Friday, 24 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Pertama di Sumbar, MTQ Yayasan Al-Aziz Sediakan 28 Paket Hadiah Umroh

Senin, 01 April 2019 - 17:49:46 WIB - 415
Pertama di Sumbar, MTQ Yayasan Al-Aziz Sediakan 28 Paket Hadiah Umroh
Ketua Yayasan Al- Aziz didampingi Ket. Panitia MTQ ke-2 saat memberikan keterangan pers di lokasi acara.


PADANG PARIAMAN - Yayasan Al-Aziz kembali adakan lomba MTQ untuk kedua kalinya, yang dibuka dan dilangsungkan dilapangan sepakbola Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam, pada 1 s/d 4 April 2019.

Ketua Yayasan Al-Alziz Dedi Salim didampingi Ket. Panitia Firdaus mengatakan MTQ tingkat Kota dan Kabupaten Padang Pariaman ini diselenggarakan untuk kedua kalinya setelah yang pertama pada tahun 2018 lalu.

"Tahun lalu MTQ yang pertama, hadiah umrohnya kami sediakan hanya untuk 14 orang, 7 orang pemenang pertama dan 7 orang untuk guru pendamping," sebut Dedi saat diwawancarai media di lokasi acara Senin sore (1/04).

Ia mengulas, untuk MTQ tahun ini hadiah umrohnya ditingkatkan untuk 28 orang, yang terdiri dari pemenang 14 dan guru pemdamping 14 orang.

"Khusus bagi pemenang tingkat pelajar SD, dan SLTP sederajat, nantinya yang juara satu mendapatkan hadiah umroh akan digantikan oleh orang tuanya, ibu atau bapak, supaya lebih afdhol nilai ibadahnya," tutur Dedi.

Dengan alasan lanjutnya, setelah dipelajari waktu mendampingi anak-anak yang mendapatkan hadiah umroh ditahun kemarin, tingkat SD dan SLTP nilai ibadahnya kurang terlaksana ditanah suci.

"Insya Allah yang ke-tiga kalinya akan diselenggarakan untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat," ucap Dedi.

Pada kesempatan yang sama firdaus menjelaskan, MTQ kali ini dibagi pada dua Cabang yakninya, Hifzil Quran dan Tilawatil Quran, dengan tingkatan lomba untuk Dasar, Menengah dan SLTA.

Pembagian lomba MTQ di golongkan pada Hifzil Quran untuk tingkat SD/MI (Pa,Pi) kemudian ada juga Tilawah untuk tingkat Dasar dan untuk menengah SLTP/MTs Hifzil Quran dua orang di setiap cabang lomba.

"Sedangkan untuk tingkat SMA/MA kita mengundang dua orang Hifzil Quran (Pa,Pi) dan dua orang untuk Tilawatil Quran, jumlah peserta kecamatan sebanyak 12 orang ditambah 2 official, sedangkan peserta antar Korong berjumlah 98 orang, dari Kota dan Kab. Padang Pariaman 258 orang dengan total peserta 356 orang," tutur Firdaus.

Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini para kontingen disediakan pemondokan, akomodasi serta konsumsi. Sedangkan hadiah yang disediakan sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja jumlah juaranya yang bertambah.

"Sebagaimana janji dari pemililik Yayasan Al Aziz pemenang yang mendapatkan hadiah umroh juga diberikan uang saku, untuk setiap pemenang Cabang dan Lomba yang dimenangkan," pungkas Firdaus.

Sementara itu, Kabid. Penais (Pendidikan Agama Islam) Kanwil. Kemenag Sumbar Maswar mengatakan sangat mensuport sekali kegiatan lomba MTQ tingkat Kota dan Kab. Padang Pariaman ini.

"Dan ini mungkin satu-satunya di Sumbar gelaran MTQ yang diselenggarakan oleh sebuah Yayasan dengan hadiah umroh pula," tuturnya.

Lebih jauh Maswar mengatakan, akan memberikan perhatian khusus terhadap MTQ ini di tingkat Kanwil.

"Tentunya akan kita pantau terus dan jika ada hafiz-hafiz nya yang bagus, nantinya akan kita ajak untuk ke tingkat Provinsi untuk dapat pembinaan, supaya dapat masuk berlomba ke tingkat nasional," ujarnya.

Karena di tingkat nasional itu imbuhnya, ada Lomba STQ, MTQ dan ada juga tingkat international yang dilaksanakan oleh Pemerintah Arab Saudi. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: padang-pariaman,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sambut Ramadhan, Babinsa Kodim 0311 Pessel Ajak Warga Bersihkan Tempat Ibadah

Sambut Ramadhan, Babinsa Kodim 0311 Pessel Ajak Warga Bersihkan Tempat Ibadah

PESISIR SELATAN - Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1440 H yang tinggal beberapa hari lagi, Babinsa Kodim...

Dua Siswa MA KMM Padang Panjang Raih Juara 1 Kejuaraan Riau Championship 1 di Batam

Dua Siswa MA KMM Padang Panjang Raih Juara 1 Kejuaraan Riau Championship 1 di Batam

PADANG PANJANG -- Pesilat Exsa dan Aljun meraih juara satu untuk MA KMM Padang Panjang. Kedua atlet itu menjadi juara...

Bona Lubis: Bangunan Cagar Budaya di Pasaman Belum Sepenuhnya Mendapat Perlindungan Dari Pemda

Bona Lubis: Bangunan Cagar Budaya di Pasaman Belum Sepenuhnya Mendapat Perlindungan Dari Pemda

...

Di Bulan Ramadhan Tahun Ini, Bukittinggi Raih WTP Enam Kali Secara Berturut-turut

Di Bulan Ramadhan Tahun Ini, Bukittinggi Raih WTP Enam Kali Secara Berturut-turut

BUKITTINGGI - Secara berturut-turut untuk keenam kalinya Pemerintah Kota Bukittinggi menerima opini Laporan Hasil...

Untuk Menbahas Hal Ini, Pemko Padang Panjang Adakan Pertemuan Dengan BPJS Kesehatan

Untuk Menbahas Hal Ini, Pemko Padang Panjang Adakan Pertemuan Dengan BPJS Kesehatan

PADANG PANJANG - Pemerintah Kota Padang Panjang bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittingi melakukan pertemuan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media