Sunday, 19 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Pengawas TPS Se Kecamatan Mandingin Koto Selayan Bukittinggi Mengikuti Bimtek Pemilu 2019

Kamis, 11 April 2019 - 13:18:01 WIB - 480
Pengawas TPS Se Kecamatan Mandingin Koto Selayan Bukittinggi Mengikuti Bimtek Pemilu 2019
Peserta bimtek pengawas TPS se Kecamatan MKS saat mendengarkan sambutan anggota Bawaslu.


BUKITTINGGI - Untuk memaksimalkan kinerja pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada penyelengaraan Pemilihan Umum 17 April 2019, Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD, DPRI dan DPRD Kabupaten Kota, Bawaslu Kota Bukittinggi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS se Kecamatan Mandingin Koto Selayan (MKS) tahap kedua yang diikuti sebanyak 137 orang pengawas TPS di Hall Balaikota Bukittinggi, Kamis (11/4/2019), dan dibuka anggota Bawaslu Kota Bukittinggi Asneli Warni di Hall Balaikota Bukittinggi.

Asneli Warni dalam sambutannya mengatakan pengawas TPS adalah perpanjangan tangan Bawaslu yang akan bertugas pada hari Rabu tanggal 17 April.

"Ini berarti negara mempercayakan tonggak pengawasan kepada bapak ibu untuk mengawasi, baik itu pemungutan maupun penghitungan suara. Pengawas TPS adalah garda terdepan Bawaslu Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas pengawasan," katanya.

Artinya juga amanah yang bapak dan ibu terima, bukan amanah musiman saja tapi amanah dalam menegakkan demokrasi berintegritas Pemilu, bagaimana terjadinya Pemilu yang berkeadilan. Itu semua ditangan Pengawas TPS, untuk perjalanan negara lima tahun kedepan. Negara mempercayai itu kepada pengawas TPS sesuai aturan, ujarnya.

Selain itu pengawas TPS harus dipastikan tidak ada yang terafiliasi dan terindikasi mendukung pasangan Calon Presiden, Partai Politik. Karena itu berarti telah melanggar etika Pemilu terkait netralitas petugas pengawas. Apabila ditemukan berbuat hal demikian tidak ada toleransi apapun bagi pengawas TPS.

Apabila hal ini terjadi baik itu menjelang hari H, dan didapatkan informasi maka akan ditindak lanjuti sesuai peraturan Bawaslu yang sanksinya rehabilitasi dan pemberhentian tetap sebagai jajaran pengawas Pemilu.

"Karena itu harus kita buktikan kepada masyarakat, jaga sikap tindakan selaku pengawas TPS untuk tidak memberikan dukungan tertentu kepada pasangan Calon Presiden dan Partai Politik apapun. Sikap dan tindakan bapak ibu yang mendukung akan memunculkan ketidakpercayaan publik untuk melaksanakan tugas pengawasan," ujarnya.

Kepada 137 Pengawas TPS, Asneli berpesan untuk menjaga stamina karena waktu bertugas pada hari H sangat panjang, lebih dari 12 jam setelah pemungutan suara. Karena itu butuh restu dari keluarga, suami, istri, ayah dan bunda sehingga pekerjaan dapat selesai dan berhasil baik.

Sedangkan Ketua panitia Rita Nuryati dalam laporannya mengatakan dasar utama diadakan Bimtek ini sesuai perintah Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan instruksi Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia untuk mengadakan Bimbingan Teknis tahap dua bagi Pengawas TPS se Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

"Tujuan Bimtek untuk memberikan pengertian dan pemahaman tugas yang akan dijalani pada hari H yaitu 17 April 2019. Sekaligus menyamakan persepsi dilapangan untuk pelaksaan tugas. Bimtek dilaksanakan satu hari penuh pada Kamis (11/4)", ucap Rita. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sejuknya Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Hingga Menjadi Peristirahatan Warga

Sejuknya Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Hingga Menjadi Peristirahatan Warga

PADANG -- Jemaah Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar merebahkan diri di untuk berteduh dari cuaca yang menyengat Kota...

Jaga Kesucian Ramadhan, Satpol PP Pasaman Grebek Warung Nasi Jualan Siang Hari

Jaga Kesucian Ramadhan, Satpol PP Pasaman Grebek Warung Nasi Jualan Siang Hari

PASAMAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kabupaten Pasaman, membubarkan kegiatan jual beli sebuah warung kelambu...

Sumbar Mendapatkan Penambahan 377 CJH Tahun 2019

Sumbar Mendapatkan Penambahan 377 CJH Tahun 2019

...

Menunggu Sejak Tahun 2004 Lalu, Akhirnya Masyarakat Lubuk Panjang Kajai Dikunjungi TSR Pasbar

Menunggu Sejak Tahun 2004 Lalu, Akhirnya Masyarakat Lubuk Panjang Kajai Dikunjungi TSR Pasbar

PASAMAN - Masyarakat Lubuk Panjang Nagari Kajai Kecamatan Talamau sudah menunggu kehadiran Tim Safari Ramadhan (TSR)...

TSR Padang Panjang Berikan Bantuan Rp 20 Juta kepada Mesjid Hidayah

TSR Padang Panjang Berikan Bantuan Rp 20 Juta kepada Mesjid Hidayah

PADANG PANJANG - Masjid Nurul Hidayah si Silaing Bawah, mendapatkan bantuan Rp 20 juta dari Tim Safari Ramadan (TSR) 7,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media