Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman

Senin, 01 April 2019 - 17:10:05 WIB - 1521
Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman
Pedagang kuliner anyang sayur.


PARIAMAN - Sumatera Barat terkenal dengan berbagai kulinernya yang bisa menggoyang lidah. Bermacam jenis makanan bisa dinikmati dimanapun anda berada di wilayah Sumatera Barat ini. Salah satu jenis makanan atau sayuran yang dikenal adalah sayur campur dengan kelapa atau biasa disebut dengan Anyang Sayur.

Dimanapun bisa kita temui, khususnya di Kota Pariaman ini anyang merupakan salah satu olahan sayur campur yang tidak bisa ditinggalkan untuk teman lauk pauk ketika makan. Apalagi di bulan ramadhan jenis sayuran anyang ini banyak ditemukan di lokasi penjualan pabukoan.

Disalah satu Kedai Nasi yang ada di Kota Pariaman yang bernama Kedai Nasi Labuah Raya Pauah selalu dan setiap hari membuat anyang ini sebagai teman dari lauk pauk. Dan anyang ini sudah merupakan sayuran yang wajib di sediakan oleh pemilik kedai nasi untuk sayur nasi bungkus atau sayur hidangan ketika pembeli makan di kedai nasi beliau.

Arlindawati atau yang sehari-harinya lebih dikenal dengan panggilan Incim itu merupakan pemilik Kedai Nasi Labuah Raya Pauah yang sudah berjualan kurang lebih tujuh belas tahun semenjak kedai ini berdiri di tahun 2002. Dan semenjak itu juga sayuran anyang ini dibuat dan menjadi sayuran favorit pembeli katanya ketika diwawancarai Senin (01/4).

"Tidak ada masyarakat Kota Pariaman yang tidak suka dengan anyang, bahkan sayuran yang satu ini sangat dicari ketika bulan puasa datang atau menjadi sayuran wajib yang di buat disetiap rumah untuk sajian menu berbuka puasa," ujarnya.

Anyang ini selain bahannya mudah di dapat harga sayurannya pun murah apalagi cara membuatnya sangat mudah sekali. Bahannya terdiri dari sayur toge, kacang panjang, daun atau bunga pepaya, pakis, dan yang lainnya, kemudian kelapa parut, cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan jeruk nipis.

"Untuk proses pembuatannya sayuran dipotong-potong lalu direbus setengah matang kemuadian ditiriskan, kelapa parut boleh di kukus atau di sangrai dulu tanpa minyak , kemudian digiling halus dengan cabe rawit, cabe keriting,bawang merah, bawang putih, garam, ditambah dengan perasan air jeruk nipis , setelah halus diaduk dengan sayur yang sudah direbus tadi dan jangan lupa dicoba dulu rasanya apakah sudah enak di lidah atau belum, setelah itu siap disajikan dan disantap dengan nasi panas," jelasnya.

Nah buat masyarakat Kota Pariaman, yang ingin sekali melepaskan rindunya dengan anyang sayur ini bisa membelinya di Kedai Nasi Labuah Raya Pauah Barat, kedai ini buka mulai pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 21.00 wib. Selain anyang anda juga bisa membeli lauk pauk lainnya untuk teman makan anda di kedai nasi ini. (Ikh)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: kuliner,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bersihkan Ubur-ubur Bluebotlle di Pantai Pariaman

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bersihkan Ubur-ubur Bluebotlle di Pantai Pariaman

PARIAMAN -- Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dibantu oleh Satpol PP dan BPBD Kota Pariaman, bersihkan ubur-ubur...

Bupati Pasaman Buka Putaran Final Turnamen Voli Bernas Cup 2019, Ini Jadawalnya

Bupati Pasaman Buka Putaran Final Turnamen Voli Bernas Cup 2019, Ini Jadawalnya

LUBUK SIKAPING - Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut dan memerihkan HUT Kabupaten Pasaman ke-74, Bupati Pasaman...

Kacabjari Suliki Disomasi PH Tersangka Kasus Dugaan Pencurian Getah Pinus

Kacabjari Suliki Disomasi PH Tersangka Kasus Dugaan Pencurian Getah Pinus

LIMAPULUH KOTA - Tim penasehat hukum, M Irfan Qadim, tersangka kasus dugaan pencurian getah pinus di Nagari...

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

PADANG -- Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang...

30 Orang CPNS IAIN Batusangkar Ikuti Latsar di Balai Diklat Keagamaan Padang

30 Orang CPNS IAIN Batusangkar Ikuti Latsar di Balai Diklat Keagamaan Padang

TANAH DATAR -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mengirim sebanyak 30 orang terdiri dari 27 orang calon...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media