Thursday, 19 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Kemendikbud RI Jakarta Supervise Pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Teladan Bukittinggi

Senin, 01 April 2019 - 16:02:59 WIB - 408
Kemendikbud RI Jakarta Supervise Pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Teladan Bukittinggi
Tim Monitoring dari Direktorat Pembinaan SMA Jakarta, mepantau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Bukittinggi, Senin (1/4).


BUKITTINGGI - Guna memonitor pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di setiap daerah, Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud RI Jakarta, melakukan supervise pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Teladan Bukittinggi, bersamaan dengan pelaksanaan UNBK SMA, Senin (1/4).

UNBK SMA akan berlangsung hingga 8 April 2019 itu, dengan mengujikan empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan mata pelajaran ke empat sesuai dengan peminatan (IPA, IPS dan Bahasa)

Utusan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud Jakarta, Amas Muda, didampingi tim pemantau dari Dinas Pendidikan Sumbar, Soimah, disambut kepala SMAN 3 Teladan Bukittinggi, Amri Jaya, di ruang Posko UNBK SMAN 3 Teladan Bukittinggi.

Setelah menyaksikan pelaksanaan UNBK sesi pertama di SMAN 3, Amas Muda, kepada Wartawan, mengaku sangat terkesan dengan pelaksanaan UNBK yang berlangsung aman, tertib dan lancar. Tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan UNBK hari ini yang mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

"Pelaksanaan UNBK di sekolah ini bagus, tampaknya sudah dipersiapkan dengan baik. Administrasi UN lengkap dan siswa tampak ceria menghadapi UNBK sepertinya mereka tidak punya beban menghadapi ujian akhir ini," kata Amas Muda, yang mengaku baru pertama kali datang ke Bukittinggi.

Kepala SMAN 3 Teladan Bukittinggi, Amri Jaya, menjelaskan, peserta UNBK di sekolahnya tercatat 509 siswa. Jumlah sebanyak itu berasap dari tiga peminatan yakni IPA, IPS dan Bahasa dengan menggunakan 5 ruang labor computer.

"Untuk menjaga kemurnian pelaksanaan UNBK ini, pengawasan ujian dilaksanakan dengan sistem silang murni. Artinya, guru yang mengawas di sekolahnya berasal dari sekolah lain sebanyak 12 pengawas ruang," ujar Amri Jaya.

Dalam menghadapi Tri Sukses UN, yakni sukses persiapan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil, pihaknya telah melakukan berbagai upaya diantaranya untuk memantapkan penguasaan materi bagi siswa dilaksanakan belajar tambahan sore. Menguji kemampuan siswa dilakukan try out/uji coba sebanyak tiga kali bekerja sama dengan lembaga yang professional. Pra UN dan simulasi UNBK juga digelar baik yang diselenggarakan provinsi maupun nasional.

Berbagai upaya yang dilakukan itu, menurut Amri Jaya, bukti konkret keseriusan atau kesungguhan pihak sekolah menghadapi tri sukses UNBK sekalipun hasil UNBK tidak menentukan kelulusan atau tidak berkontribusi masuk Perguruan Tinggi, namun sekolah tetap bersemangat menyiapkan siswa karena hasil UNBK merupakan potret dan marwah sekolah sekaligus bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat.

Do hadapan Pengawas Sekolah Provinsi Sumbar, Muslim dan Muchrizal, yang juga monitor di sekolah itu, Amri Jaya juga menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud Jakarta dan Dinas Provinsi Sumbar, yang telah menetapkan sekolahnya untuk disupervisi pelaksanaan UNBK 2019 dari 4 sekolah yang dikunjungi di Provinsi Sumbar. (rul)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ketua Umum Gerakan Cinta Indonesia: Masyarakat Papua Jangan Terprovokasi Isu Rasisme

Ketua Umum Gerakan Cinta Indonesia: Masyarakat Papua Jangan Terprovokasi Isu Rasisme

NASIONAL - Menyikapi kondisi terkini di tanah Papua, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta (Gercin)...

Jamaah Umroh Asal Bondowoso Diberi Pembekalan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Jamaah Umroh Asal Bondowoso Diberi Pembekalan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

BONDOWOSO -- Jelang pemberangkatan PT Anura Pasuruan menggelar kegiatan bimbingan manasik umroh dan haji bagi 92 CJU di...

Himpaudi Pasaman Gelar Pelatihan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Himpaudi Pasaman Gelar Pelatihan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

PASAMAN - Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Pasaman bekerja sama dengan Dinas Pendidikan...

Awasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi, Pemkab Pasaman Bentuk KP3

Awasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi, Pemkab Pasaman Bentuk KP3

PASAMAN - Bupati Pasaman yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir . Yuspi membuka dengan resmi...

Mengenal Anasrul, Calon Wali Nagari Termuda Nagari Kampung Tangah Kabupaten Agam

Mengenal Anasrul, Calon Wali Nagari Termuda Nagari Kampung Tangah Kabupaten Agam

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media