Sunday, 19 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI adalah Garda Terdepan Kemanusiaan Dalam Suatu Musibah

Rabu, 03 April 2019 - 14:01:04 WIB - 348
PMI adalah Garda Terdepan Kemanusiaan Dalam Suatu Musibah
Saat suasana pelatihan pertolongan pertama


BUKITINGGI -- Dalam suatu kejadian musibah atau bentuk lainnya yang kaitannya dengan korban kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) adalah garda terdepan dalam memberikan bantuan dan pertolongan kemanusiaan. Mengemban Visi PMI yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat.

Serta Misi menjadi organisasi kemanusiaan terdepan yang memberikan layanan berkualitas melalui kerja sama dengan masyarakat dan mitra sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, meningkatkan kemandirian organisasi PMI melalui kemitraan strategis yang berkesinambungan dengan Pemerintah, swasta, mitra gerakan dan pemangku kepentingan lainnya di semua tingkatan, dan meningkatkan reputasi organisasi PMI di tingkat Nasional dan Internasional.

Ketua Umum PMI Pusat yang diwakili ketua pelaksana Mukernas tahun 2018, H.Sasongko Tedjo, mengatakan dengan telah disahkannya Undang-Undang Kepalangmerahan, tentunya petugas PMI yang bekerja di daerah bencana maupun konflik dapat terlindungi dengan baik dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

Selain itu, dengan adanya Undang-Undang ini, diharapkan PMI tetap menjadi perhimpunan nasional yang lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan kepada masyarakat di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Undang-Undang Kepalangmerahan ini menjadikan Indonesia sebagai negara ke 170 yang perhimpunan nasionalnya memiliki Undang-Undang, jelas Sasongko Tedjo.

Sementara itu Plt Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat Aristo Munandar beberapa waktu lalu mengatakan PMI Kota Bukittinggi dapat meningkatkan perannya di tengah-tengah masyarakat, banyak tugas sosial kemanusiaan yang dapat dilakukan dengan dasar sukarela. Karena PMI harus mampu menjadi garda terdepan dalam upaya membantu dan mengatasi korban bencana. PMI tidak hanya sebagai organisasi penyedia transfusi darah saja, tetapi harus aktif membantu dan mengatasi berbagai sosial kemanusiaan.

Semrntara itu, Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas, di markas PMI setempat, Rabu (3/4) menjelaskan guna untuk lebih mematangkan relawan dalam membantu pertolongan pertama dalam suatu musibah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menggelar pelatihan spesialisasi pertolongan pertama pertengahan bulan Maret 2019 diikuti puluhan relawan PMI Kota Bukittinggi dan luar Kota Bukittinggi serta karyawan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi.

Ini adalah kegiatan kemanusiaan, maka dengan adanya PMI, relawan langsung melakukan tindakan pertolongan pertama dalam suatu musibah. PMI Kota Bukittinggi, tidak hanya terfokus di Kota Bukittinggi saja, tapi juga membantu menolong ke luar Kota Bukittinggi, sebab dalam pertolongan itu tidak mengenal batas.

PMI Kota Bukittinggi mengemban misi kemanusiaan sesuai dengan motto Bersama Untuk Kemanusiaan, dalam menjalankan tugas mengikuti SOP yang telah ditentukan, bekerja dengan hati nurani, ihklas dan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan, prinsipnya Berwaqaf tenaga, Bersedekah waktu dan Berinfaq uang, pungkas Chairunnas. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hari Kedua Kerja di Bulan Ramadhan, Wawako Padang Panjang Asrul Sidak ASN

Hari Kedua Kerja di Bulan Ramadhan, Wawako Padang Panjang Asrul Sidak ASN

PADANG PANJANG -- Memasuki hari kedua kerja di bulan puasa, Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul kembali sambangi...

Bupati Sijunjung: Safari Ramadan Juga Untuk Menyampaikan Kondisi Akhir Pembangunan Kepada Masyarakat

Bupati Sijunjung: Safari Ramadan Juga Untuk Menyampaikan Kondisi Akhir Pembangunan Kepada Masyarakat

SIJUNJUNG - Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan Safari Ramadhan selain untuk memperkuat silaturahmi dengan...

Kembali Lakukan Sidak OPD, Wawako Padang Panjang Harapkan ASN Kerja Maksimal

Kembali Lakukan Sidak OPD, Wawako Padang Panjang Harapkan ASN Kerja Maksimal

PADANG PANJANG - Memasuki hari kedua kerja di bulan puasa, Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul kembali sambangi...

Dinkes Kepulauan Mentawai Lakukan SDJ dan TAS Terhadap Penyakit Kaki Gajah

Dinkes Kepulauan Mentawai Lakukan SDJ dan TAS Terhadap Penyakit Kaki Gajah

MENTAWAI - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan Survey Dara Jari (SDJ) dan Transmission Assessment...

Pemkab Pessel Akan Bangun Masjid Terapung di Objek Wisata Pantai Carocok Painan

Pemkab Pessel Akan Bangun Masjid Terapung di Objek Wisata Pantai Carocok Painan

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media