Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Haflah Khatam Al Quran, Semangat Kebersamaan Menambah Khazanah Silaturrahmi Ke Islaman Masyarakat

Minggu, 07 April 2019 - 15:16:11 WIB - 460
Haflah Khatam Al Quran, Semangat Kebersamaan Menambah Khazanah Silaturrahmi Ke Islaman Masyarakat
Camat MKS, Emil Achir memberikan sambutan pada acara khatan Quran di Masjid al falah tembok


BUKITTINGGI - Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al Falah Tembok jalan Veteran simpang tembok, menjadi pusat perayaan haflah khatam Al-Quran secara bersama-sama santri yang telah mengkuti pendidikan di MDTA Darul Ulum dan MDTA At Taqwa I serta Taman Pendidikan Quran (TPQ) Ash Shabirin yang berada di Kelurahan Puhun Tembok Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Minggu (7/4/2019).

Pada acara haflah khatam Al-Quran tahun 2019 ini dihadiri Camat MKS, Emil Achir, Lurah Puhun Tembok, Hastine Atas Asih, pengurus MDTA dan TPQ, Tokoh masyarakat, Ninik Mamak, Alim ulama, Bundo kanduang, Pemuda paga nagari, puluhan santri berusia 8 hingga 12 tahun peserta haflah khatam Al-Quran serta orangtua santri.

Camat MKS, Emil Achir, dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kegiatan khatam Quran bersama ini. Karena memang dengan semangat kebersamaan, tentunya akan menambah khazanah silaturrahmi ke Islaman masyarakat di Puhun Tembok.

Kebersamaan ini tentunya diharapkan dapat terus terjaga dan ditingkatkan di masa yang akan datang, ujar Emil.

"Kegiatan ini sangat menarik peserta khatam Quran di Kelurahan Puhun Tembok yang digelar secara bersama-sama. Tempat mengaji boleh berbeda, namun semangat persaudaraan terus terjalin," ungkap Emil.

Khatam Quran ini, lanjutnya, jangan dijadikan akhir dari proses belajar Al-Quran. Namun menjadi landasan untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, melalui ibadah membaca Al-Quran.

"Para peserta dan masyarakat secara umum, dihimbau untuk meningkatkan semangat membaca Al-Quran. Budayakan mengaji di rumah, sehingga kita terhindar dari kemaksiatan dan pengaruh negatif perkembangan zaman," pesannya.

Sedangkan Ketua pelaksana haflah Khatam Quran di Masjid AlFalah Tembok, Syahril ST. Mangkuto, menjelaskan, khatam Quran tahun 2019 ini dilaksanakan bersama-sama dua MDTA dan satu TPQ yang ada di kelurahan Puhun Tembok dengan jumlah peserta 34 orang.

Adapun rincian peserta khatam Quran itu adalah MDTA Darul Ulum sebanyak 14 orang santri, MDTA At Taqwa I sebanyak 5 orang santri dan TPQ Ash Shabirin sebanyak 15 orang.

"Kegiatan khatam Quran bersama ini, memang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan semangat cinta Al-Quran generasi muda, khususnya santri di dua MDTA dan satu TPQ ini. Dengan khatam quran bersama ini juga ditujukan agar lebih meningkatkan semangat persaudaraan antar madrasah," jelasnya.

Para juara dari haflah khatam Quran ini, akan diberikan hadiah, berupa bintang emas, Al Quran, kain sarung, mukena, voucher juara I Rp800 ribu, juara II Rp500 ribu dan juara III Rp350 ribu, trophy serta piagam.

Sementara itu tokoh masyarakat H.Eriswan Datuak Rajo Mangkuto mengatakan sejak usia dini harus ditanamkan iman dan takwa kepada generasi penerus bangsa, negara dan agama.

"Kini apa yang dinamakan jaman serba kecukupan dalam teknologi, tapi yang diutamakan cukupkan lebih dahulu iman pada diri kita dengan mempelajari ilmu agama dan membaca Al-Quran," katanya.

Membaca adalah sumber ilmu pengetahuan termasuk membaca kitab suci Al-Quran, apa yang telah tersirat, tersurat dalam Al-Quran "Iqra Bismikalazi Halaq, Halakal Insani Min Halaq", yang artinya bacalah, bacalah. Membaca kitab suci Al-Quran bukan saja setelah perayaan haflah khatam Quran, tapi dibaca terus sampai akhir hayat, pungkas Eriswan. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Transformasi Bisnis, Tangkelek Usung Konsep One Stop Shopping

Transformasi Bisnis, Tangkelek Usung Konsep One Stop Shopping

BUKITTINGGI - Dengan space belanja satu lantai yang relatif luas, serta melakukan transformasi bisnis, Tangkelek...

Forwana Kabupaten Pasaman Resmi Dikukuhkan, Sekda Harapkan Hal Ini

Forwana Kabupaten Pasaman Resmi Dikukuhkan, Sekda Harapkan Hal Ini

PASAMAN -- Jajaran Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman berhasil menyatukan tekadnya untuk lebih memajukan nagari dalam...

Asril Inspirator Program Pro Kota Hijau, Serahkan Bibit Buah-Buahan Produktif

Asril Inspirator Program Pro Kota Hijau, Serahkan Bibit Buah-Buahan Produktif

BUKITTINGGI -- Dinamika yang terjadi kini, Kota Bukittinggi belakangan ini sudah banyak pencemaran udara dari...

Semen Padang Akhirnya Menang di Laga Tandang, Eduardo Almeida Bahagia

Semen Padang Akhirnya Menang di Laga Tandang, Eduardo Almeida Bahagia

BOLA -- Pelatih Eduardo Almeida, merasa bahagia setelah timnya berhasil memetik kemenangan tandang atas Perseru Badak...

Sambut Wisatawan, Objek Wisata Pincuran Gadang Agam Direnovasi

Sambut Wisatawan, Objek Wisata Pincuran Gadang Agam Direnovasi

AGAM - Pemerintahan Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Renovasi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media