapkannya saat mengunjungi salah satu kediaman korban pasung di Kampung Air Batu, Nagari Tanah Bakali Inderapura, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (28/3/2019).

Ketua TP-PKK Pessel Lisda Hendrajoni mengatakan, gerakan Pessel bebas pasung sudah ada sejak tahun lalu. Ia berharap 2019 ini semua penderita ODGJ di Pessel dapat ditangani sesuai harapan bersama. Sebab, gerakan ini menjadi pencanangan nasional dalam artian agar lebih memanusiakan manusia.

"Tahun kemarin target kita tercapai yakni, sebanyak 32 penderita ODGJ di Pessel 18 diantaranya sudah kita bawa berobat ke RSJ Prof Dr HB Saanin Gadut Kota Padang. Kemudian 8 diantaranya sudah pulih dan kita bawa pulang. Sebab, ODGJ yang sudah dinyatakan sehat ini belum bisa dikatakan sehat 100 persen karena orang yang menderita ODGJ itu tidak boleh stres," ujar lisda

Menurut Lisda, peran serta lingkungan dan keluarga adalah salah satu faktor yang kuat untuk menentukan proses pembebasan korban pasung. apabila stigma dan perlakukan dari lingkungan maupun pihak keluarga tidak mengalami perubahan. Maka hampir dipastikan nasib para korban pasung tidak akan mengalami perkembangan yang lebih baik.

"Sekali lagi kami berharap kepada masyarakat khususnya orangtua agar bisa menerima keberadaan ODGJ ini secara normal dilingkungan masing-masing. Karena mereka itu adalah orang-orang yang butuh perhatian, buktinya ketika diajak berinteraksi, mereka mau menjawab," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya optimis target bebas pasung di Pessel bisa terwujud, terlebih saat ini terlihat semangat dari petugas medis dan dinas sosial yang melakukan gerakan secara masif ke seluruh wilayah hingga menyisir perkampungan.

"Jadi, program yang kami gencarkan ini adalah berbasis solusi. Setelah dilepas dari pasung mereka menjalani perawatan di rumah sakit Gadut, Padang. Setelah itu diberikan kegiatan beternak Itik untuk menstabilkan kondisi kejiwaan dan kesehatan mereka" ucapnya.

Ia menambahkan, pembebasan pasung juga akan didukung dengan proses pendekatan persuasif guna mencari penyebab gangguan kejiwaan yang melatarbelakangi masing-masing korban pasung. Untuk mewujudkan bebas pasung di Pessel, lanjut Lisda, sangat dibutuhkan kerjasama yang intensif antara dinas terkait, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Keluarga ODGJ, lingkungan sekitar hingga pemerintah nagari dan kacamatan. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

SOLOK SELATAN - Lebaran Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Solok Selatan, agak kurang bergairah, pasalnya sejak awal minggu...

Tujuh Remaja Penghisap Lem Diamankan Satpol PP Pasaman

Tujuh Remaja Penghisap Lem Diamankan Satpol PP Pasaman

LUBUK SIKAPING - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pasaman berhasil mengamankan tujuh orang remaja...

Pusterad TNI Kunjungi Kodim 0304/Agam

Pusterad TNI Kunjungi Kodim 0304/Agam

BUKITTINGGI -- Kodim 0304/Agam ini mewakili Korem 032 Wirabraja untuk mengikuti perlombaan ditingkat Angkatan Darat...

Hari Pertama Masuk Kerja, Sekda Padang Pantau Kehadiran ASN di RSUD Rasyidin

Hari Pertama Masuk Kerja, Sekda Padang Pantau Kehadiran ASN di RSUD Rasyidin

PADANG -- Hari pertama masuk kerja, Sekda Kota Padang memantau kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan RSUD...

Halte Bus di Simpang Apar Pariaman Ditumbuhi Semak Belukar

Halte Bus di Simpang Apar Pariaman Ditumbuhi Semak Belukar

PARIAMAN - Halte Bus tidak terpakai dan ditumbuhi semak belukar di Simpang 4 Lampu Merah Desa Apar Kecamstan Pariaman...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media