Thursday, 23 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Bappenas RI Kunjungi Pasar Batusangkar Sumbar, Ini Tujuannya

Kamis, 28 Maret 2019 - 13:51:59 WIB - 695
Bappenas RI Kunjungi Pasar Batusangkar Sumbar, Ini Tujuannya
Berfoto bersama tim PPD Bapenas dengan Kejaksaan Negeri Tanah Datar beserta Kadis Koperindag di pasar serikat C Batusangkar, Kamis (28/3/19).


TANAH DATAR - Tim Penilai Penghargaan Pembagunan Daerah (PPD) dari Bappenas RI melakukan kunjungan ke Pasar Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan tersebut merupakan bagian penilaian PPD dengan kategori yang dinilai adalah capaian pembangunan, proses penyusunan perencanaan dan Inovasi daerah.

Penghargaan Pembangunan Daerah adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Penilaian mengenai perencanaan pembangunan ini dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas. PPD diberikan setelah mengikuti seleksi dan penilaian bertahap dan berjenjang oleh suatu tim juri independen yang dibentuk Bappenas RI.

Kepala Bapelitbang Tanah Datar Alfian Jamrah menjelaskan, Tanah Datar masuk nominasi 10 besar nasional.

"Kita mengajukan inovasi Jaksa masuk Pasar dan Tanah Datar dapat membangun karena kebersamaan. Dan perencanaan diselaraskan dengan provinsi dan pusat," katanya.

Tim PPD penilai terdiri dari adalah Bapak Dr. Ir. Dedi. M. Masykur Riyadi (Tim Penilai Independen), Bapak Roby Arya Brata, SH, LLM, MPP, Ph.D (Tim Penilai Utama) dan Ika Widyawati, S.Si, M.S (Tim Penilai Teknis).

Dalam hal ini Dr. Ir. Dedi. M. Masykur Riyadi mengatakan kepada awak media, untuk Kabupaten Tanah Datar yang masuk di babak final 10 besar Nasional PPD, ia bersama tim PPD dalam rangka verifikasi dan wawancara dalam pembangunan pasar Batusangsar, untuk mengenai Jaksa masuk Pasar yang membuat Dedi bertanya-tanya, ada apa dengan jaksa masuk pasar. Dari kegiatan Jaksa masuk pasar ini sudah membuat sebuah inovasi dan terobosan untuk membantu masyarakat untuk berkonsultasi dan pelayanan dalam bidang Hukum.

"Sebelumnya saya sempat bertanya- tanya, ada apa jaksa bisa masuk pasar. Rupanya hal ini yang membuat inovasi dan terobosan untuk membantu masyarakat konsultasi dan pelayanan dalam bidang Hukum," ungkapnya.

M. Fatria. SH. MH juga menyampaikan, dimana program Jaksa masuk pasar ini sangat membantu masyarakat dalam konsultasi hukum, pengurusan tilang dan lain-lain, jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Kajaksaan di Pagaruyung pada setiap hari Kamis. Program Jaksa masuk pasar ini mempermudah akses bagi masyarakat.

"Kami dari Kejaksaan Negeri Tanah Datar merasa bersyukur dan berterima kasih, Karena keberadaan Jaksa masuk Pasar sangat dirasakan sekali mamfaatnya bagi kita semua, dan semoga ini menjadi pemicu munculnya inovasi-inovasi lain nya oleh Dinas-Dinas lain nya seperti layanan kesehatan gratis, saya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim Bappenas pusat ke Tanah Datar," ucap lanjut M. Fatria. SH. MH.

Sementara Kadis Koperindag Tanah Datar Marwan.SE saat dikonfirmasi tentang penilaian dari tim PPD mengatakan, Bappenas tertarik dengan inovasi dan terobosan Jaksa masuk pasar ini, yang mana Kejaksaan Tanah Datar bersinergi dengan Dinas Koperindag Pastam dengan menyediakan Kantor di Pasar Serikat C Batusangkar.

"Bappenas sangat tertarik dengan inovasi dan terobosan Jaksa masuk pasar, yang mana Kejaksaan bersinergi dengan Dinas Koperindag dan kami juga menyediakan Kantor nya di Pasar Serikat C Batusangkar," tutur Marwan. (Fernando Stroom)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: indonesia,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

TSR VIII Pemko Padang Gelar Kunjungan Perdana ke Masjid Alai Parak Kopi

TSR VIII Pemko Padang Gelar Kunjungan Perdana ke Masjid Alai Parak Kopi

PADANG -- Tim Safari Ramadhan VIII Pemko Padang mengunjungi Masjid Nur Islam Alai Parak Kopi, Rabu (15/5/2019)....

Sudah Berusia 3,5 Abad, Inilah Surau Tertua di Sumatera Barat

Sudah Berusia 3,5 Abad, Inilah Surau Tertua di Sumatera Barat

PADANG PARIAMAN - Mesjid atau musahalla merupakan salah satu bukti perjalanan sejarah perkembangan agama Islam pada...

Sejuknya Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Hingga Menjadi Peristirahatan Warga

Sejuknya Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Hingga Menjadi Peristirahatan Warga

PADANG -- Jemaah Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar merebahkan diri di untuk berteduh dari cuaca yang menyengat Kota...

Tips Memilih Model Baju Gamis Terbaru 2019 yang Simple dan Elegant

Tips Memilih Model Baju Gamis Terbaru 2019 yang Simple dan Elegant

BISNIS - Para wanita seringkali dipusingkan oleh penampilan untuk menghadiri acara tertentu. Demi menunjang penampilan...

Sipora Utara Mentawai Akan Arahkan Program PID Desa Tuapejat Pada Pembangunan Fisik

Sipora Utara Mentawai Akan Arahkan Program PID Desa Tuapejat Pada Pembangunan Fisik

MENTAWAI - Kecamatan Sipora Utara arahkan Program Pembanngunan Infrastruktur Desa (PID) di Dusun Pukarayat, Desa...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media