Thursday, 23 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Tanah Datar Raih Terbaik I PPD Tiga Tahun Berturut-turut, Irdinansyah Ungkapkan Rasa Syukur

Rabu, 10 April 2019 - 18:03:31 WIB - 422
Tanah Datar Raih Terbaik I PPD Tiga Tahun Berturut-turut, Irdinansyah Ungkapkan Rasa Syukur
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menyerahkan PPD kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (09/04/2019) kemarin.


TANAH DATAR - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali berhasil meraih Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Sumatera Barat, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Penghargaan prestisius bidang perencanaan pembangunan ini diserahkan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, saat Pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (09/04/2019) kemarin.

Penyerahan ini juga disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Anggota DPR RI Komisi XI Refrizal, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Pungky Sunadi dan Dirjen Bina Bangda Kemendagri Muhammad Hudori.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah dalam kesempatan itu menyampaikan ungkapan syukur atas prestasi yang kembali diraih untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

"Bersyukur kita kepada Allah SWT, Tanah Datar terpilihnya kembali menjadi yang terbaik kategori kabupaten dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Sumbar," ungkap Irdinansyah.

"Ini hal yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Datar, kita juga berhak mewakili Sumbar ke tingkat Nasional, Alhamdulillah Tanah Datar juga sudah dinilai secara langsung oleh tim pusat beberapa waktu lalu, dilakukan verifikasi ke lapangan karena Tanah Datar masuk 10 besar nasional dan capaian ini lebih baik dibanding tahun lalu masuk 15 besar tingkat Nasional, do’akan Tanah Datar bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional, salah satu bonusnya dana insentif daerah juga akan bertambah," ungkap Irdinansyah yang didampingi Sekretaris Baperlitbang Darfizal, Kabid Litbangren Masni Yuletri dan staf lainnya.

Dijelaskan penghargaan itu merupakan kerja keras Baperlitbang dengan seluruh jajarannya yang didukung seluruh OPD sehingga bisa selesai tepat waktu.

Bupati Irdinansyah juga katakan Tanah Datar tidak hanya mementingkan perencanaan tetapi juga pelaksanaannya.

"Alhamdulillah, Tanah Datar tidak hanya terbaik dalam perencanaan tetapi saat ini Tanah Datar juga terbaik dalam pelaksanaan di tingkat Sumatera Barat, hal ini bisa dibuktikan terbaik di Sumatera Barat untuk Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang dituangkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016 mendapat prediket Sangat Tinggi (ST) dari Kementerian Dalam Negeri," terang bupati.

Disampaikan, Perencanaan pembangunan yang dilakukan diikuti dengan realisasi pembangunan yang baik, indikator makro membaik di antaranya terjadi penurunan angka kemiskinan, mengurangi ketimpangan ekonomi, pertumbuhan ekonomi serta adanya perbaikan layanan pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan pembinaan kehidupan beragama.

Di kesempatan itu Irdinansyah sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh OPD, Camat dan Walinagari yang telah mendukung proses perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah dan realisasi pembangunan atas perencanaan yang telah dibuat dan dukungan serta kerjasama yang baik dengan DPRD Tanah Datar dan Forkompinda.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar, Darfizal Jamrah mengungkapkan penghargaan PPD tahun 2019 yang kita terima ini yaitu atas penilaian penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan capaian hasil pembangunan tahun sebelumnya di mana proses penyusunan RKPD tersebut meliputi bottom up, top down, partisipatif, teknokratik dan politis. Kemudian juga menggunakan prinsip tematik, holistik, integratik dan spasial, jelasnya.

Dijelaskan Darfizal lebih lanjut, proporsi penilaian terdiri atas penilaian dokumen perencanaan 40% dan presentasi di depan tim penguji 60%. Adapun dokumen yang dinilai adalah capaian dan evaluasi 30% kemudian kedalaman, keterkaitan, keterukuran dan inovasi daerah. Sedangkan presentasi meliputi penguasaan, kemampuan menyajikan, pembuktian dan power pointnya.

"Alhamdulillah, kita kembali membawa nama Sumatera Barat di tingkat nasional, dan sudah berhasil masuk 10 besar, pemuncaknya direncanakan akan diumumkan pada Musrenbang Nasional pada 6 Mei 2019 mendatang," jelas Darfizal.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan selamat kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah berhasil menjadi terbaik dalam bidang perencanaan.

"Pemberian penghargaan ini untuk memotivasi para perencana di daerah-daerah berbuat yang terbaik sehingga perencanaan pembangunan menjadi terarah," ungkap Irwan lagi.

Ditegaskan Gubernur Irwan, perencanaan merupakan hal dasar dan utama dalam meraih kesuksesan.

"Perencanaan itu dasar dan utama untuk mencapai kesuksesan, tidak ada kesuksesan tanpa ada perencanaan yang baik," tuturnya.

Untuk pesan Gubernur lagi, para perencana tidak boleh bosan dalam bekerja, walaupun yang ditemui senantiasa hal-hal yang sama, tetapi tetap perlu kreatifitas, inovasi, koordinasi dan komunikasi yang baik, pesannya.

Sementara itu kabupaten/kota lain yang menerima Penghargaan PPD tingkat Sumbar tahun 2019, kategori kabupaten, untuk harapan III diraih Kabupaten Solok Selatan, harapan II diraih Kabupaten Dharmasraya, harapan I Kabupaten Pesisir Selatan, terbaik III Kabupaten Padang Pariaman dan terbaik II diraih Kabupaten Agam.

Selanjutnya kelompok kota yaitu Terbaik III Kota Padang, Terbaik II Kota Solok dan Terbaik I Kota Payakumbuh. (Fernando/Hms)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Terkait People Power, Duo Kada Kota Solok Ajak Masyarakat Gunakan Akal Sehat

Terkait People Power, Duo Kada Kota Solok Ajak Masyarakat Gunakan Akal Sehat

SOSLOK - People Power yang saat ini menjadi isu hangat secara nasional ditanggapi beragam oleh berbagai pejabat politik...

Pemkab Pasaman Sudah Tetapkan Standart Besaran Zakat Fitrah

Pemkab Pasaman Sudah Tetapkan Standart Besaran Zakat Fitrah

PASAMAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman telah menetapkan standart Zakat Fitrah pada Bulan Ramadhan 1440 H sebesar Rp...

4 Objek Wisata di Semarang yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

4 Objek Wisata di Semarang yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

TRAVELLING -- Sudah mengantongi Old City 3D Trick Art Museum (Sumber: akhsadew.blogspot.com) Di kawasan Kota Lama...

Ciptakan Pemilu Aman dan Musaraina, Polres Mentawai Kawal Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten

Ciptakan Pemilu Aman dan Musaraina, Polres Mentawai Kawal Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten

MENTAWAI - Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai turunkan personil untuk mengawal proses perhitungan suara tingkat...

Penegakan Perda Selama Bulan Ramadhan di Kota Padang, Satpol PP Razia RM yang Buka Siang Hari

Penegakan Perda Selama Bulan Ramadhan di Kota Padang, Satpol PP Razia RM yang Buka Siang Hari

PADANG - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang merazia Rumah makan yang buka di siang hari selama bulan suci Ramadhan,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media